Memahami Ungkapan Showing Preference dalam Bahasa Inggris

Kresnoadi

Apr 16, 2018 • 3 min read

konsep pelajaran Bahasa Inggris X Kelas X SMA


Bahasa Inggris_10

Kita semua pernah kebingungan mau makan apa, dan terjadi dialog showing preference dalam bahasa Indonesia. Kurang lebih seperti ini:

contoh showing preference

Dalam dialog tadi, ada sebuah kalimat yang menunjukkan showing preference. Atau dengan kata lain, ungkapan “pilihan” hal yang lebih disukai dibandingkan hal lain. Ada yang bisa tebak bagian mana?

Yak, betul. Bagian “Kamu lebih suka bakso daripada nasi goreng.” Frasa “lebih suka” menunjukkan preferensi kesukaan si cewek antara bakso dan nasi goreng. Lalu, bagaimana cara mengungkapkan hal ini dalam bahasa inggris?

EXPRESSION OF PREFERENCE

Prefer

Salah satu cara untuk menyatakan ungkapan showing preference adalah dengan kata “prefer”. Dalam bahasa inggris, ada berbagai cara menggunakan kata “prefer” yang berpasangan dengan “to”. Satu hal yang perlu diingat adalah, dalam penggunaan kalimat positif, apabila subjek dari kalimat tersebut adalah “he, she, it, nama orang” (singular) sama seperti dalam simple present, maka “prefer”-nya harus ditambahkan “s” di akhir,

contoh penggunaan prefer

Would rather

Sama halnya dengan penggunaan “prefer”, kata “would rather” ini juga bisa digunakan untuk mengungkapkan kesukaan akan suatu hal dibandingkan hal lain. Berbeda dengan prefer yang berpasangan dengan "to", pasangan dari would rather ini adalah kata "than". Biasanya, penggunaan would rather ini dipakai untuk hal-hal yang lebih spesifik. Di samping itu, penggunaan ungkapan “would rather” ini biasanya digunakan dalam situasi yang tidak mungkin.

Seperti misalnya, “I would rather be a lion than a crocodile.”

Tidak mungkin, kan, dalam kehidupan sehari-hari kita benaran berubah menjadi macan? Kecuali kalau kamu lagi kesurupan sih…

kesurupan macan

Kayaknya nggak ada deh yang mau kesurupan macan... (sumber: giphy.com)

Terkadang, untuk mempersingkat penulisan atau penyebutan, seringkali “would rather” disingkat menjadi subjek+ ‘d rather. Dengan begitu, contoh tadi bisa berubah menjadi “I’d rather be a lion than a crocodile.”

contoh penggunaan would rather

Like

Ungkapan "like" ini mirip dengan penggunaan kata “prefer”. Walaupun punya arti yang sama (semuanya menunjukkan ke-lebih-sukaan) dalam penggunaan kalimat positif, apabila subjek “he, she, it, nama orang” (singular) sama seperti simple present, maka harus ditambahkan “s” menjadi “likes”. Ada beberapa cara penggunaan kata “like” yang berpasangan dengan “better than”:

contoh penggunaan like

Ternyata, ada banyak cara dalam bahasa inggris dalam mengungkapkan showing preference ya. Mulai dari prefer, would rather, dan like. Sudah bisa, kan, membedakan penggunaan ketiganya? Kalau iya, coba kamu tulis salah satunya di bawah. Apa kamu lebih suka belajar dengan cara membaca atau menonton video? Jawab menggunakan salah satu dari tiga ungkapan tadi ya! Kalau kamu punya pr yang berhubungan dengan materi ini dan ingin langsung bertanya kepada ahlinya, langsung aja ambil hapemu dan gunakan ruanglesonline sekarang!

 New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts