Seluk beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Olivia Yunita Jul 10, 2020 • 4 min read


Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Artikel ini membahas mengenai belajar apa saja Sastra Jerman, Universitas dengan jurusan Sastra Jerman, Prospek Kerja lulusan Sastra Jerman

--

Mengutip informasi dari Goethe Institut Indonesia, pada dunia ilmu pengetahuan, bahasa Jerman merupakan bahasa terpenting kedua setelah bahasa Inggris. Tak hanya masalah bahasa, Jerman juga menempati peringkat ketiga sebagai negara yang aktif berkontribusi di bidang litbang dan penyedia beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing. Wah, menarik ‘kan?

Baca juga: Yuk, Masuk Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI

Nah, kamu yang tertarik belajar bahasa Jerman bisa memilih program studi Sastra Jerman ya. Di Indonesia telah banyak universitas yang menyediakan program studi ini. Sebenarnya seperti apa sih kuliah di program studi Sastra Jerman itu? Simak artikel ini sampai habis.

Belajar apa saja di Program Studi Sastra Jerman?

Di program studi ini, kamu akan diberikan banyak pengetahuan seputar Jerman. Mata kuliah yang kamu pelajari di program studi Sastra Jerman meliputi Bahasa Jerman, Pengetahuan Kebudayaan, Perkembangan Kesusastraan Jerman, Fonetik dan Fonologi Jerman, Telaah Teks Bahasa Jerman, Sastra Kontemporer Jerman, Budaya dan Sastra Urban di Jerman, Terjemahan Jerman-Indonesia, Kritik Sastra, dan Ragam Bahasa Jerman Profesional.

Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Belajar Bahasa Jerman (Sumber: Study In Germany)

Nah, di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki program studi Sastra Jerman, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Negeri Malang. Lalu seperti apa sih gambaran program studi Sastra Jerman pada ketiga universitas itu? Yuk, simak penjelasan berikut.

Sastra Jerman UI

Program studi Sastra Jerman di Universitas Indonesia berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Dalam program studi ini kamu akan belajar 3 hal, yaitu:

  1. Ilmu Linguistik. Kamu akan mempelajari tata Bahasa dan kosa kata dalam Bahasa Jerman. Jadi, nantinya kamu akan diajari gimana caranya berkomunikasi pakai Bahasa Jerman secara lisan dan tertulis.
  2. Kesusastraan. Mempelajari tentang sejarah perkembangan kesusastraan di Jerman dari masa Mittelalter sampai Neue Zeit yang dikelompokkan menjadi masa Aufklärung, Klasik-Romantik, dan Modern. Selain itu, kamu juga akan dikenalkan dengan karya-karya seperti puisi dan drama dari tokoh terkenal Jerman.
  3. Budaya Jerman. Mengulas banyak materi meliputi masa-masa awal peradaban Eropa, kekuasaan Romawi di Eropa dan pengaruhnya, Dinasti Karolinger, abad Pertengahan, Prussia, Barock, dan Aufklärung.

Pojok_KamSeluk beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman 

Sastra Jerman UNPAD

Sama halnya dengan Universitas Indonesia, program studi Sastra Jerman di Universitas Padjadjaran juga berada dibawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Di program studi ini kamu juga akan dibekali dengan ilmu linguistik, kesusastraan, dan budaya Jerman. Nah, ada 4 kompetensi utama berbahasa yang wajib kamu pelajari, yaitu Lesen (reading), Schreiben (grammar), Hören (listening), dan Sprechen (writing).

Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman

Hören, Sprechen, Lesen, dan Schreiben (Sumber: hno-hamm.de)

Di program studi ini menyediakan mata kuliah pilihan seperti Bahasa Sunda, Arab, Jepang, Perancis, Mandarin, dan Rusia. Jadi, nggak hanya belajar Bahasa Jerman aja, kamu juga bisa belajar bahasa lain yang nggak kalah menarik, lho.

Sastra Jerman UM

Pada Universitas Negeri Malang kamu akan belajar Sastra Jerman di program studi Pendidikan Sastra Jerman. Berbeda dengan UI dan UNPAD, program studi ini berada dibawah Fakultas Sastra (FS). Karena berlabel pendidikan, maka selain mendapat mata kuliah tentang sastra, kamu juga dibekali dengan mata kuliah seperti Pengantar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran, serta Kuliah Praktek Lapangan. Lulusan Sastra Jerman UM nantinya akan mendapat gelar Sarjana Pendidikan atau S.Pd. Nah, buat kamu yang pengen jadi tenaga pengajar alias guru, bisa banget tuh masuk program studi ini!

Seperti Apa Prospek Kerja Lulusan Sastra Jerman?

Mungkin banyak yang berpikir, setelah lulus dari Sastra Jerman nantinya hanya akan jadi sastrawan. Hmm… Padahal anggapan itu salah banget. Sebagai lulusan Sastra Jerman, kamu bisa menjadi seorang Konsulat Jenderal RI di Berlin, diplomat di Kementerian Luar Negeri, Penerjemah, Content Writer, bahkan Pemandu Wisata.

Seluk Beluk Kuliah di Program Studi Sastra Jerman
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt (Sumber: kemlu.go.id)

Setelah mendapat penjelasan tentang kuliah Sastra Jerman dan prospek kerjanya, gimana tertarik masuk program studi ini? Yuk, segera persiapkan dirimu! Kamu bisa membaca rangkuman materi dan menguji kemampuanmu dengan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar