Siapkan Tas Siaga Bencana, Yuk!

Bulan Tamara Horo Okt 2, 2018 • 8 min read


Hai Squad, mungkin kalian sudah pernah tahu bahwa Indonesia berada di ring of fire atau jalur cincin api. Jalur Cincin Api ini merupakan gugusan gunung berapi di kawasan Pasifik maupun Mediterania yang melewati wilayah Indonesia, dan mengakibatkan Indonesia kaya akan sumber daya dengan relief alam yang sangatlah indah. Namun dampak negatifnya, wilayah yang dilewati oleh jalur Cincin Api ini rawan letusan vulkanik, gempa, dan tsunami.

So, sebagai masyarakat yang tinggal di jalur Cincin Api sudah seharusnya bagi kita untuk setidaknya punya basic survival skill dalam menghadapi berbagai bencana alam ini. Nah, salah satu cara sederhana untuk memulainya ialah dengan menyiapkan Tas Siaga Bencana. Yuk, kita list hal-hal apa saja yang wajib ada di dalam tasnya.

1. Fotokopi dokumen pribadi dan uang tunai

tas siaga bencanaContoh dokumen penting pribadi (Sumber: travelinyuk.com)

Contoh dokumen penting pribadi yang harus kamu siapkan, seperti fotokopi KTP, KK, Ijazah, Surat Nikah, Buku Rekening, Rekam Medis, Polis Asuransi, Wasiat, dan surat-surat penting lainnya. Dokumen-dokumen ini penting sebagai identitas diri dan untuk urusan administrasi lainnya saat pasca bencana. 

2. Emergency blanket 

tas siaga bencana

Emergency blanket (Sumber: dhgate.com & amazon.com)

Emergency blanket atau selimut alumunium foil terbuat dari bahan metal film polyester yang sangat efektif menahan air, angin, dan juga menjaga suhu normal tubuh. Benda ini bisa dipakai berulang kali, dan yang terpenting tidak memakan banyak tempat karena ukurannya yang kecil saat dilipat. Selain itu bisa juga dipakai sebagai tempat berlindung, menampung air, memasak makanan, atau reflektor sinyal.

3. Cable ties atau kabel pengikat

tas siaga bencana

Cable ties (Sumber: irtchey-id.com)

Cable ties bisa dimanfaatkan untuk mengikat dan menggantung berbagai hal yang mudah digunakan dan cukup kuat (tergantung beban ikatan) seperti untuk mengikat tenda, tali ransel jika putus, menggantungkan peralatan pada tas, dan lain lain tergantung imajinasi kita. Selain itu, cable ties bisa juga digunakan sebagai medical kit jika terjadi patah tulang, pendarahan hebat, menutup luka, dan masih banyak lagi. Kamu bisa lihat di YouTube berbagai cara dalam memanfaatkan cable ties. Kelemahan cable ties merupakan benda sekali pakai, jadi bijaklah dalam menggunakannya.

4. Terpal ringan dan tali paracord

tas siaga bencanaTerpal ringan dan tali paracord (Sumber: alibaba.com)

Terpal ringan dan tali paracord ini bisa dijadikan shelter sebagai tempat berlindung maupun alas duduk. Sebaiknya gunakanlah tali paracord untuk mengikat terpal karena bentuknya kecil namun memiliki kemampuan menahan bobot yang berat.

5. Peluit + Kompas + Fire Starter

tas siaga bencanaPilih peluit multifungsi yang khusus untuk survival kit (Sumber: amazon.com)

Seringkali ketika terjadi bencana, korban tertimbun reruntuhan bangunan atau terjebak di hutan, di mana menjerit minta tolong akan membuang-buang energi dan sulit untuk terdengar. Peluit berfungsi sebagai pengirim sinyal suara, bahkan jika kamu mempelajari sandi morse kamu bisa mengirim pesan dengan peluit. 

Peluit multifungsi biasanya memiliki flint/fire starter untuk menyalakan api, kompas untuk membaca arah mata angin, kontainer  korek api agar tidak basah, dan cermin sebagai pengirim sinyal.

6. Pisau lipat

tas siaga bencanaPisau lipat (Sumber: swissarmy.com)

Nah, kalau yang satu ini kecil-kecil multifungsi. Sebaiknya pilihlah swiss army knife yang memiliki berbagai kegunaan. Mulai dari memotong, menggunting, membuka kaleng, obeng, menggergaji, dan lain sebagainya. Jadi dapat digunakan untuk beragam fungsi dan tetap hemat tempat.

7. Filter air

tas siaga bencan

Filter air (Sumber: preppersurvivalkit.com & aliexpress.com)

Saat terjadi gempa, tsunami atau banjir, sulit untuk mencari air bersih. Meskipun harganya agak mahal, tapi filter air ini bisa dipakai berulang kali dan tentunya menjaga kamu dari dehidrasi.

8. Wadah air yang dapat dilipat

water3

Wadah air (Sumber: galaxydeals.co.za & ebay.com)

Ketika kamu menemukan sumber air, maka kamu bisa menyimpan air tersebut yang sudah kamu filter untuk berjaga-jaga atau untuk dibawa ke tempat yang jauh.

9. Senter/headlamp dan batre cadangan

tas siaga bencanaHeadlamp (Sumber: amazon.com)

Senter digunakan sebagai sumber penerangan jika berada dalam situasi yang minim cahaya.

10. Lilin

tas siaga bencanaLilin (Sumber: ferrehogar.es)

Lilin berguna untuk memberikan penerangan darurat sebagai pengganti senter. Sebaiknya gunakan lilin yang memang khusus untuk survival, biasanya lilin ini lebih padat dan dapat bertahan lebih lama.

11. Power bank

Ketika terjadi bencana, aliran listrik biasanya akan terputus sedangkan korban perlu mengabarkan keluarga dan kerabat sehingga handphone tidak selamanya dalam kondisi baterai penuh. Power bank berguna untuk menghindarai situasi seperti ini, jadi tidak perlu khawatir handphone kamu akan kehabisan baterai.

12. Obat-obatan

Fokuslah pada tiga hal, yaitu pengobat luka luar (perban, antiseptik, obat merah, plester, dsb), obat diare (oralit, norit) dan losion pengusir nyamuk (risiko malaria atau DBD).

13. Makanan kaleng

tas siaga bencanaMakanan kaleng (Sumber: yurielkaim.com)

Kamu bisa menggunakan kornet atau makanan kalengan lainnya yang mengandung energi dan easy-to-serve. Dan sebaiknya jangan mie instan karena makanan tersebut memiliki rendah nutrisi dan kalori yang tinggi. 

14. Peralatan mandi

tas siaga bencanaPeralatan mandi (Sumber: cpr-savers.com)

Sikat gigi, handuk, sabun, hand sanitizer, dan kanebo untuk melap badan yang basah agar terhindar dari hipotermia. Bagi wanita juga jangan lupa siapkan pembalut dan pantyliner.

15. Pakaian

Terakhir, siapkan pakaian dan pakaian dalam secukupnya. Sesuaikan juga pakaiannya dengan iklim daerahmu, pakaian hangat untuk daerah beriklim dingin atau pakaian yang cepat kering untuk daerah beriklim panas.

Letakkan Tas Siaga Bencana ini di dekat emergency exit atau di tempat yang mudah untuk dijangkau jika tiba-tiba terjadi bencana. Bencana alam merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari, Squad. Namun, kita bisa berusaha untuk berjaga-jaga dan mengurangi dampaknya, salah satunya dengan Tas Siaga Bencana.

Kamu juga bisa belajar dan cari tahu hal-hal lain tentang alam Indonesia dan segala keajaibannya. Semakin kamu belajar, maka semakin mengerti dan siapa tahu bisa mencari solusinya. Yuk, belajar dengan Ruangguru biar makin menyenangkan. Ruangguru On-The-Go mempermudah kamu mengakses konten di ruangbelajar tanpa kuota internet. #BelajarJadiMudah dengan berbagai video animasi yang akan membantu kamu memahami materi dengan lebih cepat.

ruangguru on the go

Beri Komentar