Smart Educator Champion: Teknologi untuk Pendidikan

Ruangguru Mei 1, 2016 • 3 min read


Smart Educator Champion (SEC) adalah program pelatihan guru berkualitas yang diadakan oleh Ruangguru.com untuk memberikan sosialisasi tentang metode pembelajaran berbasis teknologi. Program SEC dimulai pada bulan Maret 2016 dan hingga saat ini telah terselenggara lebih dari 1.200 sekolah di Jakarta Barat. Tujuan Program SEC adalah untuk mempersiapkan siswa pada semester genap untuk menghadapi Ulangan Semester, Ujian Nasional, dan SBMPTN (kelas XII). Selain itu, program ini juga akan menjadi referensi kebijakan pendidikan yang akan diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Smart Educator Champion dilaksanankan dengan mengakses ke situs tes.ruangguru.com. Tes.ruangguru.com adalah layanan latihan soal berbasis internet yang menyediakan berbagai materi untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. Tidak seperti latihan soal pada umumnya, tes.ruangguru.com dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, tidak membutuhkan tempat penyimpanan khusus, dan dapat diakses secara gratis. Berbeda dari latihan soal berbasis internet lainnya yang hanya menyediakan materi, tes.ruangguru.com dilengkapi dengan analisis hasil ujian berbasis topik dan manajemen waktu sehingga siswa dan guru dapat mengetahui penguasaan mata pelajaran hingga ke tingkat topik dan mengetahui efisiensi penggunaan waktu dalam ujian.

 

Manfaat Program Smart Educator Champion

Smart Educator Champion memberikan banyak manfaat bagi guru maupun siswa. Manfaat yang bisa dirasakan oleh guru seperti:

  • Menjadi bagian penting dari perumusan kebijakan pendidikan yang akan diambil oleh pemerintah provinsi.
  • Mengurangi beban kerja dengan memberikan latihan secara mandiri melalui tes.ruangguru.com sebagai sarana penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
  • Menjadi guru perintis penerapan KBM berbasis teknologi.

Sedangkan bagi siswa yang mengikuti program ini, manfaat yang didapat adalah:

  • Siswa berkesempatan untuk mempersiapkan diri dari jauh hari untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer menggunakan sarana tes.ruangguru.com.
  • Meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi untuk menunjang pembelajaran di dalam dan luar sekolah.
  • Kebanggaan tersendiri karena telah sukses menggunakan sarana teknologi mutakhir dalam KBM.

 

Testimoni Program Smart Educator Champion

Apa program ini benar-benar memberikan efek baik yang signifikan? Sudah ada beberapa guru yang telah mengikuti program ini dan memberikan pandangannya. Nah, Ruangguru.com memilih dua guru untuk menuturkan pendapat mereka mengenai program Smart Educator Champion.

 

Smart Educator Champion
Ibu Azizah Huda dari SMAN 96 Jakarta

 

Guru pertama adalah Ibu Azizah, guru SMAN 96 Jakarta. Beliau menyatakan bahwa tes.ruangguru.com sangat membantu aktivitas belajar mengajar sehingga menjadi lebih efektif. Layanan tes.ruangguru.com juga memberikan kesempatan pada siswa agar terbiasa menghadapi ujian online“Apapun bentuknya dalam media pembelajaran, menurut saya ini (tes.ruangguru.com) bagus karena merupakan karya anak bangsa sehingga harus diapresiasi. Murid menjadi lebih tahu dan paham. Aplikasi ini sangat bermanfaat dan semoga ke depannya menjadi lebih baik lagi.” jelasnya.

Selain Ibu Azizah, ada juga Ibu Hikmah, salah satu guru di SMA Al-Chasanah yang turut memberikan testimoni pada program ini. Menurut beliau, program ini membantu siswa mengembangkan kemampuannya untuk mengetahui meteri-materi yang belum diketahui. Beliau menambahkan, laporan hasil tes membuat siswa menjadi lebih tahu kemampuan pribadi masing-masing.

 

Smart Educator Champion
Ibu Hikmah dari SMA Al-Chasanah

 

Selain itu program ini juga memudahkan kerja guru karena siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam memanfaatkan dunia internet sebagai sarana belajar. Akses situs dan soal tes.ruangguru.com juga lancar dan lebih mudah dibandingkan media belajar berbasis internet lainnya. “Program Smart Educator Champion sangat membantu dalam hal menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi pada siswa, sehingga dengan adanya variasi belajar yang baru dapat menciptakan semangat dan motivasi lebih bagi siswa. Jika kita tidak mengikuti teknologi, maka teknologi yang akan meninggalkan kita.” tutur Ibu Hikmah.

Terima kasih kepada para guru yang telah memberikan testimoninya untuk program ini. Ruangguru.com berharap semoga program dan layanan yang diberikan dapat terus berkembang sehingga dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan.

 

Beri Komentar