Matematika Kelas 7 | Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV)

 

Matematika_7
Artikel ini akan menjawab pertanyaan kamu menyangkut Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV) menggunakan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

 ---

Halo Squad! Kamu pasti pernah dong membeli komik? Nah pernah nggak sih kamu ngalamin beli berbagai judul komik yang banyak dengan harga yang sama, tetapi kamu tidak tahu harga satu komiknya? Masalah ini juga terjadi pada Rogu lho. Rogu membeli 5 buah komik dan 1 buah pensil dengan harga keseluruhan yaitu 52.000. Kemudian teman Rogu di sekolah menanyakan berapa harga satu komiknya. Rogu tidak tahu harga satu komiknya. Ia hanya ingat harga satu pulpennya saja yaitu 2000. Wah tidak mungkin kan Rogu pergi lagi ke toko bukunya lagi untuk menanyakan itu? Apalagi jarak toko buku dengan rumahnya sangat jauh. Lalu bagaimana cara Rogu mengetahui harga satu komiknya ya?

Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV)

 Ilustrasi toko buku soal cerita materi SPLSV (sumber: HooplaNow.com)

Tenang saja Squad, masalah ini dapat dijawab menggunakan Persamaan Linear Satu Variabel. Eiitss jangan panik dulu dengan judul materi ini ya, karena tingkat kesulitan materi ini tidak serumit seperti nama materinya. Materi ini pasti mudah untuk kamu pelajari karena materi ini ada kaitannya dengan materi yang pernah kamu pelajari sebelumnya. Oke tidak perlu lama-lama pembukaannya, sekarang langsung saja kita belajar materinya. Check it out!

 

Sistem Persamaan Linear Satu Variabel

Sebelumnya Squad telah mempelajari Kalimat terbuka dan kalimat tertutup kan. Kalau kamu belum mempelajarinya, kamu bisa lihat di artikel Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup. Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV) adalah kalimat terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) dan hanya mempunyai satu variabel berpangkat satu. Bentuk umum persamaan linier satu variabel adalah ax + b = 0, dengan a dan b bilangan bulat bukan nol.

Sistem Persamaan Linear Satu Variabel

 

Nah, sudah tahu kan bagaimana bentuk dasar dari Sistem Persamaan Linear Satu variabel? Sekarang yuk masukkan masalah Rogu tentang harga satu komik ke dalam persoalan matematika!

Pertama-tama kamu harus menentukan terlebih dahulu variabelnya. Hal yang belum diketahui adalah harga dari satu komik. Jadi kita simbolkan x sebagai harga dari satu komik. Setelah itu, kita tulis deh ke dalam kalimat matematikanya. “Rogu membeli 5 buah komik dan 1 buah pensil dengan harga keseluruhan yaitu 52.000, dengan harga satu pensil yaitu 2000” diubah menjadi 5x + 2000 = 52.000. Setelah itu kamu bisa langsung menyelesaikannya dengan menggunakan langkah-langkah Sistem Persaman Linear Satu variabel.

 

Langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linear satu variabel :

  1. Sederhanakan terlebih dahulu operasi yang ada. Berlaku juga pada operasi pemfaktoran (bertanda kurung).
  2. Gabungkan suku yang mengandung variabel ke dalam satu ruas.
  3. Jika persamaan mengandung operasi penjumlahan, kedua ruas harus dioperasikan menggunakan operasi pengurangan dengan besar yang sama. Begitupun sebaliknya.
  4. Jika persamaan mengandung operasi perkalian, kedua ruas harus dioperasikan menggunakan operasi pembagian dengan besar yang sama dan bukan nol. Begitu pun sebaliknya.
  5. Dahulukan operasi penjumlahan/pengurangan terlebih dahulu sebelum melakukan pengerjaan operasi perkalian/pembagian.

Setelah itu yuk kita lakukan operasi persamaannya!

Contoh soal Sistem Persamaan Linear satu Variabel (SPLSV)

 Untuk permasalahan contoh yang ini, langkah pertama dan langkah kedua dapat diabaikan, Squad. Kenapa? karena di dalam contoh tersebut persamaan sudah dalam bentuk sederhana, tidak ada yang harus difaktorkan (tidak ada tanda kurung). Selain itu, di dalam persamaan tersebut variabelnya tidak berada pada ruas yang berbeda, hanya ada pada satu ruas. Tetapi jika kamu menemukan persamaan yang memiliki tanda kurung dan variabelnya berada pada ruas yang berbeda, kamu harus melakukan langkah pertama dan kedua ini yaa (Bisa dilihat pada contoh yang kedua).

Langkah ketiga, kamu harus melihat apakah di dalam persamaan itu terdapat operasi penjumlahan/pengurangan. Nah di dalam contoh yang ini, terdapat operasi pertambahan. Jadi kamu harus melakukan proses pengurangan. Gimana caranya? Kamu hanya melakukan operasi pengurangan dengan nilai yang sama besarnya dengan nilai pertambahan sebelumnya di kedua ruas. Berarti di dalam contoh ini, kita kurangkan kedua ruas dengan 2000.

Langkah keempat, lihat lagi pada operasi persamaannya. Di persamaan tersebut terdapat operasi perkalian, jadi kita harus melakukan operasi pembagian di kedua ruasnya. Kita bagi dengan nilai yang sama dengan perkaliannya ya Squad! Di contoh tersebut, kita bagi kedua ruas dengan 5. Akhirnya, variabelnya sudah sendiri tuh, tertulis bahwa x sama dengan 10.000. Jawabannya yaitu harga satu komiknya adalah 10.000.

Perlu diingat juga ya Squad, dahulukan operasi pertambahan/pengurangan (agar variabelnya dapat dicari)  kemudian dilanjutkan dengan operasi perkalian/pembagian.

Wahh, sekarang Rogu sudah tahu nih berapa harga satu komik yang ia beli. Jadi, harga satu komik yang Rogu beli adalah 10.000. Gampang kan?

 

Sistem Persamaan Linear Satu Variabel

 

Nah biar kamu lebih paham lagi dengan materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel, kamu harus sering berlatih contoh-contoh lainnya. Yuk lihat contoh soal yang kedua.

Contoh soal Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV)

 Tidak terasa ya Squad, kita telah belajar materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Kalau kamu ingin mempelajari materi ini lebih menarik lagi dan juga menyenangkan, kamu bisa nih belajar melalui video animasi di ruangbelajar. Di sana kamu bisa belajar sekaligus latihan soal-soal. Selain itu, waktu belajar kamu akan lebih efektif, dan tidak akan menyita waktu bermain kamu. Jadiii tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi ruangguru!

 ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts