Biologi Kelas 12 | Memahami Apa Saja Tahapan Sintesis Protein dari Kisah Cinta Anak Muda

Kresnoadi

Dec 19, 2018 • 6 min read

konsep pelajaran kelas xii SMA Biologi XII


bagaimana tahapan sintesis protein

Artikel biologi kelas XII ini membahas tentang bagaimana proses dan tahapan sintesis protein yang terdiri dari transkripsi dan translasi

--

Lauk apa yang paling kamu suka? Sate kambing? Ayam goreng? Atau telur? Atau… apa aja yang penting gratis? Iya, ketiga makanan tersebut adalah contoh dari makanan yang kaya akan protein.

Kamu pasti sering dong, mendengar kata protein. Tapi, kebayang, nggak, sih, apa itu protein? Sejatinya, protein adalah rantai panjang asam amino yang diisi kode-kode DNA. Betul, DNA yang seringkali digambarkan dengan seperti ini:

bentuk dna

DNA, kayak yang udah di bahas di sini, adalah kumpulan dari kode-kode genetik. Ada banyak kodenya. Biasanya berupa huruf berjejer yang dinamakan “molekul basa nitrogen DNA”. Mulai dari GGT, AUG, dan “Baju yang itu kok lucu siiih”. Oke, yang terakhir itu jenis kode yang lain sih…

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah, 3 molekul basa disebut dengan kodon. Ingat ya. harus 3. GGT dan AUG termasuk kodon. WYATB, TGIF, dan ILYSMAN (I Love You So Much Astaga Norak) bukan termasuk kodon. Hal lain yang perlu kamu ingat: kodon (misal: GGT) itu menunjukkan asam amino. Anggap aja itu adalah kodon itu nomor rumah kamu, dan asam amino adalah nama kamu sebagai pemilik rumah.

Contoh: GGT adalah kodon untuk asam amino glisin.

Bentar, bentar. Kok dari awalnya ngomongin protein, sekarang jadi bahas kode dan asam amino gini?

Jadi, proses pembentukan (sintesis) protein itu membutuhkan semua ini. Anggap aja “kode” dan “asam amino” ini adalah bahan dasar dari suatu masakan yang bernama… protein.

Yah, walaupun agak serem juga sih kalo Chef Juna tiba-tiba nunjukin piring ke depan kamu dan bilang, “Cicipilah proteinku!”

chef juna masak proteinCicipilah proteinku! (Sumber: Hell's Kitchen via Youtube)

 

Nah, sekarang kamu udah tahu dasar-dasarnya. Sekarang kita coba masuk ke dalam proses sintesis proteinnya ya. Secara sederhana, sintesis protein terdiri dari 2 tahap: 1) transkripsi, dan 2) translasi.

 

proses transkripsi dalam sintesis protein

Proses pertama dari sintesis protein adalah transkripsi. Dari namanya, “transkrip”, kita bisa ngebayangin kalau dalam proses ini, terjadi penyalinan sebagian berkas DNA. Buat apa disalin? Udah kayak peer aja.

Baca juga: Begini Cara Menciptakan Hewan Baru dengan Sains (Spesiasi)

Buat apa, sih, pakai disalin segala? Memangnya kenapa nggak langsung bikin aja proteinnya? Kan bahannya udah ada. Asam amino dan kode-kodean tadi.

Ehem. Begini. Proses pembuatan protein itu berada di ribosom yang mana, terletak di sitoplasma. Masalahnya, si DNA yang menjadi sumber utama pembuatannya, berada di inti sel (nukleus). Karena mereka LDR dan DNA nggak bisa bergerak dan nyamperin ribosom (karena konsepnya gitu, bukan gak boleh sama orangtuanya). Alhasil, dibutuhkanlah seseorang yang bersedia datang ke DNA, membuat “kembarannya”, lalu menyuruhnya pergi ke ribosom.

letak dnaNukleus dan ribosomnya LDR :( (Sumber: Fusechool via Youtube)

 

Pada kasus ini, seseorang yang datang ke DNA itu bernama RNA polimerase.

Di dalam inti sel, RNA polimerase akan “membedah” untaian DNA yang mengandung kode-kode tadi menjadi 2 untaian. Sederhananya, kalau sewaktu awal si DNA bentuknya seperti dua tali yang saling melilit, RNA polimerase ini melepas lilitannya.

pembedahan dna menjadi untaian lepas DNA

Sumber: Fuseschool Global Education via Youtube

 

Setelahnya, RNA polimerase akan menempel di promoter (bagian ujung kiri dari rantai DNA). Ini merupakan penanda dimulainya transkripsi/penyalinan. Sehabis itu, mulai, deh, si RNA polimerase berjalan ke sebelah kanan sambil membentuk hasil salinan DNA yang bernama mRNA.

proses transkripsi dalam tahapan sintesis protein

Setelah RNA polimerase mentok sampai ke ujung untaian DNA, maka mRNA secara lengkap sudah jadi. Kalau pada gambar, mRNA adalah garis atas dengan warna yang lebih "merah". Pada tahap ini, proses transkripsi dianggap selesai.

 

proses translasi dalam sintesis protein

Ketika helaian kode-kode DNA sudah berhasil di-copy. Ketika mRNA telah lahir. Ketika itu pula dia bisa mengantarkannya ke ribosom. Makanya dia dinamakan mRNA, alias RNA messenger, alias RNA “pembawa pesan”. Karena eh karena, dia mau ngasih tahu kode-kode dari DNA. Ini ibarat kertas contekan yang bisa jalan sendiri ke tangan yang mau dicontekin.

proses translasi di sintesis proteinPerjalanan mRNA dari inti sel ke ribosom (Sumber: Fuseschool via Youtube)

 

Sesampainya di ribosom, proses translasi dimulai. Translasi berarti proses “penerjemahan” kode-kode DNA sehingga menghasilkan rantai polipeptida penyusun protein.

proses translasi dalam tahapan sintesis protein

Itu simpelnya.

Sekarang, kita coba masuk ke lebih detail.

Kalau si ribosom ini kita di-zoom sampai ke dalam, kita akan menemukan ribosom ini “bersentuhan” dengan mRNA. Pada awalnya, dia akan bertemu dengan AUG, yang merupakan kodon start (kodon yang menandakan dimulainya proses translasi). AUG adalah kodon untuk asam amino metionin.

Setelahnya, dia akan berjalan perlahan-lahan dan mulai menerjemahkan mRNA menjadi rantai polipeptida. Caranya gimana? Caranya, dengan minta bantuan seseorang yang bernama tRNA. Karena mRNA hanya berisi kodon alias nomor rumah, tRNA berfungsi membawa asam amino yang menjadi kodon pasangannya.

Sederhananya begini. mRNA adalah alamat rumah kaum-kaum jomblo.

tRNA ini langsung mikir, ‘Hmmm nomor rumah itu cocoknya buat siapa ya?’ lalu ngasih alamat rumah pasangannya BESERTA yang punya rumah sekaligus.

Mereka kemudian saling ketemu, mencintai, dan menghasilkan sesuatu yang bernama rantai polipeptida. Semakin banyak “pasangan mRNA dan asam amino”, artinya semakin panjang si rantai. Lalu, ketika sudah mencapai rantai yang cukup, dia akan berhenti, terminasi, berubah bentuk menjadi protein.

Gimana? Udah agak paham belum dengan konsep dan tahapan sintesis protein? Dari yang awalnya kamu makan telur, eh, malah berujung saling mencintai di dalam tubuh kamu (lh0?). Kalau kamu masih penasaran dengan proses ini dan pengin tahu dalam format animasi, kamu bisa banget, kok, nonton videonya langsung lewat ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts