IPS Terpadu Kelas 6 | Mengunjungi Gedung Sekretariat ASEAN

Nurul Hidayah Mar 13, 2020 • 4 min read


Sekretariat ASEAN

Pada cerita sebelumnya, Roro dan Guntur sudah mengetahui manfaat dan peran Indonesia untuk ASEAN. Ketika berjalan meninggalkan Stasiun ASEAN, mereka mengunjungi Gedung Sekretariat ASEAN, hal itu karena terdengar iringan musik marching band dan terlihat banyak orang sedang memegang bendera-bendera negara dari Asia Tenggara. Kira-kira ada apa, ya?

--

Tiga sekawan itu langsung masuk ke halaman Gedung Sekretariat ASEAN melalui gerbang utama. Di dalamnya banyak orang menggunakan pakaian unik.

Wah, ramai sekali! Ada acara apa sih?” tanya Guntur penasaran.

Sambil melihat sekeliling, Roro menemukan spanduk bertuliskan Parade Asean ke-52.

Ah, aku baru ingat! Hari ini kan puncaknya acara ulang tahun ASEAN. Guntur, coba lihat, ada yang menggunakan kostum garuda, pakaian batik, dan pakaian adat Papua. Bagus sekali ya!” ujar Roro dengan takjub.

“Wah iya Ro, bagus banget. Kita foto yuk!” ajak Guntur.

“Sini aku foto kalian berdua” tawar Kanguru.

Gedung Sekretariat ASEAN


Eh, perempuan itu pakaian adat dari negara apa sih?” tanya Guntur penasaran.

“Itu Sampot, pakaian tradisional dari Kamboja” jawab Kanguru menjelaskan.

“Ooh, begitu. Eh tapi, Ro. Memang ulang tahun ASEAN itu kapan sih?” seru Guntur.

Hmm, tanggal 8 Agustus. Benar kan, Kanguru?” tanya Roro memastikan jawaban pada Kanguru.

“Betul, Ro. ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. Hari ini merupakan puncak dari acara ulang tahunnya, makanya ada Parade Bendera ASEAN, parade kostum, dan parade lainnya.” jelas Kanguru.

“Ooh.. jadi itu alasannya Gedung Sekretariat ASEAN ini ramai. Memang fungsi gedung ini untuk apa sih?” tanya Guntur.

“Ya tempat untuk mengadakan acara besar seperti ini dong.” jawab Roro sambil sibuk memotret keadaan sekitar.

“Betul, Roro. Di samping itu, selain tempat untuk mengadakan pertemuan antarnegara, fungsi dari gedung ini untuk mengurus dokumen penting yang menyangkut tentang kerja sama antarnegara, juga tempat untuk menjalankan tugas dan fungsi dari Sekretariat ASEAN.” jelas Kanguru.

“Tugas dan fungsi Sekretariat ASEAN? Apa aja tuh?” tanya Guntur penasaran.

Tugas dan fungsi sekretariat ASEAN

Ketika Kanguru menjelaskan tugas dan fungsi Sekretariat ASEAN. Guntur menegur Roro yang sedang asyik memotret Parade Bendera ASEAN.

“Hei Ro! Kamu ini kok foto-foto terus sih. Nggak dengar penjelasan Kanguru ya?” tanya Guntur.

Eh, maaf-maaf. Aku dengar kok.” sahut Roro sambil memasukan kameranya ke dalam tas.

Nah, Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Kepala Sekretariat ASEAN atau Sekretaris Jenderal ASEAN. Jabatan ini diangkat oleh pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT).” lanjut Kanguru.

“Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) itu maksudnya apa sih, Kanguru?” tanya Roro penasaran.

“Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN adalah pertemuan puncak para pemimpin negara anggota ASEAN dalam hubungannya terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara” jelas Kanguru.

Hmm, begitu” Roro menyimak penjelasan Kanguru dengan serius.

Saat Roro fokus mendengarkan penjelasan Kanguru, tiba-tiba Guntur bertanya.

“Roro kamu tahu nggak sekarang Sekretariat ASEAN dipimpin oleh siapa?” tanya Guntur dengan usil.

Nggak tahu, emang siapa, Guntur?” jawab Roro penasaran.

“Aku juga nggak tahu, makanya aku nanya kamu hehehe” jawab Guntur tertawa geli.

“Ih kamu, aku kira kamu tahu!” jawab Roro sambil cemberut.

Kanguru menengahi kedua temannya “Kepala Sekretariat ASEAN saat ini yaitu Lim Jock Hoi yang berasal dari Brunei Darussalam. Beliau menjabat di posisi ini untuk 5 tahun ke depan.”

“Wah, lama juga ya”

“Iya betul. Masa jabatan itu nggak bisa diperbarui sampai periodenya selesai.”

Tugas Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi

Wah, keren banget! Kalau sudah besar aku mau jadi Kepala Sekretariat ASEAN ah, biar bisa kerja di dalam gedung ini!” sahut Roro dengan semangat.

“Wah seru tuh, aku dukung deh, Ro. Kalo aku mau jadi travel vlogger biar bisa keliling negara di Asia Tenggara bahkan seluruh dunia.” ucap Guntur menyahuti.

Setelah itu, mereka pun berfoto di depan gedung ASEAN bersama peserta yang mengikuti Parade Kostum. Selain foto, Roro dan Guntur juga mendapatkan pengetahuan baru tentang tugas dan fungsi dari Sekretariat ASEAN.

Selesai deh petualangan mereka hari ini. Nah, buat kamu yang mau lebih tahu tentang ASEAN, bisa banget gabung di ruangbelajar. Di sana ada video animasi yang keren banget loh! Bisa ngebantu kamu buat memahami materi yang sulit dimengerti. Tunggu apa lagi? Yuk, gabung sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar