Serba-Serbi Noun dalam Bahasa Inggris

Serba-Serbi Noun dalam Bahasa Inggris

Halo Squad! Apakah kamu sering membuat kalimat dalam Bahasa Inggris? Untuk membuat kalimat dalam Bahasa Inggris, kamu seringkali membutuhkan noun. Apa sih noun itu? Noun atau kata benda adalah kata yang digunakan untuk menyebutkan kata yang biasanya berfungsi sebagai subjek atau objek dalam sebuah kalimat. Noun ini banyak jenisnya, lho. Apa saja ya? Yuk, kita bahas! 

Baca Juga: Mengenal Preposition of Time

Fungsi kata benda adalah untuk mewakili penyebutan suatu benda. Benda yang berjumlah satu buah dapat disebut kata benda tunggal atau singular noun. Sedangkan, benda yang berjumlah lebih dari satu buah dapat disebut kata benda jamak atau plural noun.

Kata benda tunggal biasanya ditulis dengan awalan article ‘a’ atau ‘an’, misalnya an apple dan a cat. Sedangkan untuk kata benda jamak, kamu bisa menambahkan imbuhan -s atau -es, contohnya friends dan classes. Selain kedua contoh tersebut, untuk kata benda berakhiran -s, -h, dan -y juga mendapatkan imbuhan -es. Contohnya antara lain Bus-Buses, Coach-Coaches, Mango-Mangoes, Butterfly-Butterflies

Aturan Khusus: Kata Benda berakhiran huruf -o. 

Squad, kata benda berakhiran huruf -o memiliki beberapa aturan khusus. Apa saja ya aturannya? Kuy, kita simak!

Serba-Serbi Noun dalam Bahasa Inggris

Irregular Plural Noun

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang irregular plural noun? Irregular plural noun adalah kata benda yang saat berjumlah banyak tidak selalu mendapatkan penambahan imbuhan akhir –s atau –es. Wah! Kok, beda lagi, ya? Ada apa saja, ya? Contohnya antara lain man – men child – children foot – feet woman – women mouse – mice tooth – teeth. 

Nah, ternyata beberapa kata benda berakhiran –f atau –fe berubah menjadi –ves dalam plural, lho. Contohnya antara lain calf – calves, knife – knives, leaf – leaves, loaf – loaves, shelf – shelves, thief – thieves, wolf – wolves. Selain itu, beberapa kata benda yang berakhiran -f cukup kamu tambahkan -s saja untuk membuat bentuk pluralnya. Contohnya antara lain belief – beliefs cliff – cliffs roof – roofs. Selain itu, ada beberapa kata benda yang bentuk tunggal dan bentuk jamaknya sama. Contohnya antara lain deer, fish, series, sheep, dan species

Aturan Khusus: Bentuk Plural Asing

Squad, beberapa kata benda dalam bahasa Inggris yang dipinjam dari bahasa asing ternyata memiliki bentuk plural asing juga, lho! Apa saja ya? Yuk, kita simak!

Serba-Serbi Noun dalam Bahasa Inggris

Nah, sekarang sudah paham beberapa aturan noun dalam Bahasa Inggris, kan? Supaya makin jago, yuk belajar bersama tutor terbaikmu druanglesonline. Kamu tinggal foto soalmu yang susah, lalu kamu bisa tanya deh, ke kakak tutor yang nggak hanya oke, tapi juga asik banget ngejelasinnya! Yuk, belajar pakai ruanglesonline sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar