Siap Membangun Negeri bersama Politeknik Manufaktur Astra dengan Beasiswa ASTRA

header beasiswa astra

Buat kamu lulusan SMA/SMK tahun 2021 yang ingin melanjutkan kuliah ke bidang manufaktur, informasi berikut bisa membantu kamu nih! Politeknik Manufaktur Astra sedang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur beasiswa. Yuk, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin!

---

Hampir semua lulusan SMA/SMK memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada yang ingin masuk ke universitas, institut, akademi, maupun politeknik. Meskipun sama-sama perguruan tinggi, tapi ada beberapa hal yang membedakan. Seperti universitas dan politeknik. Saat ini mulai banyak siswa/siswi yang lebih tertarik untuk masuk ke politeknik. Lalu, apa sih bedanya antara universitas dan politeknik? 

Secara garis besar, yang membedakan universitas dan politeknik, yaitu dari segi jalur masuk, pendidikan, materi kuliah, sistem SKS, dan gelar. Politeknik adalah sekolah tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi atau pelatihan vokasional. Pendidikan vokasi adalah pendidikan kejuruan yang lebih menjurus agar kalian menjadi ahli dalam bidang tersebut (praktek). Sementara universitas menyelenggarakan pendidikan akademis. Lulusan universitas mempunyai cakupan yang lebih luas dalam bidang teori.

Sesuai yang sudah dijelaskan di atas, pendidikan di politeknik lebih menjurus atau lebih ke spesifik bidang tertentu. Salah satunya ⁣seperti Politeknik Manufaktur Astra. Polman Astra merupakan institusi pendidikan di bawah naungan PT Astra International Tbk, melalui Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI). Sejak tahun 2009, YABI melalui Polman Astra menyediakan kuota beasiswa sebesar 35% dari jumlah mahasiswa yang direkrut di seluruh Indonesia.

politeknik manufaktur astra

Sumber: (polman.astra.ac.id)

Program Beasiswa ASTRA yang ditawarkan terdiri dari dua jenis, yaitu Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Peduli. Beasiswa yang diberikan berupa bebas biaya perkuliahan selama tiga tahun dan pemberian uang saku bagi mahasiswa yang bersangkutan setiap bulan. Setiap semester, Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap prestasi akademik penerima beasiswa untuk menentukan keberlanjutan pemberian beasiswa.

Jenjang pendidikan yang ditempuh di Polman Astra yaitu diploma (D3). Wah, kesempatan menarik nih! Supaya kamu tidak melewatkan deadline pendaftarannya, yuk segera simak syarat dan kebutuhan berkasnya di bawah ini!

Syarat dan Ketentuan Beasiswa Politeknik Astra 2021

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia dan berusia maksimal 19 tahun
  2. Merupakan lulusan SMA/SMK Tahun 2021 (lebih diutamakan bagi siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi).
  3. Sehat jasmani dan rohani. Tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung serta tidak buta warna.
    a. Untuk pilihan program studi Mesin Otomotif (Peminatan Kendaraan Ringan), peserta tidak mempunyai masalah indra pendengaran.
    b. Untuk pilihan program studi Mesin Otomotif (Peminatan Alat Berat), peserta tidak mempunyai masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan mempunyai tinggi badan minimal 160 cm.
  4. Nilai rapor pada semester 1 s/d 4 kelas X dan XI rata-rata minimal 75 (B) dan tidak ada nilai di bawah 75 (B) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris.
  5. Tidak sedang atau akan mendapatkan beasiswa dari sumber lain. 

politeknik manufaktur astra

Sumber: (polman.astra.ac.id)

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan Beasiswa Politeknik Astra 2021

  1. Fotocopy Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga

  2. Bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa saat seleksi wawancara).

  3. Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB.

  4. Rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara).

  5. Surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2020/2021 (surat diterbitkan bulan Februari 2021 dan dibawa saat seleksi wawancara).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website berikut: http://pmb.polman.astra.ac.id. Batas waktu pendaftaran online sampai dengan 15 Januari 2021 dan hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 22 Januari 2021. Proses seleksi beasiswa meliputi seleksi administratif, tes tertulis, wawancara, dan tes kesehatan.

Info lebih lanjut

Sekretariat Polman Astra

Telp: (021) 6519555 Ext. 2886/2876

Hotline: 0812 9558 2134

Website:  http://pmb.polman.astra.ac.id 

Untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru ini, perlu melewati beberapa tahap. Salah satunya, yaitu tes tertulis. Supaya makin mantep ngerjain tes tertulisnya, yuk, asah kemampuan kamu dengan perbanyak latihan soal dan belajar di ruangbelajar Plus

New call-to-action

Beri Komentar