Strategi Anti Bingung untuk Kamu yang Siap Tembus PTN 2020

Rabia Edra Nov 11, 2019 • 8 min read


Artikel kali ini berisi trik dari Master Teacher Brain Academy dan tim bimbingan konseling agar siswa jadi lebih mempersiapkan diri menuju UTBK 2020.

---

Siapa yang sudah mulai mempersiapkan diri buat masuk PTN favorit dari sekarang? Ya mungkin belum, bulan depan masih ada Penilaian Akhir Semester (PAS), awal tahun mesti fokus sama persiapan masuk PTN jalur undangan, belum lagi belajar untuk UNBK, ujian sekolah, ujian praktik huwaaa banyak banget! Gimana caranya ya bisa menyicil belajar ujian PTN? Tenang! Bukan cuma kamu yang gusar kok.

Menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pada tahun 2019 ada 1,1 juta peserta SBMPTN 2019, berarti kira-kira ada sebanyak itu pula yang sedang bingung memikirkan strategi yang harus dilakukan. Nah, daripada cuma bingung, mending simak QnA berikut supaya nggak galau lagi.

1. Persiapan sebaiknya dimulai dari kelas berapa sih?

Yah, yang namanya persiapan sudah pasti lebih cepat, lebih baik. Kalau dari kelas 10 sudah mulai kepo ya bagus banget. Kenapa? Sebab materi tes PTN itu kumpulan materi dari kelas 10, kelas 11, dan kelas 12. Tugasmu yang sekarang masih kelas 10-11, harus memantapkan penguasaan materi ya. Supaya nanti saat kelas 12 tinggal perbanyak latihan soal, memahami jenis, dan pola soal dari tes setiap tahun.

2. Tes PTN bisa lintas jurusan nggak ya?

Selain Kedokteran dan Kedokteran Gigi, jurusan lain bisa untuk siswa lintas jurusan

Bisa dong! Tergantung persiapan kamu seperti apa. Menurut Kak Dinda, dari tim konseling Brain Academy ada rumusnya nih buat yang mau ambil lintas jurusan. Pertama, harus eksplorasi sebanyak mungkin tentang minat bakatmu, cari tahu kesukaanmu itu apa. Kedua, cari minatmu itu dalam bentuk jurusan yang diinginkan. Sudah dapet? Ketiga, saatnya memberi waktu dan tenaga ekstra untuk belajar.

Baca juga: 10 PTN dengan Peminat Terbanyak di SBMPTN 2019

Karena sebelumnya kamu belajar IPA dan nanti akan belajar IPS dari awal, jadi waktu mulai belajarnya nggak bisa disamakan dengan teman-temanmu yang tidak ambil lintas jurusan. Kamu harus lebih duluan.

3. Gimana sih tipsnya supaya lolos tes?

Hmm, nggak ada trik selain perbanyak latihan soal, kuasai fitur banksoal di aplikasi Ruangguru, sering-sering juga ikut TO dari lembaga pendidikan yang sudah terverifikasi. Jadi, sistem pengerjaan soalnya bisa semirip mungkin dengan ujian aslinya.

4. Bisa nggak siswa SMK masuk PTN?

Teknik Elektro, salah satu prodi bagi siswa SMK yang ingin masuk PTN 

Kenapa nggak? Selain bisa untuk siswa lintas jurusan, PTN juga memperbolehkan siswa dari SMK, lho. Nah, yang harus kamu tahu sebenarnya kurikulum pelajaran SMK dan SMA kan sudah beda dari awal, berarti tandanya mesti berjuang lebih lagi supaya bisa tembus PTN. Biar makin optimis, coba deh bikin penjadwalan belajar. Buat target di bulan apa, harus sudah menguasai apa.

Plus, siapkan mental juga ya. Pesaing memang akan banyak, tapi kalau semangatmu tinggi dan persiapan sudah matang, pasti bisa kok!

5. Apakah ada nilai maksimal tes?

Tahukah kamu jika nilai minimal, median, dan maksimal itu ada berdasarkan hasil ujian seluruh peserta. Sebab, dari pihak LTMPT tidak pernah menentukan standar nilai alias nggak ada tuh yang namanya passing grade. Nah, buat kamu yang mau memperkirakan nilaimu bisa lulus di PTN incaranmu apa nggak, coba perbanyak ikut tryout aja.

6. Gimana sih format pelaksanaan tes UTBK 2019?

Tes UTBK terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Tes Potensi Skolastik dengan waktu pengerjaan 120 menit yang terdiri dari:
  • Penalararan umum (soal dalam bentuk wacana berbahasa Indonesia)
  • Pemahaman bacaan (soal dalam bentuk wacana berbahasa Indonesia)
  • Pengetahuan umum (soal dalam bentuk wacana berbahasa Inggris)
  • Pengetahuan kuantitatif (soal dalam bentuk Matematika Dasar/numerikal)

2. Tes Kemampuan Akademik dengan waktu pengerjaan 90 menit yang terdiri dari:

  • Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi
    atau;
  • Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Nah, walaupun saat ini belum diketahui nama resmi dari tes PTN untuk tahun 2020. Tapi, sebenarnya dari tahun ke tahun format soalnya sangat mirip.

7. Apa ada cara cepat mengerjakan soal?

Sering menjawab soal-soal prediksi adalah kunci menguasai tes PTN 

Ada, kalau kamu update dengan perkembangan soal tes dari tahun ke tahun. Ditambah lagi dengan banyak cari referensi tentang soal prediksi. Kalau kamu sudah tahu gambarannya, tentu akan sangat membantu saat mengerjakan tes yang sesungguhnya. Di sini, peran latihan sudah pasti jadi kunci nomor 1. Yuk, mulai konsisten belajar setiap hari dan jangan mepet setelah UNBK baru memulai persiapan masuk PTN. 

8. Gimana cara bagi waktu persiapan UNBK dan tes PTN?

Biasanya nih, tes masuk PTN hanya berselang beberapa minggu setelah UNBK. Sementara, di tengah-tengahnya tetap ada ujian sekolah, dan ujian praktik. Nah, mumpung sekarang waktunya masih panjang, jadi bisa dimanfaatkan dengan baik. Coba mulai buat daftar prioritas kegiatan yang mendetail, termasuk bulan dan tanggal pelaksanaannya. Baru deh dibagi jadwalnya.

Misalnya, Senin belajar UNBK, Selasa belajar ujian sekolah, Rabu belajar ujian praktik, Kamis belajar tes PTN, dan seterusnya. Eits, jangan lupa beri waktu istirahat di akhir pekan, minimal sehari dalam seminggu. Tujuannya supaya energi dan otakmu nggak terforsir, kasian kan nanti malah jadi stres.

9. Tes PTN bisa buat Politeknik nggak?

Saat sudah keluar pengumuman dari LTMPT nanti, jangan malas-malasan buat cek info tentang kampus-kampus mana saja yang terdaftar. Sebagian politeknik memang ada yang termasuk PTN, namun jalur mendaftar dan tesnya berbeda dengan SBMPTN. Tetapi, bukan berarti nggak disiapkan dari sekarang ya, buat kamu yang mau masuk ke Politeknik tetap harus tahu aware dengan informasi tes masuk dan belajar soal dari tahun ke tahun. Apalagi biasanya, tes Politeknik hanya dibuka 1 kali dalam setahun. Jadi, jangan sampe ketinggalan.

10. Tes PTN apa bisa buat gap year?

Selain jalur masuk PTN dengan sistem undangan, sisanya diperbolehkan kok untuk pendaftar yang gap year. Meski, tantangannya pasti besar karena saingannya sama siswa-siswa yang masih fresh belajar. Tapi pasti bisa! Hal yang paling penting, siapkan dari sekarang, karena kamu punya banyak waktu. Kan udah nggak harus melewati UNBK, ujian sekolah, ujian praktik, dan lainnya. Biasanya sih yang gap year justru lebih mantap saat milih jurusan dan belajar. Inget, gap year juga butuh bimbel dan di Ruangguru juga ada kok kelasnya hehe.

Biar belajarmu makin nyaman, download aja aplikasi Ruangguru di laptop. Perbanyak nonton video belajar dan menjawab latihan soal dari sekarang, supaya semester depan saat tes PTN jadi lebih percaya diri. Ruangguru juga punya paket khusus SBMPTN lho! Cari tahu lebih lanjut di sini

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar