Siap SBMPTN 2020 dengan Melihat Persyaratan Ini

Shabrina Alfari Dec 20, 2019 • 2 min read


persyaratan SBMPTN 2020

Artikel ini memberikan informasi persyaratan SBMPTN 2020 dan jadwal pendaftaran untuk calon peserta SBMPTN

--

“Ah, masih beberapa bulan lagi. Masih ada waktu buat persiapan SBMPTN.”

Hayo, siapa nih yang masih menganut budaya procrastination? Menunda-nunda sesuatu yang penting bisa berakibat fatal lho untuk masa depan kamu. Walaupun masih beberapa bulan lagi, UTBK dan SBMPTN 2020 harus kamu persiapkan dengan serius mulai dari sekarang. Apalagi, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi tujuan favorit bagi para lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan.

Penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota minimum 20 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40 persen dan Seleksi Mandiri dengan kuota maksimum 30 persen.

Bagi kamu yang ingin mengikuti proses seleksi melalui jalur SBMPTN, ketahui terlebih dahulu persyaratannya berikut ini.

Persyaratan Peserta SBMPTN 2020

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disertakan
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah
  3. Memiliki nilai UTBK
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  5. Memiliki NISN
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah

Pilihan Program Studi

  • Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN

Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2020

  1. Pendaftaran SBMPTN: 2-13 Juni 2020
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN: 30 Juni 2020 (pukul 15.00 WIB)

Untuk bisa mendaftar SBMPTN 2020, kamu harus memiliki nilai UTBK. So, jangan sampai kamu kelewatan dan pahami dengan baik persyaratan serta tata cara mengikuti UTBK 2020. Di tahun 2020 mendatang, kelompok ujian UTBK terdiri atas tiga jenis, yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS) dan Campuran (IPC).

Kamu akan mengikuti kelompok ujian yang mana? Apapun itu terus semangat dan lakukan persiapan sebaik mungkin agar kamu tidak menyesal dan bisa mengalahkan para pesaing lainnya. Ayo, raih kursi impian di jurusan dan kampus impian melalui video belajar beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar