Siapa Bilang Bidang Teknologi Informasi Hanya Digeluti Kaum Adam?

Ruangguru Jun 28, 2016 • 4 min read


Banyak yang berpikir bahwa teknologi adalah bidang yang biasanya hanya menarik untuk digeluti kaum adam. Benarkah begitu? Jangan salah lho, perempuan juga banyak yang nyemplung di bidang ini. Kali ini, Ruangguru.com akan membahas salah seorang perempuan inspiratif di bidang Teknologi Informasi. Siapa gerangan?

Aulia Halimatussadiah atau yang biasa dikenal dengan Ollie, Chief Marketing Officer nulisbuku.com membuktikan bahwa seorang wanita juga bisa berkecimpung di dunia teknologi. Nggak percaya? Kira-kira apa saja keseruan dan tantangan yang akan dihadapi perempuan saat memasuki dunia teknologi ya? Yuk kita simak!

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam

 

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam

Sejak remaja, Ollie memang telah memiliki ketertarikan di dunia teknologi. Semua bermula saat ia menggunakan salah satu program chatting, yaitu mIRC. Di sanalah Ollie bertemu dengan orang-orang dari berbagai macam negara. Ternyata pada saat itu, orang-orang yang tinggal di luar negeri telah memiliki website sendiri. Di dalam benaknya, Ollie berpikir bagaimana jika ia mempunyai website sendiri? Pasti akan sangat keren untuk anak seusianya waktu itu.

Setelahnya, perempuan yang mendapat penghargaan Top 8 Enterprising Asian Entrepreneurs Under 40 dari Global Insider ini belajar membuat website. Berbagai cara ia coba untuk membuat website yang menarik. Ollie belajar semuanya secara otodidak. Saat itu belum ada Google yang bisa mempermudah pencarian segala hal lho! Untuk mengakses teknologi pun belum semudah sekarang. Melihat ketertarikan Ollie yang besar di bidang teknologi, orangtuanya menyarankan untuk mengambil kuliah jurusan Teknik Informasi.

 

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam

Awal mula memasuki kuliah Teknologi Informasi, Ollie sempat mengalami kesulitan. Sebelum masuk kuliah, ia berekspektasi besar bahwa akan langsung belajar bagaimana cara membuat website yang menarik. Namun pada kenyataannya, dunia teknologi tidak hanya berhubungan dengan membuat website saja. Di jurusan ini, Ollie dituntut untuk mempelajari konsep bahasa pemrograman terlebih dahulu. Jika telah memiliki konsep yang kuat, maka segala bahasa pemrograman akan lebih mudah untuk dipelajari.

Ollie juga dituntut untuk menghasilkan output dalam bentuk nyata sehingga logika pun sangat diperlukan. Untuk mengasah logika tersebut, di jurusan Teknologi Informasi akan dipelajari banyak sekali mata kuliah matematika. Diantaranya matematika dasar, kalkulus, aljabar, matematika diskrit, dan lain-lain. 

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam Foto: pexels.com

Ketika peminatan, Ollie memilih Sistem Informasi. Pada peminatan ini, mata kuliah matematika yang dipelajari tidak sebanyak yang dipelajari di peminatan Ilmu Komputer. Sistem Informasi akan lebih mempelajari bagaimana cara menciptakan dan menerapkan teknologi informasi di bidang bisnis. Sehingga, bisnis tersebut dapat mencapai tujuannya secara efektif. Selain itu, juga banyak mempelajari tentang database dan manajemen. Apa ada coding? Tentu, tapi tidak sedalam yang dipelajari di peminatan Ilmu Komputer.

 

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam 

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam Foto: pexels.com

Dulu, kelas Ollie berisi sekitar 100 orang dan jumlah anak perempuan di dalam kelas itu hanya 20 orang. Dikarenakan minim perempuan, akhirnya 20 orang tersebut yang membentuk grup yang isinya hanya perempuan saja. Kebanyakan teman perempuan yang sekelas dengan Ollie hanya mempelajari materi kuliah dari buku. Padahal menurutnya, pelajaran yang ada di jurusan Teknik Informasi akan lebih efektif jika dipraktikkan secara langsung. Ia berbagi tips untuk perempuan yang ingin kuliah bidang Teknologi Informasi. Sebaiknya pandai-pandai berbaur dengan anak laki-laki. Hal ini bertujuan supaya mereka bisa sama-sama mempelajari ilmu yang mereka dapatkan secara praktikal. Mereka juga bisa saling berbagi ilmu satu sama lain, bukan?

 

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam

teknologi informasi hanya digeluti kaum adam Foto: pexels.com

Lulusan Teknologi Informasi tidak melulu harus menjadi seorang programmer atau web developer. Mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di berbagai macam bidang. Contohnya Ollie, yang selain teknologi juga suka menulis. Ia mengolaborasikan keduanya dan meluncurkan sebuah platform yang berguna bagi banyak orang seperti nulisbuku.com.

 

*Artikel ini ditulis berdasarkan hasil bincang-bincang dengan Natali Ardianto, Aulia Halimatussadiah, dan Ikhsan Rahardian pada program Ask Me Anything episode Teknologi Informasi yang telah diselenggarakan oleh Ruangguru.com pada Rabu, 1 Juni pukul 20.00.

[embed]https://www.facebook.com/ruanggurucom/videos/988723051224390/[/embed]

Beri Komentar