Skimming Dan Scanning: Rahasia Belajar Dengan Membaca Cepat

Ruangguru Mar 28, 2016 • 4 min read


Di sekolah, kita diharuskan untuk bisa menguasai berbagai mata pelajaran sekaligus supaya bisa naik kelas maupun lulus. Ini tentu membuat kita dihadapkan dengan setumpuk buku yang menanti untuk di baca, apalagi mendekati ujian, membaca buku pelajaran hukumnya wajib dilakukan!

Hmm.. melihatnya saja sudah bikin menyerah duluan ya? Mengingat kita diharuskan membaca ratusan hingga ribuan halaman buku, hihi. Daripada kamu panik sendiri, takut waktunya tidak cukup untuk belajar itu semua, kamu harus kenalan dulu nih dengan metode membaca cepat! Namanya, skimming dan scanning. Dengan memiliki kemampuan ini, kita bisa lho menghemat waktu belajar kita. Jadinya, tidak perlu khawatir lagi deh kehabisan waktu.

Seperti apa sih membaca cepat skimming dan scanning itu? Yuk, mari kita diskusikan lebih lanjut!

Skimming

membaca cepat Foto: irisreading.com

Cara cepat yang pertama adalah skimming! Skimming dalam bahasa Indonesia memiliki artian sekilas. Teknik membaca ini digunakan saat kita ingin menemukan ide utama secara keseluruhan dari sebuah buku. Dengan cara ini, berarti kita tidak membaca buku kata perkata melainkan berlompatan dari satu bagian ke bagian lain untuk melihat pokok pikiran utama dari topik yang dibaca.

Dari situ, kita bisa menentukan nih isi tulisan mana saja yang perlu dibaca lebih lanjut secara detail. Psst, dengan skimming bisa membantu membaca 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa lho! Bisa hemat waktu deh jadinya untuk belajar dan bisa digunakan untuk kegiatan lainnya.

Bagaimana cara melakukan skimming? Yuk, ikuti langkah-langkah ini:

1. Baca dari judul dan sub judul dari sebuah buku untuk mengetahui ide utama yang dibahas

2. Hindari membaca isi buku kata demi kata

3. Bila diperlukan, baca bagian awal dan akhir kalimat dari setiap paragraf

4. Baca dengan teliti paragraf akhir yang biasanya berisi kesimpulan

5. Perhatikan juga ilustrasi seperti gambar atau foto kalau ada, untuk memudahkan memahami isi bacaan lebih jauh

6. Setelah selesai, coba berhenti sejenak untuk memahami isi tulisan tersebut

Nah, setelah selesai melakukan skimming kita akan mendapatkan gambaran secara keseluruhan isi buku tanpa membaca semua tulisannya. Kalau menemukan bagian yang menarik, kita bisa membaca detail bagian buku tersebut untuk pemahaman yang lebih baik. Setuju? :)

Scanning

membaca cepat Foto: imindmap.com

Lalu, cara kedua adalah dengan scanning! Scanning dalam bahasa Indonesia memiliki artian sepintas. Teknik membaca ini digunakan untuk mendapatkan informasi spesifik secara cepat dan akurat dari sebuah buku. Biasanya, scanning digunakan ketika kita sudah mengetahui apa yang ingin kita cari sehingga akan berfokus pada isi buku yang spesifik. Nah, kita harus berlatih nih untuk menggerak mata maupun membalikkan halaman buku dengan cepat untuk menemukan kata atau frasa yang kita cari.

membaca cepat Foto: examtime.com

Bagaimana cara melakukan scanning? Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Perhatikan penggunaan urutan seperti: “angka”, “huruf”, “langkah”, “selanjutnya” dan seterusnya

2. Carilah kata yang dicetak tebal, miring, atau yang dicetak berbeda dengan tulisan lainnya

3. Kadang kala penulis menempatkan kata kunci di batas paragraf

Dalam penggunaannya, skimming dan scanning bisa digunakan secara bersamaan lho! Misalnya, saat mempelajari buku yang belum pernah di baca kita bisa memulai dari skimming dan menentukan materi apa saja yang menarik di baca. Lalu, untuk memiliki pemahaman yang lebih baik kita bisa lakukan scanning dari kata-kata kunci materi yang ingin kita pelajari.

Lalu, ketika kita sudah tahu apa yang ingin kita pelajari, kita bisa memulai dari scanning kata kunci yang ingin kita pelajari. Setelah menemukan, kita dapat skimming untuk mendapatkan pemahaman materi secara sederhana dan cepat. Bagaimana? Belajar dari buku jadi lebih menyenangkan dan tidak menguras waktu lagi bukan? Hehe.

Dengan membiasakan diri untuk membaca cepat, maka akan sangat membantu untuk belajar secara efektif dan efisien. Kita pun jadi bisa untuk belajar dari semua buku pelajaran untuk penguasaan materi yang lebih maksimal. Yuk, mulai terapkan skimming dan scanning saat belajar! Never stop reading, means never stop learning.

Beri Komentar