Yuk Intip Seragam Sekolah Di 10 Negara ini! Manakah yang Paling Keren?

Ruangguru Agu 5, 2020 • 7 min read


Sebagai pelajar, setiap harinya kamu diwajibkan untuk memakai seragam  sesuai dengan aturan yang ditetapkan sekolah. Dengan adanya seragam ini, kita bisa tahu jenjang pendidikan yang ditempuh oleh seorang pelajar dari warnanya. Nah, untuk kalian yang penasaran model seragam sekolah seperti apa saja sih di belahan dunia lainnya? Apakah lebih menarik? Atau ada ciri khas tertentu seperti di negara kita? Yuk kita cek yuk!

1. Jepang

 

Searagam Jepang Jepang

 

Buat kamu yang suka baca komik, pasti sudah sering kan melihat seperti apa model seragam di Jepang? Menurut kamu modelnya menyerupai apa? Ya, betul! Seragam di Jepang seperti seragam pelaut. Hal ini bisa terlihat jelas pada seragam perempuan, dimana model kerahnya yang lebar disertai dasi yang khas seperti sailor (pelaut).

Yang menariknya lagi, seragam di Jepang juga disesuaikan dengan musimnya lho! Misalnya saja untuk musim panas, seragam yang digunakan berlengan pendek, rok pendek, dan berbahan lebih tipis. Sedangkan untuk musim dingin, biasanya para pelajar menggunakan lengan panjang maupun blazer supaya hangat. Kalau di Indonesia sih, satu model seragam untuk segala macam cuaca ya hihi.

2. Inggris

 

Seragam Inggris Inggris

 

Kamu pernah nonton Harry Potter kan? Apakah kamu memperhatikan model seragam yang dikenakan para tokohnya? Nah, seperti itulah model seragam sekolah di Inggris. Pada umumnya, para pelajar biasanya menggunakan sweater atau bahkan blazer untuk outer dari seragamnya. Tidak lupa disertai dengan dasi yang juga wajib digunakan baik pelajar siswa maupun siswi. Inilah yang membuat gaya berseragam di Inggris terlihat resmi dan rapi.

3. Australia

 

Searagam Australia Australia

 

Kalau kamu lihat sepintas, mungkin seragam yang digunakan oleh pelajar di Inggris kurang lebih sama dengan model yang digunakan pelajar di Australia. Eits! Tapi coba deh perhatikan sekali lagi, kira-kira ada yang berbeda tidak? Clue: Coba kamu perhatikan yang dikenakan di kepalanya. Ya itu dia yang membuatnya unik!

Topi ini terinspirasi dari Akubra, topi khas Australia yang modelnya menyerupai topi koboi. Selain unik topi ini juga fungsional lho, biasanya topi ini menggunakan bahan yang tahan air maupun panas matahari. Psst, topi akubra ini tidak hanya digunakan para pelajar, bahkan topi polisi di Australia juga menggunakan model yang serupa! Menarik bukan?

4. Ghana

 

Seragam Ghana Ghana

 

Apa yang terlihat di pikiran kamu pertama kali melihat seragam ini? Warnanya seperti seragam pramuka ya? Hehe. Di Ghana, meskipun termasuk negara dengan keadaan ekonomi yang rendah tetap menetapkan setiap pelajarnya untuk menggunakan seragam. Maka dari itu, seragam di Ghana menggunakan bahan kain yang relatif murah tapi untuk model seragam tetap unik dan menarik bukan?

5. Laos

Seragam Laos Laos

 

Laos memiliki kain tradisional yang khas bernama Sinh. Model kainnya seperti kain songket di Indonesia. Yang membuat seragam di Laos unik adalah para siswi disana menggunakan sinh sebagai rok bawahan mereka lho! Seperti di Indonesia, di Laos juga menerapkan penggunaan warna kain yang berbeda untuk setiap jenjang pendidikan. Coba kamu bayangkan, bagaimana kalau kamu harus menggunakan kain setiap pergi ke sekolah? Hihi.

6. Vietnam

 

Seragam Vietnam Vietnam

 

Seragamnya yang ini tidak kalah unik nih! Di Vietnam, seragam sekolahnya terinspirasi dari pakaian tradisional mereka bernama Ao Dai. Ao Dai ini adalah pakaian untuk melambangkan kecantikan wanita di Vietnam. Ciri khas pakaian ini adalah atasannya yang hampir sepanjang mata kaki dengan belahan panjang di kedua sisinya dan menggunakan celana panjang.

Untuk seragam sekolah, warna yang digunakan harus putih. Sedangkan untuk acara kebudayaan biasanya Ao Dai ini bisa berwarna-warni. Gimana menurut kalian? Terlihat cantik-cantik tidak para siswi ini?

7. Filipina

 

Seragam Filipina Filipina

 

Kalau seragam ini adalah yang digunakan pelajar di Filipina. Sekilas, modelnya mirip dengan seragam tingkat SD di Indonesia ya? Tapi yang menambah keunikannya adalah model kerahnya mirip dengan seragam di Jepang yaitu bermodel sailor.

8. Bhutan

 

Seragam Bhutan Bhutan

 

Apakah kamu tahu negara bernama Bhutan? Bhutan adalah negara kecil yang terletak di Asia Selatan. Di Bhutan para pelajar juga menggunakan pakaian tradisional mereka lho! Untuk para siswa menggunakan gho, yaitu berupa atasan sepanjang lutut yang diikatkan dengan sabuk di pinggang mereka. Sedangkan untuk siswi menggunakan kira, modelnya kurang lebih sama hanya saja atasannya mencapai pergelangan kaki yang dipadukan dengan luaran lengan panjang bernama toego. Unik sekali ya?

9. Iran

 

Seragam Iran Iran

 

Kalau yang ini adalah salah ciri khas seragam yang digunakan di negara muslim seperti Iran. Sebagai negara muslim, hal ini juga tercermin dari model seragam yang dikenakan oleh para pelajar di sekolahnya. Cirinya adalah menggunakan kerudung, baju berlengan panjang, celana panjang, dan tentunya longgar. Umumnya, baik siswa maupun siswi menggunakan celana panjang lho!

10. Turkmenistan

 

Seragam Turkmenistan Turkmenistan

 

Kalau seragam ini datangnya dari Turkmenistan, yaitu sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Keunikannya adalah seragam sekolah mereka merupakan pakaian tradisional lho! Ciri khasnya adalah gaun panjang sampai mata kaki berwarna cerah, menggunakan topi seperti peci, dan tidak lupa kepangan rambutnya! Lucu juga kali ya, kalau kita mengepang rambut setiap pergi ke sekolah?

Ya, itu lah seragam yang digunakan pelajar dari berbagai negara. Seragam negara mana yang menjadi favorit kamu? Apakah kamu tetap suka dengan seragam sekolah di Indonesia?

Meski kadang kita suka mengeluh dengan aturan yang diterapkan dalam pemakaian seragam sekolah, tapi kapan lagi kan bisa setiap hari bisa kembaran baju dengan teman-teman? Hihi. Nanti setelah kamu lulus sekolah dan tidak memakai seragam lagi, pasti kamu akan merindukan momen memakai seragam sekolah. Jadi, nikmatilah! :)

Beri Komentar