Blog Ruangguru

    Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa: Tahap Pengikhtisaran

    By Rabia Edra · Jan 11, 2018

    Ekonomi_12.jpg

    RG Squad, ada yang tahu arti dari ikhtisar? Yup, artinya adalah ringkasan. Kalau di dalam akuntansi, maka tahap ini adalah membuat ringkasan dari data keuangan yang sudah diproses sebelumnya. Tujuannya agar data-data keuangan perusahaan menjadi semakin mudah dibaca dan dapat dianalisis. Adapun langkah-langkah tahap pengikhtisaran adalah sebagai berikut:

    • Menyusun neraca saldo

    Nama lain dari neraca saldo adalah neraca percobaan (trial balance). Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan menyalin saldo semua akun yang ada dalam buku besar. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menghitung saldo pada buku besar di tahap pencatatan.

    • Menyusun jurnal penyesuaian (adjusment entries)

    Jurnal penyesuaian adalah ayat jurnal yang dibuat di akhir periode untuk melakukan koreksi atau menyesuaikan data catatan yang ada dengan data sebenarnya. Pada umumnya, ayat penyesuaian mencakup koreksi kesalahan penjurnalan, dan penyusutan aset tetap. Serta meliputi penyesuaian sewa yang telah dibayar di muka dan berubah menjadi beban sewa karena manfaatnya telah digunakan. Juga, perlengkapan yang berubah menjadi beban perlengkapan sebab telah dipakai dan pendapatan diterima di muka yang dihapus menjadi pendapatan jasa sesuai dengan produk yang telah dijual.

    • Menyusun neraca saldo setelah penyesuaian

    Selesai disusun jurnal penyesuaian, nilai atau nominalnya pasti mengalami perubahan. Sehingga, nilai saldo perlu kembali disesuaikan dengan cara menyusun neraca saldo. Caranya, dengan menjumlah atau mengurangkan akun-akun penyesuaian dengan saldonya pada neraca saldo.

    • Menyusun neraca lajur (worksheet)

    Neraca lajur adalah lembar kerja yang memudahkan akuntan saat menyusun laporan keuangan yang memuat semua data keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, neraca lajur dapat menunjukkan bagaimana perkembangan keuangan perusahaan.

    siklus akuntansi perusahaan jasa

    Jika langkah-langkah yang pada paragraf di atas telah dilakukan, maka neraca lajur telah terpenuhi 50%. Selanjutnya, tinggal membuat kolom laba rugi dan neraca yang berfungsi sebagai dasar pembuatan laporan keuangan.

    Dasar-dasar dalam membuat kolom laba rugi dan neraca adalah dengan melihat dan memecah data dari neraca saldo setelah penyesuaian. Akun-akun dipecah menjadi dua kelompok, yaitu akun nominal (temporal) untuk kolom laba rugi, sedangkan akun riil (permanen) diperuntukkan kolom neraca.

    Semoga sampai di sini penjelasan siklus akuntansi perusahaan jasa bisa bermanfaat untuk kamu ya RG Squad! Kalau masih bingung, kamu bisa cari guru akuntansi terbaik hanya di ruangles!

    New Call-to-action

     

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, kelas xii, SMA, ekonomi xii

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru