Prediksi Soal Pengetahuan Umum UTBK SBMPTN 2020

soal pengetahuan umum utbk sbmptn 2020

Artikel ini memberikan prediksi soal pengetahuan umum UTBK SBMPTN 2020 yang berisi soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

--

Salah satu tipe soal yang akan kamu hadapi pada UTBK SBMPTN 2020 nanti adalah soal Pengetahuan Umum. Tipe soal Pengetahuan Umum merupakan soal-soal gabungan antara soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Walaupun kadang kerap dianggap mudah, masih banyak peserta UTBK yang mendapatkan nilai kurang maksimal di mata pelajaran ini. Jangan sampai ini terjadi padamu! Ayo, berlatih soal-soal prediksi Pengetahuan Umum berikut ini.

Baca juga: Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS)

soal pengetahuan umum utbk sbmptn 2020

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1-4.

(1) Listrik merupakan kebutuhan primer bagi manusia. (2) Listrik sangat bermanfaat bagi keperluan pekerjaan di banyak tempat. (3) Terkadang, ketersediaan daya listrik berkurang sehingga sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir. (4) Pemadaman bergilir ini pastinya sudah banyak dialami oleh siapa pun. (5) Pemadaman juga memberikan dampak pada pengguna, apalagi pemadaman terjadi tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

(6) Dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya di antaranya adalah terlambatnya laju informasi. (7) Informasi melalui elektronik, seperti handphone, televisi, dan radio, akan sulit didapatkan. (8) Selain itu, terbengkalainya pekerjaan rumah sangat dialami bagi para ibu rumah tangga. (9) Hal itu disebabkan pekerjaan rumah tangga yang biasanya dilakukan dengan bantuan listrik, seperti mencuci dan menyetrika, akan terhambat. (10) Mati listrik juga menyebabkan banyak pengeluaran yang tak terduga, tidak adanya hiburan dari televisi atau radio, meningkatnya risiko tindakan kriminalitas dan para pekerja akan memiliki pekerjaan yang menumpuk.

(11) Dampak umum dari pemadaman listrik tersebut sebenarnya dapat diminimalisir jika memiliki sumber energi listrik seperti genset (generator set). (12) Genset merupakan mesin yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik. (13) Genset menghasilkan arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC) dan keduanya dapat digunakan untuk penerangan.   

(Diadaptasi dari https://www.abcpowergenset.com/dampak-dari-pemadaman-listrik-dan-solusinya/)

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

1. Apa gagasan utama paragraf kedua?
  1. Listrik memberikan dampak positif bagi penggunanya.
  2. Pemadaman listrik menghambat pekerjaan rumah.
  3. Dampak pemadaman listrik memiliki pengaruh yang bermanfaat bagi para penggunanya.
  4. Pemadaman listrik menghambat pekerjaan para penggunanya.
  5. Dampak pemadaman listrik bagi para penggunanya.

 

Jawaban : E

Pembahasan :

Gagasan utama sebuah paragraf terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama tersebut dapat berada di awal paragraf, di akhir paragraf, atau keduanya. Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat di awal paragraf. Sementara itu, kalimat berikutnya adalah kalimat penjelas. Kalimat utama paragraf kedua membicarakan dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya. Kalimat selanjutnya  menjelaskan tentang dampak-dampak dari pemadaman listrik.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

2. Kesalahan penulisan ditemukan pada kalimat ….
  1. (3)
  2. (5)
  3. (10)
  4. (11)
  5. (13)

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Pada kalimat (11) terdapat kesalahan penulisan kata. Kata minimalisir adalah kata yang tidak baku. Menurut KBBI Edisi V, kata baku dari minimalisir adalah minimalisasi. Dengan begitu, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

3. Apa kesimpulan teks tersebut?
  1. Pemadaman listrik bergilir berdampak pada penggunanya dan dapat diminimalisasi dengan penggunaan genset.
  2. Dampak pemadaman listrik bergilir disebabkan oleh ketersediaan daya listrik berkurang.
  3. Pemadaman listrik bergilir disebabkan oleh banyak faktor yang menimbulkan kerugian bagi penggunanya.
  4. Solusi dari pemadaman listrik bergilir agar dapat meminimalisasi dampak bagi para penggunanya.
  5. Genset adalah solusi utama bagi pemadaman listrik bergilir.

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Simpulan dalam sebuah teks harus mencerminkan topik dari bacaan. Topik dalam teks tersebut yaitu mengenai pemadaman listrik, dampak pemadaman listrik, dan solusinya. Dari keseluruhan isi teks dapat disimpulkan bahwa pemadaman listrik bergilir berdampak pada penggunanya dan dapat diminimalisasi dengan penggunaan genset.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

4. Bagaimana hubungan isi antarparagraf ke-2 dan ke-3 dalam teks di atas?
  1. Paragraf ke-3 merupakan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-2
  2. Paragraf ke-2 merupakan perbedaan penyebab yang dibahas pada paragraf ke-1
  3. Paragraf ke-3 memaparkan penyelesaian masalah dari paragraf ke-2
  4. Paragraf ke-2 merupakan fakta-fakta yang dipaparkan pada paragraf ke-3
  5. Paragraf ke-3 memerinci temuan yang dibahas pada paragraf ke-2

 

Jawaban : C

Pembahasan :

Pada paragraf kedua menunjukkan dampak-dampak dari pemadaman listrik yang dirasakan penggunanya. Selanjutnya, paragraf ketiga memaparkan penyelesaian masalah yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampak-dampak pemadaman listrik yang dibahas pada paragraf kedua. Jadi, jawaban C yang lebih tepat.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5-8!

Tanaman di halaman rumah tidak selalu ditanam langsung di tanah atau di pot. Ada model penanaman dalam bak tanaman. Bak ini dapat diletakkan di mana saja, seperti di bawah jendela, di salah satu sudut halaman, atau di depan pagar rumah. Bila diletakkan depan pagar, tanaman ini dapat mengurangi efek kaku dan membuat pagar tampak lebih hidup.

Bak tanaman umumnya dibuat dari bata yang dilapis cat atau ditempeli batu alam. Keunggulan bila meggunakan batu alam, tampilan bak lebih natural dan bentuknya tidak kaku. Akan tetapi, biaya yang harus dikeluarkan lebih besar bila dibandingkan dengan bak yang dilapisi cat. Untuk ukurannya, bak tanaman dapat disesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia. Ada baiknya, ukuran bak jangan terlalu besar. Bak yang terlalu besar akan merusak tampilan rumah secara keseluruhan. Ukuran dari bak tanaman di depan pagar yang idealnya mempunyai ketinggian sekitar 40-60 cm dengan panjang sesuai panjang pagar sedangkan lebarnya adalah sekitar 20-30 cm.

Selain ukuran bak, yang perlu diperhatikan adalah system drainasenya. System drainase berfungsi untuk membuang kelebihan air yang diserap oleh tanah. Sebaiknya, buatlah saluran pembuangan daro pipa PVC dengan diameter sekitar ¾ inci. Pipa ini dipasang di dalam bata dan menembus keluar. Hendaknya pipa pembuangan ini dibuat di kedua sisi bak.

Setelah bak dibuat, jangan langsung diberi media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Terlebih dahulu, berilah lapisan ijuk atau batu koral. Setelah itu, di atasnya taburkan pasir kasar, lapisan media tanam hingga penuh.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

5. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki paragraf ke-2 kalimat terakhir adalah ….
  1. Ukuran bak tanaman di depan pagar yang ideal mempunyai ketinggian 40-60 cm dengan panjang sesuai pagar, sedang lebarnya 20-30 cm.
  2. Ukuran dari bak tanaman di depan pagar yang ideal mempunyai tinggi 40-60 cm dengan panjang sesuai panjang pagar, dan lebarnya adalah 20-30 cm.
  3. Ukuran bak tanaman di depan pagar idealnya mempunyai tinggi sekitar 40-60 cm, panjangnya sepanjang pagar, sedangkan lebar adalah sekitar 20-30 cm.
  4. Ukuran bak tanaman di depan pagar yang ideal mempunyai tinggi 40-60 cm, panjang sesuai panjang pagar, dan lebar 20-30 cm.
  5. Ukuran dari bak tanaman di depan pagar idealnya mempunyai ketinggian sekitar 40-60 cm dengan panjang sesuai pagar, sedangkan lebarnya sekitar 20-30 cm.

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Kalimat terakhir pada paragraf kedua memuat kalimat yang tidak efektif. Ketidak efektifan tersebut disebabkan oleh tidak tepatnya penggunaan diksi (pilihan kata), yakni penggunaan kata dari, penggunaan kata ganti -nya, penggunaan imbuhan ke-an, dan penggunaan kata adalah. Dengan demikian, perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah Ukuran bak tanaman di depan pagar yang ideal mempunyai tinggi 40-60 cm, panjang sesuai panjang pagar, dan lebar 20-30 cm. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

6. Gagasan utama paragraf pertama pada teks di atas adalah ….
  1. Penempatan tanaman dapat dilakukan di pot atau tanah
  2. Tanaman dapat ditanam dengan berbagai cara
  3. Model penanaman tanaman di bak tanaman memiliki berbagai efek
  4. Peletakan bak tanaman dapat dilakukan di berbagai tempat strategis
  5. Penanaman tanaman di depan pagar mengurangi efek kaku

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Gagasan utama merupakan topik paragraf yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama paragraf pertama pada teks di atas menginformasikan bahwa Tanaman di halaman rumah tidak selalu ditanam langsung di tanah atau di pot. Kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama bahwa tanaman dapat ditanam dengan berbagai cara. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

7. Kelemahan paragraf ke-4 pada teks di atas adalah ….
  1. Gagasan utama terletak di tengah paragraf
  2. Tidak memiliki gagasan utama
  3. Kalimat penjelas saling bertentangan
  4. Paragraf mengandung kalimat sumbang
  5. Gagasan utama lebih dari Satur

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Kelemahan paragraf ke-4 pada teks di atas sebabkan paragraf tersebut tidak memiliki gagasan utama. Hal ini terjadi karena ketiga kalimat pada paragraf tersebut menggunakan konjungsi temporal yang menyatakan urutan kerja, langkah-langkah, atau menggambarkan proses. Oleh karena itulah, paragraf tersebut tidak memiliki gagasan utama karena setiap kalimatnya berupa penjelasan atau keterangan.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

8. Simpulan yang paling tepat untuk teks di atas adalah ….
  1. Model penanaman tanaman yang baik dapat dilakukan dengan cara menanam langsung di tanah atau secara tidak langsung di dalam pot dan bak tanaman
  2. Bak tanaman dapat diletakkan di tempat-tempat yang strategis sesuai kebutuhan pemiliknya dengan memperhatikan nilai-nilai estetika sehingga tampak lebih hidup
  3. Bak tanaman yang terbuat dari batu alam memerlukan biaya lebih besar dibandingkan dengan bak tanaman yang terbuat dari bata yang dicat
  4. Bak tanaman, pada umumnya, berbahan dasar batu bata yang dicat atau ditempeli batu alam, berukuran sesuai dengan kebutuhan, dan bersistem drainase yang baik
  5. Ukuran bak tanaman harus sesuai dengan kebutuhan rumah sehingga tampilannya menjadi lebih indah dan sistem drainasenya harus dibuat lebih baik lagi

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Simpulan paragraf haruslah selaras dengan topik paragraf serta merangkum keseluruhan teks. Paragraf pertama berisi tentang berbagai cara penanaman tanaman. Paragraf kedua tentang keunggulan dan kelemahan material yang digunakan untuk membuat bak tanaman, sedangkan paragraf ketiga dan keempat berupa penjelasan dan langkah-langkah pembuatan. Oleh karena itu, simpulan yang paling tepat untuk teks di atas adalah Model penanaman tanaman yang baik dapat dilakukan dengan cara menanam langsung di tanah atau secara tidak langsung di dalam pot dan bak tanaman yang terdapat pada pilihan A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal  9-12.

(1) Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah menemukan ratusan suplemen over-the-counter (OTC) dicampur dengan obat yang tak disetujui. (2) Hal ini diketahui berdasarkan tes yang dilakuakn FDA . (3) Namun, badan tersebut tak mengeluarkan penarikan pada obat-obatan tersebut. (4) Sebagian besar produk yang dijual adalah obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan. 

(5) Para peneliti di Departemen Makanan dan Pertanian California (FD) menemukan bahwa lebih dari 775 konon suplemen alami mengandung versi lebih murah dari bahan-bahan yang di iklankan atau senyawa farmasi yang memerlukan resep. (6) Tetapi, FDA hanya menarik setengah dari jumlah itu. (7) Para ahli menyerang FDA karena membiarkan produk-produk tercemar ini masuk dan tetap berada di pasar, menyebut bukti penelitian tentang 'melalaikan tugas'.  (8) Pada 2017, pasar suplemen mampu menembus angka 13,4 miliar dolar AS atau Rp 201 triliun dan pasar diprediksi akan terus naik.  (9) Dengan jenis, merek, dan vendor yang tak terhitung jumlahnya di luar sana, industri suplemen membuat FDA kewalahan. 

(Diadaptasi dari https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/10/15/pgmojk349-ratusan-suplemen-alami-ternyata-berbahan-obat-eksperimen)

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

9. Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat dalam kalimat ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (4)
  4. (6)
  5. (9)

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Kalimat (6) menggunakan tetapi di awal kalimat. Hal ini tidak tepat karena tetapi tidak boleh diletakkan di awal kalimat. Jadi jawaban yang tepat yaitu D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

10. Kata menembusdalam kalimat (8) bermakna ….

  1. mengeluarkan
  2. menerobos
  3. melampaui
  4. melewati
  5. mencapai

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Kata menembus dalam KBBI V berarti keluar pada celah-celah permukaan; melewati. Jadi jawaban yang tepat yaitu D karena sesuai dengan pengertiannya yaitu melewati. Selain itu kata melewati sesuai dengan pembahasan pada kalimat (8), jika disesuaikan kalimat tersebut menjadi “Pada 2017, pasar suplemen mampu melewati angka 13,4 miliar dolar AS atau Rp 201 triliun dan pasar diprediksi akan terus naik.” sesuai dengan pembahannya kalimat tersebut.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

11. Ide pokok paragraf pertama adalah ….

  1. Penemuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat
  2. Telah ditemukan ratusan suplemen over-the-counter (OTC)
  3. Penarikan obat-obat terlarang di pasar
  4. Tes yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat
  5. Obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan ditarik dari pasar

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Ide pokok merupakan ide utama yang ingin disampaikan oleh suatu teks. Dalam teks di atas paragraf pertama menjeleskan sebuah temenuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat yang kemudian menjadi bahan pembahasan pada kalimat-kalimat selanjutnya.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

12. Pernyataan manakah yang sesuai dengan isi teks di atas?

  1. Obat lebih murah tidak boleh dijual dipasaran karena berbahaya
  2. Penelitian menunjukkan bahwa obat yang dijual di pasar terdapat obat yang mengandung bahan berbahaya.
  3. Obat yang dilarang dijual yaitu obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan.
  4. Industri suplemen banyak yang menjual obat dengan bahan senyawa farmasi
  5. FDA diprotes karena membiarkan penjualan produk-produk tercemar ada di pasar.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Jawaban A tidak tepat karena yang tidak boleh dijual di pasar yaitu obat murah yang berbahan senyawa farmasi yang hanya bisa diperoleh dengan resep. Jawabn B tidak tepat karena tidak adanya argumen yang menyatakan obat yang dijual di pasar itu berbahaya. Jawaban C kurang tepat karena obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan hanya disebutkan sebagai obat yang banyak di jual di pasar. Jawaban D tidak tepat karena tidak adanya argumen mengenai produksi yang dijual industri suplemen. Jadi, pilihan jawaban E lebih tepat karena dapat dibuktikan dari kalimat “Para ahli menyerang FDA karena membiarkan produk-produk tercemar ini masuk dan tetap berada di pasar, menyebut bukti penelitian tentang melalaikan tugas.”

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

This passage is for number 13 to 16.

There is a famous expression in English: "Stop the world, I want to get off!" This expression refers to a feeling of panic, or stress, that makes a person want to stop whatever they are doing, try to relax, and become calm again. 'Stress' means pressure or tension. It is one of the most common causes of health problems in modern life. Too much stress results in physical, emotional, and mental health problems.

There are numerous physical effects of stress. Stress can affect the heart. It can increase the pulse rate, make the heart miss beats, and can cause high blood pressure. Stress can affect the respiratory system. It can lead to asthma. It can cause a person to breathe too fast, resulting in a loss of important carbon dioxide. Stress can affect the stomach. It can cause stomach aches and problems digesting food. These are only a few examples of the wide range of illnesses and symptoms resulting from stress.

Emotions are also easily affected by stress. People suffering from stress often feel anxious. They may have panic attacks. They may feel tired all the time. When people are under stress, they often overreact to little problems. For example, a normally gentle parent under a lot of stress at work may yell at a child for dropping a glass of juice. Stress can make people angry, moody, or nervous.

Long-term stress can lead to a variety of serious mental illnesses. Depression, an extreme feeling of sadness and hopelessness, can be the result of continued and increasing stress. Alcoholism and other addictions often develop as a result of overuse of alcohol or drugs to try to relieve stress. Eating disorders, such as anorexia, are sometimes caused by stress and are often made worse by stress. If stress is allowed to continue, then one's mental health is put at risk.

It is obvious that stress is a serious problem. It attacks the body. It affects the emotions. Untreated, it may eventually result in mental illness. Stress has a great influence on the health and well-being of our bodies, our feelings, and our minds. So, reduce stress: stop the world and rest for a while.

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Extracting Core Information

13. What does the text mainly deal with?
  1. People with physical, emotional and mental illness
  2. The causes of stress and its prevention
  3. Stress and how to handle it
  4. The effect of stress on health
  5. Stress and depression

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Pada paragraf pertama, penulis memperkenalkan suatu ungkapan yang berkaitan dengan stress beserta artinya. Penulis mengatakan bahwa stress adalah penyebab penyakit yang paling umum di kehidupan modern. Terlalu banyak stress dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik, emosi dan kejiwaan. Pada paragraf kedua, penulis membahas tentang sejumlah masalah kesehatan fisik yang diakibatkan oleh stress, misalnya masalah pada tekanan darah dan sistem pernapasan. Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan tentang pengaruh stress terhadap emosi seseorang. Pada paragraf keempat, penulis menjelaskan bahwa stress berkepanjangan berpengaruh terhadap kesehatan mental atau kejiwaan. Pada paragraf terakhir, penulis menegaskan kembali bahwa stress itu menyerang fisik, perasaan (emosi) dan kejiwaan seseorang. Dari poin-poin tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa secara umum, teks tersebut membahas tentang efek buruk dan stress terhadap kesehatan, baik itu kesehatan fisik, emosi dan kejiwaan. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Extracting Core Information

14. The writer of the text intends to….
  1. explain the bad effects of stress
  2. convince the readers to avoid being under stress
  3. identify people who are under stress
  4. prove the bad influences of stress on health
  5. point out how dangerous the stress is

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Pada paragraf pertama, penulis memperkenalkan suatu ungkapan yang berkaitan dengan stress beserta artinya. Penulis mengatakan bahwa stress adalah penyebab penyakit yang paling umum di kehidupan modern. Terlalu banyak stress dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik, emosi dan kejiwaan. Pada paragraf kedua, penulis membahas tentang sejumlah masalah kesehatan fisik yang diakibatkan oleh stress, misalnya masalah pada tekanan darah dan asma. Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan tentang pengaruh stress terhadap emosi seseorang. Pada paragraf keempat, penulis menjelaskan bahwa stress berkepanjangan berpengaruh terhadap kesehatan mental atau kejiwaan. Pada paragraf terakhir, penulis menegaskan kembali bahwa stress itu menyerang fisik, perasaan (emosi) dan kejiwaan kita. Lalu perhatikan kalimat terakhir teks. penulis mengatakan “So, reduce stress: stop the world and rest for a while.” yang artinya “Jadi, kurangilah stress: Berhenti memikirkan dunia ini dan beristirahatlah sejenak.” Maka dapat disimpulkan, bahwa dengan menjelaskan dampak buruk stress, penulis ingin pembaca berhenti, mengurangi, atau menghindari keadaan stress karena buruk sekali dampaknya bagi kesehatan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Understanding Specific Information

15. Why does the writer mention depression, extreme feeling of sadness and hopelessnessin paragraph 4?

  1. To further explain the effect of stress on health.
  2. To exemplify the effect of stress on mental health.
  3. To imply the relation between mental illness and stress.
  4. To highlight the risk of mental illness caused by stress.
  5. To mention other examples of mental health problems.

 

Jawaban : B

Pembahasan :

“Long-term stress can lead to a variety of serious mental illnesses. Depression, an extreme feeling of sadness and hopelessness, can be the result of continued and increasing stress.”  artinya “Stress jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit mental (kejiwaan) yang serius. Depresi, perasaan sedih dan putus asa yang ekstrim, bisa menjadi akibat dari stress yang berkelanjutan dan meningkat.” Dari kedua kalimat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa penulis menyebutkan depresi, perasaan sedih dan putus asa yang ekstrim sebagai contoh penyakit mental yang bisa timbul akibat stress. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Understanding Specific Information

16. The writer believes that…
  1. gentle parents may sometimes yell at their child due to trivial mistakes
  2. an extreme feeling of sadness and hopelessness can put someone’s life at risk
  3. people’s health in these modern days  is greatly affected by their control of stress
  4. serious mental illness caused by stress can be treated with mental therapy
  5. physical health problems such as asthma and high blood pressure must be associated with stress

 

Jawaban : C

Pembahasan :

Pada paragraf pertama, penulis mengatakan “It is one of the most common causes of health problems in modern life.” yang artinya “Stress adalah salah satu penyebab masalah kesehatan yang paling umum dalam kehidupan modern.” Kalimat ini menunjukkan keyakinan penulis bahwa kesehatan orang-orang di jaman modern sekarang ini sangat dipengaruhi oleh control mereka terhadap stress.”  Jadi, jawaban yang benar adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

This passage is for number 17 to 18.

Long before the arrival of Europeans on the Canadian prairie (the wide grasslands of what is now called Alberta, Saskatchewan and Manitoba), the First Nations people lived in a harmonious relationship with their natural surroundings. Every item of their culture, from sewing needles to homes was obtained from nature. Their homes were called teepees and were like large tents made from the skins of deer. These people - tribes with names like the Blackfoot, the Peigan and the Blood people - were nomadic, which means that they travelled from place to place following the animals they hunted or the growth of the berries and fruits on the bushes and trees.

They had horses, although horses came to North America after escaping from the Spanish explorers who brought them here to explore the areas around Mexico and Texas. Boys and girls were both expert riders. They did not use saddles or reins or stirrups; they rode "bareback". Their clothes were made from deer skins and buffalo skins and decorated with the parts of other animals - tails from squirrels and gophers, quills from porcupines and the delicate bones of birds.

These children of nature did not ever have to go to school. They did not have to study to get into a prestigious college, nor did they have to worry about finding a job after graduation. This does not mean their life was easy. The winters were very long and very cold and there were sometimes wars between tribes. There were also the very great dangers involved in the buffalo hunt. Warriors rode at top speed (with no saddle) beside the huge buffalo shooting arrows to bring them down. The chances of a buffalo turning suddenly or of falling off the horse were very great. We must remember that there were also no hospitals in those days.

Even so, the young people of the tribes must have enjoyed a very pleasant lifestyle: fishing and gathering berries in summer, hunting in the forests in the early morning, dancing around the fire at night and listening to the old people tell stories and legends from long ago.

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Extracting Core Information

17. The author organizes the ideas in the passage by…
  1. describing a culture of a nation and explaining its chronological development
  2. explaining a habit of a nation and discussing how it affected the nation’s young people lifestyle
  3. stating  the relation of a nation to the nature and providing more detailed descriptions
  4. arguing the importance of the nature to a nation and providing some proofs and examples
  5. illustrating the relation of a nation to nature followed by the its healthy and pleasant lifestyle  

 

Jawaban : C

Pembahasan :

Pada paragraf pertama, penulis menjelaskan bahwa sebelum kedatangan orang-orang Eropa ke padang rumput Kanada, orang-orang First Nations yang terdiri dari suku Blackfoot, Peigan dan Blood, hidup berdampingan secara harmonis dengan alam. Semua yang ada pada budaya mereka, mulai dari jarum jahit sampai rumah, diperoleh dari alam. Rumah mereka terbuat dari kulit rusa dan mereka juga masih nomaden. Lalu pada paragraf kedua, penulis menjelaskan bahwa mereka (orang-orang First Nations) memiliki kuda. Perempuan dan laki-laki sama ahlinya dalam berkuda. Mereka tidak memakai pelana, kekang atau sanggurdi, mereka menunggang kuda tanpa memakai pelana. Pakaian mereka terbuat dari kulit rusa dan kulit kerbau. Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan bahwa anak-anak dari kelompok tersebut tidak bersekolah. Tapi bukan berarti hidup mereka mudah. Banyak bahaya yang mengintai, misalnya saat musim dingin yang panjang atau saat menunggang kuda ketika berburu kerbau. Lalu pada paragraf terakhir, penulis menyatakan bahwa orang-orang muda di suku tersebut memiliki gaya hidup yang menyenangkan. Mereka bisa menangkap ikan, mengumpulkan beri pada musim panas, berburu di hutan di pagi hari, menari di sekitar api pada malam hari dan mendengarkan dongeng dari para tetua mereka. Paragraf ke 2, 3 dan ke 4 merupakan contoh serta penjelasan singkat betapa dekatnya bangsa First Nations dengan alam seperti yang dikemukakan oleh penulis pada paragraf pertama. Maka dapat dikatakan bahwa penulis menyusun gagasan dalam bacaan tersebut dengan C. menyatakan hubungan antara sebuah kelompok masyarakat/bangsa (First Nations) dengan alam, lalu memberikan gambaran yang lebih detail.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Understanding Specific Information

18. In which paragraph(s) does the author explain the hardships encountered by the Blackfoot, the Peigan and the Blood people?
  1. 1
  2. 1 and 3
  3. 2 and 3
  4. 3
  5. 2 and 4

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Pada paragraf pertama, penulis menjelaskan bahwa sebelum kedatangan orang-orang Eropa ke padang rumput Kanada, orang-orang First Nations yang terdiri dari suku Blackfoot, Peigan dan Blood,  hidup berdampingan secara harmonis dengan alam. Semua yang ada pada budaya mereka, mulai dari jarum jahit sampai rumah, diperoleh dari alam. Rumah mereka terbuat dari kulit rusa dan mereka juga masih nomaden. Lalu pada paragraf kedua, penulis menjelaskan bahwa mereka (orang-orang First Nations) memiliki kuda. Perempuan dan laki-laki sama ahlinya dalam berkuda. Mereka tidak memakai pelana, kekang atau sanggurdi, mereka menunggang kuda tanpa memakai pelana. Pakaian mereka terbuat dari kulit rusa dan kulit kerbau. Pada paragraf ketiga, penulis menjelaskan bahwa anak-anak dari kelompok tersebut tidak bersekolah. Tapi bukan berarti hidup mereka mudah. Banyak bahaya yang mengintai, misalnya saat musim dingin yang panjang atau saat menunggang kuda ketika berburu kerbau. Lalu pada paragraf terakhir, penulis menyatakan bahwa orang-orang muda di suku tersebut memiliki gaya hidup yang menyenangkan. Mereka bisa menangkap ikan, mengumpulkan beri pada musim panas, berburu di hutan di pagi hari, menari di sekitar api pada malam hari dan mendengarkan dongeng dari para tetua mereka. Dari penjelasan tersebut, kita tahu bahwa penulis menjelaskan kesulitan-kesulitan hidup yang dialami oleh bangsa First Nations (suku Blackfoot, Peigan dan Blood) pada paragraf ke-3. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

This passage is for number 19 to 20.

Most bees lead solitary lives. After mating, females dig or find suitable nests in soil or wood. They begin visiting flowers, making dozens of trips for pollen and nectar. Sugar from nectar provides ‘flight fuel’ for their trips to and from the nest. The proteins and amino acids in pollen are vital nutrients needed for the young bees (larvae).

Females lay eggs on masses of pollen mixed with nectar within unshaped earthen nest cells. The eggs hatch and the grub-like larvae devour the food placed for them. Over a period of weeks they eat pollen, defecate, and pupate, often spinning a silk cocoon. The new adult generation may emerge then or during the spring or summer of the coming year.

Solitary bees use diverse building materials for their nests: leaves, mud, sand, stones, plant resins, downy plant fibers, even abandoned snail shells. Because of the materials they collect, solitary bees are often called carpenter bees, mason bees, leafcutter bees, carder, or plasterer bees.

About 20% of the world’s more than 20,000 species of bees are social. They live communally in colonies of hundreds to tens of thousands of individuals. Each colony has one queen who is the mother of sterile daughters (the worker bees) and a few males called drones.

The best-known social bee around the world is the honey bee (Apis mellifera). Originally native to Europe, honey bees traveled with their human caretakers and now are found worldwide. Another well-known group is the fuzzy and charismatic black-and-yellow bumblebee (Bombus spp.). The sacred stingless bees (Melipona and Trigona) kept by both the ancient and modern Maya also live as highly social colonies, producing a surplus of honey.

Social bees don’t specialize in a particular floral color or shape - their forte is finding and exploiting rich sources of nectar and pollen. In fact, their efficiency and numbers can cause problems for the solitary bees that land on flowers that honey bees have depleted. Honey bees communicate through a waggle dance in which scout bees return to the nest and inform other bees about the distance and direction to a newly discovered flower patch.

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Understanding Specific Information

19. According to the passage, what is TRUE about social bees?
  1. They live by themselves and their larvae.
  2. They do not live in colonies.
  3. They have defined roles and must cooperate with each other. 
  4. They are called carpenter bees for the material they collected.
  5. They aren’t found worldwide since they don’t travel with human caretakers.

 

Jawaban : C

Pembahasan :

Social bees dibahas pada paragraf 4, 5 dan 6 sehingga informasi yang terdapat pada paragraf 1, 2 dan 3 bukan mengenai social bees. Jadi A dan D salah. Pilihan B artinya “Mereka tidak hidup berkelompok.” Pilihan ini salah berdasarkan kalimat “They live communally….” Pada paragraf 4. Pilihan E salah berdasarkan kalimat “…, honey bees traveled with their human caretakers and now are found worldwide.” pada paragraf 5. Honey bee adalah salah satu jenis dari social bees. Jadi, pilihan yang benar adalah C. Mereka telah membagi peran dan semuanya harus bekerja sama satu sama lain. Kesimpulan ini didukung kalimat “Each colony has one queen who is the mother of sterile daughters (the worker bees) and a few males called drones.” pada paragraf 4 yang artinya “Setiap kelompok memiliki satu ratu yang menjadi ibu dari strille daughters (lebah pekerja) dan beberapa jantan yang disebut drones. Jadi, dari kalimat tersebut, kita dapat mengetahui bahwa pada social bees ada yang berperan sebagai ratu untuk melahirkan lebah-lebah muda dan ada yang berperan sebagai lebah pekerja untuk mencari makanan untuk ratunya dan kelompok tersebut. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Topik : Pengetahuan Umum

Subtopik : Extracting Core Information

20. The author’s attitude towards the topic of the passage is…
  1. Neutral
  2. Informative
  3. Indifferent 
  4. Critical
  5. Concerned

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Dalam teks tersebut, penulis memberikan penjelasan dan informasi tentang social bees dan solitary bees. Dari keseluruhan paragraf kita dapat menemukan informasi tentang perbedaan kedua jenis lebah tersebut sehingga sikap penulis terhadap topik bacaan adalah B. informative bukan neutral (netral), indifferent (acuh tak acuh), critical (kritis) atau concerned (khawatir/perhatian). 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS

Kamu mau berlatih dengan soal UTBK apa lagi nih? Tulis di kolom komentar ya! Kamu juga masih bisa lho berlatih dengan ribuan soal lainnya di bank soal aplikasi Ruangguru. Perdalam juga pemahaman konsep kamu melalui video beranimasi di ruangbelajar. Kamu bisa berlangganan paket khusus SBMPTN untuk melihat ratusan video penjelasan materi dan video penjelasan soal TPS. 

TPS UTBK 2020

Beri Komentar