Berbagai Komponen dan Tahapan dalam Membuat Sistem Informasi Geografis (SIG) | Geografi Kelas 10

Seno Aji Agu 23, 2018 • 2 min read


sistem informasi geografis

Artikel Geografi kelas X ini menjelaskan berbagai komponen serta tahapan dalam membuat dan mengolah data sistem informasi geografis (SIG)

--

Ngaku, deh, siapa di antara kamu yang selalu mengandalkan GPS sewaktu bepergian? Nah, GPS, baik itu aplikasi Google Maps, Waze, dan lainnya, merupakan salah satu bentuk Sistem Informasi Geografis (SIG). Pernah nggak sih kamu mikir... gimana ya cara bikin GPS itu? Bagaimana cara mengolah data-data yang ada di lapangan, menjadi sebuah satu kesatuan utuh yang bisa kita pakai itu?

Sudah tentu, untuk menghasilkan data yang akurat dan kredibel (bisa dipercaya), dibutuhkan pengolahan data dari SIG. Kenapa tuh? Ya karena data awal (mentah) SIG hanya berupa gambaran hasil dari penginderaan jauh. Makanya, data-data awal tadi masih perlu dilakukan pengecekan ulang, pemolesan, hingga penandaan hal-hal yang penting.

A. Komponen SIstem Informasi Geografis (SIG)

Pengolahan SIG merupakan sistem kompleks yang  terintegrasi dengan komputer-komputer lain di tingkat fungsionalnya masing-masing dalam sebuah jaringan. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

komponen sistem informasi geografis

Hal-hal di atas membentuk satu-kesatuan yang nantinya akan mengeluarkan data menjadi SIG yang dapat digunakan sesuai dengan keperluannya.

Baca juga: Jenis Citra Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra

 

B. Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografis

Sistem kerja SIG sekarang ini dilakukan dengan komputer/SIG modern yang lebih canggih, cepat, dan akurat, sedangkan pada zaman dahulu dilakukan secara konvensional oleh manusia. Meski begitu, dalam pengolahan datanya, baik SIG konvensional dan modern tetap punya serangkaian proses yang sama. Adapun tahapan kerja sistem informasi geografis adalah:

tahapan kerja sistem informasi geografi

Nah, dalam menghapal tahapan-tahapan yang harus dilalui di atas, ada cara mudah yang dapat kamu gunakan. Perhatikan, deh, rumus cepat di bawah ini:

sistem informasi geografis

Gimana, Squad? Sekarang kamu sudah tahu, kan, apa saja komponen dan tahapan dalam pengolahan data SIG sampai akhirnya jadi GPS seperti yang kamu bisa lihat di aplikasi handphone-muKalau ada yang ingin kamu tanyakan dari materi ini, langsung aja chat ke tutor terbaik di  ruanglesonline.

New Call-to-action

Beri Komentar