Jalur Mandiri Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) 2020

Shabrina Alfari Mei 27, 2020 • 3 min read


SMUP Unpad 2020

Artikel ini memberikan informasi lengkap jalur mandiri Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) 2020

--

Selain SNMPTN dan SBMPTN, kira-kira ada jalur apa lagi yang dibuka bagi kamu calon mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) di tahun 2020? Unpad membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri dan prestasi melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk tahun akademik 2020/2021. Pendaftaran jalur mandiri SMUP Unpad dapat kamu lakukan melalui laman smup.unpad.ac.id.

Berdasarkan laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Rektor Unpad menjelaskan bahwa seluruh seleksi dari SMUP Unpad akan berbasis dari nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), sehingga Unpad tidak akan menggelar tes lain lagi secara mandiri. Kebijakan ini dilakukan akibat masa kedaruratan pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Daya Tampung Universitas Padjadjaran (Unpad) di SBMPTN 2020

Agar tidak ada informasi yang kamu lewatkan, lihat dan catat seluruh info lengkap terkait SMUP Unpad 2020 berdasarkan laman resmi smup.unpad.ac.id berikut ini.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Siswa SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2020, 2019 dan 2018.
  3. Pendaftar Jalur Mandiri jenjang Sarjana dan Sarjana Terapan harus mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Catatan: bagi peserta lulusan tahun sebelumnya bisa memilih untuk mengikuti UTBK tahun 2020 atau menggunakan hasil UTBK tahun sebelumnya.

SMUP Unpad 2020Unpad (Sumber: kompas.com)

Prosedur Pendaftaran

  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.
  2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
    1. Nama Lengkap
    2. Nomor Induk Kependudukan (NIK) / No. Passport
    3. Alamat E-Mail
    4. Nomor Ponsel
    5. Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP.
    6. Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
  3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:
    1. Ijazah SMA/MA/SMK
    2. Kartu Peserta UTBK
    3. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
    4. Kartu Tanda Penduduk
    5. Kartu Keluarga
  4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online sebesar Rp500.000.
  5. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Kriteria Penilaian

Dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan berdasarkan nilai UTBK yang diperoleh peserta.

Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki oleh peserta (selama masih dalam masa pendaftaran).

Jadwal Pendaftaran SMUP Unpad 2020

  • Masa isi data dan unggah dokumen persyaratan : 23 Juni – 28 Juli 2020
  • Finalisasi Pendaftaran online : 23 Juni – 28 Juli 2020
  • Pengumuman : 3 Agustus 2020

Daya tampung untuk jenjang Sarjana di jalur mandiri Unpad mendapatkan maksimal 50 persen dari daya tampung mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

Sudah siap? Unpad merupakan salah satu PTN yang menggunakan nilai UTBK pada seleksi jalur Mandiri. Untuk itu, kamu harus memastikan memiliki nilai UTBK yang paling baik agar bisa diterima di kampus impian. Ayo, terus giat mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2020 dengan video pembahasan soal TPS UTBK dan latihan soal TPS UTBK di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar