Fisika Kelas 9 | Sifat Bahan Serat dan Kayu

Seno Aji Mei 25, 2018 • 5 min read


 

Squad, apa sih yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata-kata serat atau kayu? Mungkin sebagian dari kamu jika ditanya soal serat, jawabannya adalah komponen yang digunakan untuk memperlancar pencernaan. Hmm gak salah sih, tapi bukan itu yang mau kita bahas. Nah serat yang akan dibahas di sini adalah serat yang biasa digunakan manusia, tetapi tidak dimakan dan digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Selain itu, kita juga akan membahas tentang sifat kayu. Yuk baca penjelasannya di bawah ini.

SERAT

Baju yang kamu pakai, celana yang kamu pakai, sarung, tirai, tali, semua terbuat dari serat lho. Secara umum serat adalah suatu jenis bahan yang berupa potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang dan utuh. Serat sebagai bahan yang terbentuk secara memanjang, oleh manusia biasanya dibuat menjadi sebuah benang, benang tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat sebuah kain.

ladang/kebun kapasPerkebunan kapas (sumber: pinterest.com)

Serat dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu serat alami dan serat sintetis. Serat alami biasanya tersedia secara alami dari alam, sedangkan serat sintetis diciptakan karena ketidakmampuan serat alami untuk mencukupi permintaan manusia. Adapun benda-benda yang termasuk serat alami adalah sebagai berikut ini:

WOOL

Wool dan kaus kaki rajut

Wool biasanya dihasilkan dari bulu domba, wool ini bersifat menyerap air, menahan panas, lembut dan lentur, maka dari itu wool biasanya banyak digunakan untuk membuat baju hangat atau selimut.

KAPAS

Kapas dan Produknya

Katun yang terbuat dari tanaman kapas memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menyejukkan di kala panas dan juga bisa menjadi penjaga panas dikala dingin. Oleh karena itu, kapas sering digunakan untuk membuat baju kaus yang santai dan kasual. Kain yang terbuat dari kapas, dalam bahasa Inggris disebut dengan cotton dan diserap dalam bahasa Indonesia menjadi katun.

SUTERA

SUtera

Sutera adalah serat alami yang terbuat dari benang kepompong ulat sutera yang kemudian dijadikan benang. Kain sutera yang dihasilkan biasanya bersifat licin, mengkilat, kenyal, kuat, lembut, dan sejuk dipakai.

KAPUK

Bantal kapuk

Kapuk dihasilkan oleh biji kapuk yang biasa juga disebut buah kapuk sama orang Indonesia. Kamu biasanya menemukan serat ini sebagai pengisi bantal, guling, atau kasur. Kapuk menjadi populer dalam isian peralatan tidur karena mudah melepaskan panas, empuk, lentur, lembut, dan mudah kering jika basah.

Nah di bawah ini adalah beberapa contoh serat sintetis.

Kain SintetisRayon, nilon, dan poliester adalah bebera contoh kain yang terbuat dari serat sintetis

Serat sintetis memang bisa dibuat lebih banyak dan cepat, tetapi ada satu keunggulan serat alami yang tidak dapat ditandingi oleh serat sintetis, yaitu kenyamanan bahan.

Nah setelah mempelajari tentang serat, sekarang kita beralih ke bahan berikutnya, yaitu kayu!

KAYU

memotong kayuMengubah bentuk kayu adalah pekerjaan yang mudah tapi sulit (sumber: giphy.com)

Sebenarnya ya, ada perdebatan tentang kayu, kayu terkadang di golongkan ke dalam serat. Hal ini terjadi karena jika kita perhatikan baik-baik, deskripsi serat dapat kita aplikasikan juga kepada kayu, bahkan ada beberapa jenis kayu yang sangat elastis hingga menyerupai tali. Tetapi kayu bisa juga menjadi sebuah bahan sendiri yang tidak sama dengan serat.

Secara umum kayu mempunyai sifat yang kaku, mudah dibentuk, tahan lama, dan merupakan isolator panas serta listrik yang baik. Kayu dapat menjadi keras karena adanya akumulasi selusosa dan lignin. Keduanya adalah zat yang membuat kayu bisa keras. Kayu sebenarnya memiliki banyak sekali jenis, dan manusia hampir menggunakan semua jenis kayu untuk membantu mempermudah hidupnya.

Jika dijabarkan, maka kayu akan punya sifat seperti ini squad

Sifat Kayu

Berdasarkan beberapa sifatnya, maka kayu tidak hanya dijadikan sebagai bahan atau alat tambahan bagi manusia. Manusia juga menjadikan kayu sebagai alat ekspresi dan seni, karena salah satu sifat kayu adalah mudah di bentuk sehingga tercipta lah patung dan ukiran kayu.

patung asmatUkiran kayu suku Asmat, Papua (sumber: wacana.co)

Selain itu, karena ketahanan dan ketersediannya, kayu juga dijadikan perabotan rumah tangga seperti kursi dan meja. Kenapa bisa gitu? Karena walaupun kayu kuat, tetapi bobotnya cukup ringan dan mampu menahan beban yang lumayan banyak.

Nah Squad, itu tadi adalah sifat 2 bahan, yaitu kayu dan serat. Bahan-bahan tersebut sering kita temui dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kamu lebih paham lagi sama materi ini, coba deh kamu kerjain soal di ruangbelajar, di sana ada ribuan soal berkualitas dari berbagai mata pelajaran yang bisa kamu kerjakan untuk mengasah kemampuan kamu.

New Call-to-action

Beri Komentar