Siapkan Diri Hadapi Ujian Mandiri PTN dengan 5 Tips Ini

Shabrina Alfari

Jul 14, 2019 • 5 min read

Siap kuliah Ujian Mandiri


ujian mandiri PTN

Artikel ini memberikan tips yang harus dilakukan oleh para calon mahasiswa yang akan menghadapi ujian mandiri atau seleksi mandiri PTN

--

Belum berhasil masuk kampus impian lewat jalur SBMPTN? Nggak usah berkecil hati Squad, kamu masih punya kesempatan melalui jalur mandiri. Jalur mandiri atau seleksi mandiri ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh masing-masing kampus secara independen. Nah, nggak semua PTN membuka jalur mandiri, ada juga PTN yang menetapkan untuk tidak menerima mahasiswa melalui seleksi mandiri. Masing-masing PTN juga punya cara dan ketentuan tersendiri yang menjadi penilaian pada seleksi mandiri.

Sudah siap berjuang menghadapi ujian mandiri? Ayo, terapkan tips berikut ini.

1. Cari informasi lengkap pelaksanaan seleksi mandiri dari kampus tujuan

ujian mandiri PTNCari informasi di website universitas (Sumber: ltnow.com)

Squad, agar kamu nggak kelewatan dan nggak ada persyaratan yang terlupakan, kamu harus rajin mencari informasi lengkap terkait pelaksanaan ujian mandiri dari kampus tujuanmu. Seleksi mandiri merupakan otoritas masing-masing PTN. Jadi, beda PTN, maka akan berbeda pula tata cara, syarat, dan ketentuan seleksinya. Ketahui dan catat jadwal pendaftaran, biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendaftar, hingga apa saja yang harus kamu siapkan di hari H. Semua itu bisa kamu cek di website masing-masing universitas.

Baca juga: Bedah Jalur Mandiri Ujian Tulis SIMAK UI 2019

Baca juga: Bedah Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (SM-ITB) 2019

Baca juga: Informasi Lengkap Seleksi Mandiri SMUP UNPAD 2019

Baca juga: Informasi Lengkap Ujian Mandiri Universitas Airlangga (UNAIR) 2019

2. Terus semangat belajar

ujian mandiri PTNTetap semangat belajar (Sumber: youtube.com)

Meskipun sekarang sudah banyak PTN yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2019 sebagai indikator penilaian seleksi mandirinya, masih ada beberapa PTN yang tetap menggunakan jalur ujian tulis untuk menjaring mahasiswa di ujian mandirinya. Untuk itu, jangan sampai kendor nih belajarnya. Bagi kamu yang sudah mengikuti SBMPTN, kamu bisa mengevaluasi diri. Pasalnya, tipe soal-soal yang keluar di SBMPTN itu nggak jauh beda dengan yang akan keluar di ujian mandiri. Ketahui materi apa yang belum kamu kuasai dan kembali bangkit untuk lebih siap lagi.

Baca juga: UI dan ITB Syaratkan Esai di Seleksi Mandiri, Ini Tips Menulisnya

3. Jangan lelah berlatih soal

ujian mandiri PTNBerlatih soal (Sumber: jagranjosh.com)

Sudah tahu ‘kan seberapa besar manfaat berlatih soal? Nah karena ini bisa dibilang kesempatan terakhir kamu untuk bisa diterima di PTN pilihan, maka tingkatkan juga target yang harus kamu capai dan buat progress setiap harinya. Jangan pernah lewatkan harimu tanpa mengerjakan soal. Kamu juga bisa mengerjakan soal-soal tahun lalu dan memahami konsep dasarnya agar kamu bisa mengerjakan soal yang mempunyai kemiripan materi.

Baca juga: Latihan Soal SIMAK UI Soshum Terbaru!

4. Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan

ujian mandiri PTNSiapkan berkas dengan lengkap (Sumber: urgentessayhelp.co.uk)

Berkas yang harus kamu siapkan untuk seleksi mandiri biasanya lebih banyak dibandingkan dengan berkas untuk SNMPTN ataupun SBMPTN. Aturan dan kelengkapan untuk seleksi mandiri ditetapkan oleh masing-masing PTN. So balik lagi nih Squad, kamu harus mencari informasi lengkapnya di website masing-masing universitas. Namun secara umum persyaratan berkas ini terbagi dua, yaitu seleksi dengan nilai UTBK (tanpa tes) dan seleksi mandiri dengan tes.

5. Ketahui daya tampung jalur mandiri

ujian mandiri PTNKetahui daya tampung (Sumber: tempo.co)

Di tahun 2019, kuota daya tampung untuk jalur mandiri adalah maksimal 30% dari kuota daya tampung keseluruhan setiap prodi di PTN. Jumlah 30% ini bisa berbeda-beda tergantung kampus dan program studinya. Pastikan kamu sudah mengecek daya tampung dari masing-masing kampus dan prodi incaranmu dengan seksama ya.

Squad, percaya deh semua usaha yang telah kamu lakukan selama ini pasti nggak akan sia-sia. Jika memang kampus yang kamu inginkan adalah takdirmu, maka semuanya pasti akan dimudahkan walaupun harus melalui perjuangan panjang. So, jangan hanya belajar, kamu harus juga berdoa untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

Mau mempersiapkan diri menghadapi ujian mandiri dengan cara yang mudah dan menyenangkan? Yuk, nonton video beranimasi dan kerjakan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts