Soal Grand Final Ruangguru Champion SMP Babak 2

Ruangguru

Oct 6, 2019 • 6 min read

SMP


Ruangguru Champion

Artikel ini memberikan pembahasan soal-soal yang muncul pada tahap Grand Final Ruangguru Champion SMP Babak ke 2

--

Di babak kedua pada tahap Grand Final Ruangguru Champion, dua peserta dengan nilai terendah akan tersisih dan hanya tiga peserta yang akan maju ke babak ketiga atau babak terakhir. Mau tahu seperti apa sih soal-soal yang harus dihadapi oleh para Champion di babak kedua? Yuk, kita lihat soal-soalnya berikut ini.

Ruangguru Champion

  1. Antonim dari kata ‘acuh’ adalah …
  • Simpati
  • Peduli
  • Apatis
  • Hirau
  • Hisab

Jawaban: Apatis

Pembahasan:

Menurut KBBI, arti dari kata acuh adalah peduli atau mengindahkan. Nah dari kelima pilihan yang ada, kata apatis adalah antonim atau lawan kata yang tepat. Sebab, menurut KBBI, kata apatasi memiliki arti tidak peduli, masa bodoh, atau acuh tak acuh.

Ruangguru Champion

  1. Siti is my sister. Siti's husband is Ahmad. Their son is Budi. Budi is my...

Jawaban: Nephew

Pembahasan:

Anak dari saudara laki-laki atau perempuan, atau anak dari saudara istri atau saudara suami disebut dengan keponakan. Keponakan dalam bahasa Inggris adalah nephew.

Ruangguru Champion

3. Satu-satunya bilangan prima yang habis dibagi 7 adalah….

Jawaban: 7

Pembahasan: 

Bilangan prima merupakan bilangan yang habis dibagi 1 dan dirinya sendiri. Bilangan prima yang habis dibagi 7 adalah 7.

Ruangguru Champion

4. Berapa jumlah total lobus atau gelambir pada paru-paru manusia normal?

Jawaban: 5

Pembahasan:

Pada dasarnya, paru-paru kanan dan kiri punya ciri yang berbeda. Paru-paru kiri terdiri dari dua bagian (lobus) sedangkan yang kanan memiliki tiga bagian (lobus) yang berbeda. Paru-paru kanan punya ukuran dan berat yang lebih besar dibandingkan paru-paru kiri. Maka, total dari lobus pada paru-paru manusia adalah 5 lobus.

Ruangguru Champion

5. Nama khusus untuk bentuk akomodasi yang diselesaikan melalui jalur hukum atau pengadilan adalah ...

  1. Arbitrasi
  2. Mediasi
  3. Ajudikasi
  4. Konsiliasi
  5. Asimilasi

Jawaban: C

Pembahasan:

Akomodasi adalah upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pertikaian atau konflik oleh pihak-pihak yang bertikai. Akomodasi sebagai proses sosial juga memiliki beberapa bentuk. Proses penyelesaian konflik melalui jalur hukum atau pengadilan disebut dengan ajudikasi. Contoh dari ajudikasi adalah hakim yang memberikan sanksi hukum kepada koruptor.

Ruangguru Champion

  1. Fenomena erosi yang banyak terjadi di pesisir pantai karena pengaruh gelombang laut disebut?

Jawaban: Abrasi

Pembahasan:

Abrasi adalah proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang laut. Salah satu bentuk dari abrasi adalah tebing. Tebing dapat terbentuk karena adanya gesekan dari gelombang laut yang membentur. Selain itu, goa-goa yang ada di pantai juga bisa terjadi karena abrasi.

Ruangguru Champion

7. Pembagian kebutuhan berdasarkan intensitasnya adalah...

  1. sekarang dan masa depan
  2. primer, sekunder dan tersier
  3. individu dan kelompok
  4. jasmani dan rohani
  5. khusus dan umum

Jawaban: B

Pembahasan:

Kebutuhan menurut intensitasnya terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Kebutuhan primer: kebutuhan utama yang mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer berkaitan erat dengan kebutuhan pokok seperti pangan dan gizi (makan dan minum)
  2. Kebutuhan sekunder: kebutuhan yang baru boleh terpenuhi setelah kebutuhan primer. Contoh, sepatu, almari, alat masak, dan sebagainya
  3. Kebutuhan tersier: kebutuhan mewah dan tertuju untuk orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contoh, perhiasan atau mobil.

Ruangguru Champion

  1. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Teungku Abdul Jalil, yang berasal dari Cot Plieng, Aceh, memimpin perlawanan penolakan kewajiban untuk melakukan tradisi Jepang membungkukkan badan untuk memberi hormat. Apa nama khusus untuk tradisi ini?

Jawaban: Saikeirei

Pembahasan:

Saikeirei merupakan sikap menghormat dan membungkukkan badan ke arah matahari terbit setiap pagi, setiap pertemuan umum, dan setiap nama Tenno Haika, Kaisar Jepang disebutkan.

Ruangguru Champion

  1. Jika panjang diagonal ruang sebuah kubus adalah 5cm, berapa luas permukaan kubus tersebut?

Jawaban: 50 cm kuadrat

Pembahasan: 

Ruangguru Champion

Ruangguru Champion

Ruangguru Champion

  1. Sebuah benda bergerak ke timur dengan kecepatan 4 m/s selama 7 sekon. Jika selanjutnya benda bergerak ke barat dengan kecepatan 8 m/s pada 3 sekon berikutnya, maka kecepatan rata-rata dari gerak benda tersebut dalam satuan meter per sekon adalah...

Jawaban: 0,4 m/s ke timur

Pembahasan: 

Ruangguru Champion

Soal ini dapat kita jawab dengan menggunakan konsep bahwa kecepatan rata-rata suatu benda adalah sama dengan pembagian antara perpindahan total yang dialami bendanya dengan waktu tempuh totalnya, sehingga:

Ruangguru ChampionRuangguru Champion

Karena kecepatan rata-rata benda bernilai +, maka dapat disimpulkan arah dari kecepatan rata-rata bendanya adalah ke arah timur.

Gimana, apakah kamu berhasil menjawab pertanyaan seperti para Champion? Jangan mau kalah ya. Kamu juga lho sehebat mereka dengan terus belajar di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts