Serba-serbi UNPAD Jatinangor yang Unik Untuk Kamu Ketahui

Ruangguru Apr 25, 2016 • 3 min read


Meskipun Universitas Padjajaran tidak hanya berlokasi di Jatinangor, wilayah ini identik dengan salah satu kampus favorit di Jawa Barat tersebut. Jatinangor sendiri merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan kota Bandung. Kalau kamu berminat untuk menjadi mahasiswa UNPAD, tidak ada salahnya kamu mengetahui sedikit lebih dalam lagi tentang Jatinangor. Check it out!

 

unpad jatinangor Foto: cikalnews.com

 

Ketika kamu menginjakkan kaki di Jatinangor, kamu dapat dengan mudah menemukan lokasi kampus UNPAD. Kampus ini terbilang luas dan untuk mengaksesnya kamu bisa berjalan kaki atau naik ojek. Apabila berjalan kaki terlalu melelahkan, terdapat transportasi gratis berupa angkutan biru atau odong-odong khusus mahasiswa. Angkutan biru ini beroperasi dari pagi hingga sore.

 

Bis unpad Foto: citizenmagz.com

 

Selain Jatinangor, kampus UNPAD juga terletak di kota Bandung. Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Hukum saat ini terletak di Dipati Ukur. Apabila kamu ingin pergi les Bahasa Inggris ke Bandung atau perlu mengunjungi perpustakaan pusat yang ada di sana, tersedia banyak bus DAMRI di sekitar Jatinangor yang bisa mengantar kamu ke pusat kota.

 

Hutan unpad Foto: geolocation.ws

 

Jatinangor memiliki sejumlah jalanan dan monumen yang ikonik. Mahasiswa UNPAD pasti mengetahui Tanjakan Cinta, yakni jalanan yang menanjak antara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Kedokteran Gigi. Ada pula Jembatan Cincin, jalanan yang dahulu digunakan untuk kereta api. Jembatan ini terbilang ‘angker’ saat malam hari, akan tetapi pemandangannya cukup indah di pagi hari. Situs bersejarah lainnya adalah Menara Loji. Menara ini sebenarnya terletak di area ITB Jatinangor. Dahulu, menara bersejarah ini digunakan untuk mengawasi perkebunan karet.

 

taman unpad Foto: jatinangorku.com

 

Sebagai wilayah yang menaungi banyak kampus, Jatinangor cukup memadai kehidupan mahasiswa. Kampus UNPAD memiliki sejumlah asrama. Bale Padjajaran, salah satunya, disediakan untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran sebagai bagian dari program wajib asrama. Terdapat klinik kesehatan, GOR Bale Santika, hingga tempat pertunjukan Blue Stage yang terletak di Fakultas Sastra UNPAD.  Apabila mahasiswa di Jatinangor membutuhkan hiburan atau sekadar membeli kebutuhan sehari-hari, Jatinangor Town Square menjadi tujuan utama.

 

tempat pensi Foto: jatinangor

 

Mahasiswa di sekitar Jatinangor juga pasti akrab dengan Perpustakaan Batu Api. Perpustakaan ini telah berdiri sejak tahun 1999. Meskipun kecil, Batu Api  memiliki koleksi hingga 10 ribu eksemplar. Tidak hanya buku, tempat ini juga menyediakan koran, majalah, kaset, cakram musik, hingga film.  Selain harga sewanya yang terjangkau, perpustakaan ini kerap dijadikan tempat nongkrong oleh mahasiswa.

 

perpustakaan Foto: dindaaudriene

 

Masih banyak lagi fakta-fakta tentang wilayah kesayangan mahasiswa UNPAD ini yang menarik untuk ditelusuri. Tentu salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menjadi mahasiswa di Jatinangor. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila tempat-tempat ini dikunjungi ketika menelusuri wilayah ini.

Beri Komentar