Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020 Telah Dibuka!

Shabrina Alfari Jan 12, 2020 • 3 min read


Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020

Artikel ini memberikan informasi tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Negeri (SNMPN) 2020

--

Mau kuliah di salah satu politeknik negeri di Indonesia? Ini dia saatnya! Pendaftaran Politeknik Negeri se-Indonesia telah dibuka mulai tanggal 6 Januari 2020 – 6 Maret 2020 mendatang. Sebanyak 42 Politeknik Negeri membuka pendaftaran secara resmi untuk mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020.

Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan untuk calon peserta atau siswa sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan di Pendidikan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Seleksi dilakukan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Per tahun 2020 ini, istilah PMDK-PN (Penelurusan Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) diganti nama menjadi SNMPN. Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN. Mau tahu informasi lengkap terkait SNMPN 2020? Simak berikut ini.

Baca juga: Pahami Ketentuan dan Tahapan Pendaftaran UTBK 2020

Pendaftaran dilakukan secara online tanpa dipungut biaya

Pendaftaran calon peserta atau siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun. Semua biaya pendaftaran telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur ini mengakomodir calon peserta yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id atau dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam SNMPN ini.

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020

Tahapan pendaftaran

1. Pendaftaran SNMPN

Pendaftaran SNMPN dimulai pada tanggal 6 Januari - 6 Maret 2020. Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan. Setelah mendapatkan Username dan Password, sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program SNMPN.

2. Pengisian Data oleh Siswa dan Sekolah

Sekolah ataupun siswa dapat melakukan pengisian data mulai tanggal 6 Januari – 6 Maret 2020.

3. Verifikasi Berkas

Pengiriman berkas atau tidak tergantung pada Politeknik pilihan pertama Siswa. Perhatikan Form Finalisasi untuk mengetahui apakah harus mengirimkan berkas atau tidak serta mengetahui batas waktu pengiriman berkas.

4. Pengumuman

Pengumuman SNMPN diumumkan pada tanggal 28 Maret 2020. Bagi siswa yang lolos jalur SNMPN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan.

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020

Persyaratan umum yang wajib dipenuhi pada SNMPN 2020 adalah hanya lulusan SMA/MA/SMK yang akan lulus 2020 yang boleh mendaftarkan diri melalui jalur ini. Sekolah juga wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan siswa wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Siswa juga wajib mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Nah kesempatan kamu untuk melanjutkan pendidikan tinggi masih terbuka lebar. Tak hanya mengandalkan jalur seleksi PTN Akademisi saja, kamu juga bisa mencoba jalur seleksi PTN Vokasi seperti SNMPN ini. Selain jalur undangan, Politeknik se-Indonesia juga akan membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yaitu Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020.

Apakah kamu sudah siap menghadapi berbagai ujian masuk perguruan tinggi? Jangan takut jangan galau, bantu persiapan kamu bersama latihan soal dan video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar