Selain Dokter, Siapakah Pahlawan di Masa Pandemi COVID19?

Salsabila Nanda Nov 10, 2020 • 5 min read


hari pahlawan

Artikel ini menceritakan tentang pahlawan di masa pandemi COVID-19 yang tersebar di seluruh wilayah, termasuk Indonesia.

---

COVID-19 atau Corona Virus Disease adalah virus yang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kasus COVID-19 pertama di Indonesia muncul pada tanggal 2 Maret 2020. Hingga tanggal 08 November 2020, dilansir dari laman situs kemenkes.go.id, sudah ada 437 ribu jiwa yang terpapar virus ini.

Tidak hanya menyerang sistem imun, COVID-19 juga menyerang aspek lain dalam kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi dan pariwisata. Sektor pariwisata menurun akibat PSBB yang dilakukan di kota-kota besar. Selain itu, beberapa perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja yang mengakibatkan perputaran uang dan ekonomi menjadi semakin rendah. Sekolah dan universitas pun melakukan pembelajaran secara daring demi mencegah penularan virus Corona.

Para tenaga medis telah berusaha dengan maksimal demi menolong pasien yang terpapar virus Corona. Tanpa mengenal lelah dan waktu, mereka mencurahkan seluruh tenaga yang dimiliki demi menyelamatkan jutaan nyawa. Namun, tahukah kamu jika ada pahlawan lain yang juga berjuang selama pandemi COVID-19?

Tidak hanya petugas medis lho, orang-orang di sekitar kita juga berperan dalam menanggulangi resiko yang timbul dari COVID-19. Siapakah mereka?

1. Kurir Ekspedisi

Yup, kamu nggak salah baca kok. Kurir ekspedisi adalah salah satu pahlawan yang berperan dalam mengurangi resiko COVID19. Layaknya petugas medis, para kurir juga bekerja penuh untuk mengantar barang sampai ke tujuan.

Kurir EkspedisiKurir Ekspedisi. (Sumber: mirageonline.com)

Pandemi membuat banyak orang enggan melakukan aktivitas di luar rumah, sehingga proses jual beli dilakukan dengan daring. Kurir ekspedisi juga berperan dalam pendistribusian alat kesehatan dan bantuan sosial. 

2. Pengajar

belajar online

Belajar online. (Sumber: jatimtimes.com)

Huhuhu, siapa yang kangen belajar di kelas? Saat ini sistem pembelajaran di Indonesia masih dilakukan secara daring selama adanya pandemi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru, mereka harus menyampaikan materi dengan jelas tanpa bertatap muka langsung dengan siswa. Belum lagi koneksi internet yang kadang terputus membuat sistem belajar online menjadi terhambat. Semangat ya, Ibu Bapak Guru!

Baca Juga: Hujan Bikin Internet Lemot? Begini Penjelasannya

3. Pengusaha UMKM

UMKMBisnis lokal. (Sumber: downtownschenectady.org)

Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya selama 6 bulan terakhir, yang tentunya berdampak terhadap turunnya daya beli masyarakat. Pengusaha UMKM berjuang mati-matian agar usahanya nggak gulung tikar. Mereka juga ingin mempertahankan pegawainya supaya bisa tetap bekerja. Perjuangan yang mereka lakukan dimulai dari memberi diskon setengah harga serta berjualan di pinggir jalan untuk memperoleh omzet.

4. Relawan

relawan medis

Relawan. (Sumber: carapandang.com)

Jumlah tenaga medis berbanding terbalik dengan jumlah pasien yang dirawat. Dokter serta petugas kesehatan lainnya harus bekerja 24 jam hingga rela meninggalkan keluarga di rumah. Banyak dari mereka yang gugur karena kelelahan, bahkan tertular virus saat menangani pasien. Beruntungnya, ada relawan yang siap menjadi garda pelindung disaat tenaga medis mulai kewalahan. Tidak hanya sebagai relawan medis, tetapi juga non medis seperti melakukan penyuluhan dan menyalurkan bantuan sosial.

Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Bisa Hidup di Permukaan Benda?

5. Diri Kamu Sendiri

pahlawan

Pahlawan. (Sumber: affiliatedacceptance.com)

Iya, kamu. Kamu telah menjadi pahlawan bagi orang-orang di sekitar. Menerapkan protokol kesehatan, memberi support bagi pasien yang terpapar supaya tetap semangat, ikut penggalangan dana, membeli produk UMKM agar roda perekonomian terus berputar, menahan bosan di rumah padahal pengen liburan, belajar di waktu senggang meskipun saat ini semua dilakukan secara online. You are the hero

Wabah COVID19 memang belum berhenti sampai saat ini. Yang harus terus kita lakukan adalah menerapkan social distancing, menjaga kesehatan dan mendoakan mereka yang masih beraktivitas di luar rumah agar tetap sehat. Meskipun di rumah aja, jangan lupa untuk mengulang materi pelajaran melalui video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar ya. Yuk, jadi pahlawan untuk diri sendiri dan orang lain! 

ruangbelajar for desktop

Referensi:

Jumlah pasien COVID19. Tautan:

https://kemkes.go.id/ (Diakses 08 November 2020)

Relawan COVID 19. Tautan:

https://covid19.go.id/p/berita/kiat-keberhasilan-relawan-covid-19-dalam-membantu-sesama (Diakses 08 November 2020)

Sumber Foto:

Foto Kurir Ekspedisi [Daring]. 

Tautan: https://mirage-online.com/daftar-ekspedisi-cod/ (Diakses 08 November 2020)

Foto UMKM [Daring].

Tautan: http://downtownschenectady.org/portfolio/support-downtown-schenectadys-local-businesses/ (Diakses 08 November 2020)

Foto Pahlawan [Daring].

Tautan: http://affiliatedacceptance.com/you-be-the-hero/ (Diakses 08 November 2020)

Foto Belajar Online [Daring]

Tautan: https://jatimtimes.com/baca/211706/20200328/213100/uin-malang-tetapkan-kuliah-online-1-semester-penuh   (Diakses 08 November 2020)

Foto Relawan Medis [Daring]

Tautan: https://carapandang.com/read-news/penerimaan-relawan-nonmedis-ditutup (Diakses 08 November 2020)

 

Beri Komentar