Pengumuman! Ada yang Baru di Sistem PPDB Online 2019

Ruangguru

Feb 8, 2019 • 4 min read

SMA SMP


Mekanisme PPDB Online 2019

Artikel ini membahas tentang sistem penerimaan peserta didik baru online di tahun 2019. Alur PPDB dan mekanismenya.

--

Squad, ada yang baru nih di pendidikan kita. Di tahun 2019 ini, kementerian kebudayaan dan pendidikan Indonesia telah mengeluarkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. Apa yang membedakan dengan tahun sebelumnya? Yang membedakan adalah saat ini sistem PPDB dilakukan dengan menggunakan sistem zonasi.

Wah, apa tuh sistem zonasi?

Oke, begini, kamu tahu kan kalau saat ini sekolah itu terbagi menjadi sekolah unggulan dan sekolah yang tidak diunggulkan? Hampir semua murid berbondong-bondong mendaftar ke sekolah yang dikatakan sebagai sekolah unggulan itu. Nggak peduli seberapa jauh jaraknya. Apapun dilakukan oleh orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah unggulan.

Jika tidak masuk sekolah unggulan, apa yang terjadi?

Malu. Merasa bodoh. Merasa terbelakang. Tidak percaya diri. Mama Papa jadi nggak bangga. Sampai-sampai, nggak mau lagi kumpul sama temen-temen di sekolah jenjang sebelumnya. Selalu menghindar setiap berpapasan.

menghindar dari teman

eeeh eh eeh.. ada dia, hampir aja. Sumber: Giphy.com

Terus nih, ada juga yang orang tuanya nggak mau anaknya masuk sekolah yang biasa-biasa aja. Demi gengsinya di depan tetangga dan sanak saudara, sampai harus nyogok atau beli kursi di sekolah unggulan. Hmmm…. ini benar-benar nggak bagus buat mental murid-murid di Indonesia lho Squad.

Kita semua sama-sama tahu dong kalau sekolah itu hadir ya untuk memfasilitasi masyarakat supaya menjadi lebih pintar, tambah pengetahuan serta keilmuannya, dan makin unggul dalam bidang yang disukai. Kalau sekolah aja dibanding-bandingin antara unggulan dan tidak diunggulkan, gimana muridnya mau percaya diri.

Naaah, berdasarkan hal itulah pemerintah membuat sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru tahun ini. Sistem zonasi itu adalah pembagian atau pemecahan suatu area menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsi dan pengelolaannya.

Jadi, nantinya kamu-kamu akan diarahkan untuk memilih sekolah-sekolah terdekat yang berada di wilayah rumah kamu. Tenang aja ibu bapa adik kakak, sekolah unggulan atau sekolah favorit itu udah enggak ada lagi kook. Karena dalam sistem zonasi ini, pemerintah sedang mengupayakan terwujudnya pemerataan mutu pendidikan. Baik itu fasilitas sekolah, juga tenaga-tenaga pengajarnya.

Bergembira

YES! Ahirnyaaa. Sumber: Giphy.com

Hal itu mengacu pada Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 11. Pada pasal tersebut disebutkan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan dan kemudahan.

Kemudian wajib pula menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Begitu juga dengan kewajiban untuk menjamin tersedianya dana pendidikan bagi setiap warga negara berusia tujuh sampai lima belas tahun.

Kenapa harus pake sistem zonasi?

Karena tujuannya adalah supaya tidak ada lagi diskriminasi di lingkup sekolah, supaya objektif, supaya akuntabel, transparan, dan juga berkeadilan. Terus ada juga nih manfaatnya, yaitu mengembangkan skill pembelajaran abad 21, seperti kolaborasi, komunikasi, kreatifitas, dan berpikir kritis.

Gimana nih dengan sistem barunyaa? Bagus kaan? Nggak ada lagi tuh sekolah unggulan dan sekolah terbelakang. Semua sekolah sama, sama-sama tempat buat belajar. Dan orangtua, nggak perlu lagi memaksa anaknya untuk masuk ke sekolah tertentu, kan kasian kalau nggak sanggup. Nanti bisa stress.

Dengan begitu, sekarang udah siap doong buat daftar sekolah? Sebelum melakukan pendaftaran, baiknya kamu perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

Pertama adalah alur. Dalam PPDB Online 2019, kamu harus mengikuti alur-alur ini supaya bisa mendaftar dengan mudah dan tidak mengalami kebingungan.

Alur Penerimaan Peserta Didik Baru 2019

Selain alur, kamu juga harus memerhatikan dasar-dasar serta tata cara seleksi untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Informasi ini berguna untuk kesiapan kamu sebelum melakukan pendaftaran. Beberapa hal harus kamu perhatikan terlebih dahulu ya.

Sekolah Dasar 

Dasar Seleksi PPDB Online SD

Sekolah Menengah Pertama

Dasar Seleksi PPDB Online SMP

 Sekolah Menengah Atas/Kejuruan

Dasar Seleksi PPDB Online SMA dan SMK

Informasi ini berlaku baik untuk yang berada di domisili DKI Jakarta, maupun yang berada diluar DKI Jakarta ya. Untuk informasi lebih detail setiap domisili seperti jadwal, statistik, dan daya tampung, kamu bisa buka website resmi ppdb.

Nah buat kamu yang sebentar lagi akan naik jenjang, jangan lupa ya untuk tetap terus belajar. Belajar itu tujuannya untuk menambah pengetahuan, bukan cuma buat kepentingan ujian. Jadi kalau kamu sudah punya pengetahuan yang luas sebelum kamu masuk ke jenjang selanjutnya, percaya deh, banyak temen-temen dan guru kamu nantinya yang kagum.

Belajar itu gampang kok, nggak ribet. Cukup kamu download aplikasi ruangguru, terus kamu berlangganan ruangbelajar deh. Kamu bisa belajar di mana aja, kapan aja, dan dalam kondisi apa aja. So, buat jadi keren itu bukan diliat dari pakaian merek apa yang kamu gunakan, kendaraan apa yang kamu bawa, atau setampan dan secantik apa wajah kamu.

Tapi, keren itu adalah seluas apa pengetahuan kamu, dan seberapa banyak karya kamu. Yuk jadi keren dengan ruangbelajar sekarang juga.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts