Contoh Soal Penalaran Umum TPS UTBK 2024 & Pembahasannya

Contoh Soal Penalaran Umum TPS UTBK 2023

Yuk, tingkatkan persiapanmu dengan kumpulan contoh soal TPS UTBK 2024 untuk subtes Penalaran Umum beserta pembahasannya di bawah ini. Selamat mengerjakan!

 

1. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

 

Perhatikan teks berikut!

Melihat kucing tiba-tiba mengonsumsi rumput menimbulkan rasa kekhawatiran. Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya.

Handayani, R. (2021). Jika Kucing Lucumu Makan Rumput, Jangan Dicegah. Ini Alasannya!. Diambil 17 Desember 2021 dari https://bangka.sonora.id/read/502604161/jika-kucing-lucumu-makan-rumput-jangan-di-cegah-ini-alasannya?page=all.

 

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERKUAT hasil penelitian tersebut?

  1. Rumput menjadi makanan sehat bagi kucing karena mudah dicerna.
  2. Kucing yang muntah setelah memakan rumput memiliki usia yang lebih panjang.
  3. Kucing yang memakan rumput memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya.
  4. Pemilik kucing rajin memberikan rumput untuk membersihkan cacing parasit pada kucing.
  5. Pemilik kucing mencegah kucingnya untuk memakan rumput karena rumput tidak dapat dicerna kucing.

 

Pernyataan yang memperkuat adalah pernyataan yang bersifat mendukung. Hasil penelitian mengatakan bahwa kucing memakan rumput karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya. Berikut ini adalah hasil analisis dari setiap pilihan jawaban terhadap hasil penelitian.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak sesuai dengan hasil penelitian. Rumput dapat dikatakan menjadi obat bagi kucing untuk membersihkan pencernaannya karena rumput sulit dicerna sehingga pernyataan pada pilihan jawaban A tidak memperkuat hasil penelitian.

Pilihan jawaban B tepat karena menurut hasil penelitian, rumput yang dimakan kucing akan membuat kucing muntah sehingga dapat membersihkan pencernaannya. Dengan bersihnya pencernaan dan terbebas dari cacing parasit, kucing akan memiliki usia hidup yang lebih panjang. Oleh karena itu, pernyataan pada pilihan jawaban B memperkuat hasil penelitian.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena tidak memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menjelaskan tentang manfaat rumput bagi kebersihan pencernaan kucing, sedangkan pilihan jawaban C membahas tentang kucing yang memakan rumput memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak sesuai dengan hasil penelitian. Dalam hasil penelitian tidak dijelaskan mengenai pemilik kucing yang memberikan rumput untuk makan kucing. Dalam teks juga dikatakan bahwa tak jarang pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Artinya, kucing tidak diberikan makan rumput oleh pemiliknya, melainkan memakannya sendiri.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menjelaskan manfaat memakan rumput bagi kucing, sedangkan pernyataan pada pilihan jawaban E menjelaskan keadaan yang dikatakan pada kalimat kedua dalam teks.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

separator contoh soal tps utbk 2024

2. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

 

Perhatikan grafik berikut!

1-Jan-10-2023-11-08-27-1019-AM

n.n. (2021). Realisasi Investasi dan Penyerapan Tenaga Kerja, 2013—2021. Diambil 15 Desember 2021 dari https://lokadata.id/data/realisasi-investasi-dan-penyerapan-tenaga-kerja-2013-2021-1627440834.

Pernyataan yang paling sesuai berdasarkan grafik tersebut adalah …

  1. Pada tahun 2020, persentase peningkatan penyerapan tenaga kerja lebih rendah daripada persentase peningkatan realisasi investasi.
  2. Pada tahun 2021, realisasi investasi mengalami penurunan yang cukup drastis.
  3. Penurunan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2021.
  4. Perubahan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2014.
  5. Realisasi investasi akan selalu meningkat setiap tahunnya.

 

Grafik tersebut menunjukkan angka realisasi investasi dan penyerapan tenaga kerja dari tahun 2013 sampai dengan bulan Juni 2021. Untuk menjawab soal pernyataan paling sesuai berdasarkan grafik, maka periksa masing-masing kesesuaian pilihan jawaban dengan grafik.

Pilihan jawaban A tidak tepat. Berikut ini merupakan perhitungan untuk mencari persentase peningkatan penyerapan tenaga kerja tahun 2020.

2-Jan-10-2023-11-08-27-0862-AM

Kemudian, berikut ini adalah perhitungan untuk mencari persentase peningkatan realisasi investasi tahun 2020.

3-Jan-10-2023-11-08-27-0773-AM

Dengan demikian, pada tahun 2020, persentase peningkatan penyerapan tenaga kerja lebih tinggi daripada persentase peningkatan realisasi investasi, bukan lebih rendah. Oleh karena itu, pernyataan pilihan jawaban A tidak sesuai berdasarkan grafik.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena berdasarkan grafik, data tahun 2021 belum sepenuhnya ada sehingga belum mewakili keseluruhan tahun 2021 dan tidak dapat ditentukan apakah realisasi investasi mengalami penurunan yang cukup drastis atau tidak. Dengan demikian, pernyataan pilihan jawaban B kurang sesuai berdasarkan grafik.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena berdasarkan grafik, data tahun 2021 belum sepenuhnya ada sehingga belum mewakili keseluruhan tahun 2021 dan tidak dapat ditentukan apakah penurunan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2021. Dengan demikian, pernyataan pilihan jawaban C kurang sesuai berdasarkan grafik.

Pilihan jawaban D tepat. Berikut ini adalah perhitungan masing-masing perubahan penyerapan tenaga kerja setiap tahunnya (fokus pada diagram garis yang menunjukkan banyaknya penyerapan tenaga kerja).

Tahun 2021 tidak dapat dihitung karena datanya belum ada secara keseluruhan.

4-Jan-10-2023-11-08-27-1526-AM

Perubahan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2014, yaitu sebesar 0,40 juta orang. Dengan demikian, pernyataan pilihan jawaban D sesuai dengan grafik.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena berdasarkan grafik, data tahun 2021 belum sepenuhnya ada sehingga hanya dapat diprediksi. Realisasi investasi dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 memang selalu mengalami peningkatan sehingga dapat diprediksi bahwa realisasi investasi tahun 2021 akan mengalami peningkatan, tetapi hal ini belum dapat dipastikan. Oleh karena itu, pernyataan pada pilihan jawaban E mungkin saja benar, tetapi belum tentu paling sesuai berdasarkan grafik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal UTBK 2024 dan Pembahasannya

separator contoh soal tps utbk 2024

3. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

 

Perhatikan wacana berikut!

PT Eka Sari Lorena Transport Tbk mencatatkan bahwa keseluruhan nilai beban perusahaan dari layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) itu lebih tinggi ketimbang pendapatan pada masa pandemi. PT Weha Transportasi Indonesia Tbk, perusahaan layanan bus pariwisata, mengemukakan terjadinya perubahan pendapatan dari Rp71,9 miliar menjadi Rp70,5 miliar. Perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk, pendapatannya rontok 49,4 persen menjadi Rp2,1 triliun pada periode yang sama. Perusahaan taksi lain, PT Express Transindo Utama, berhasil menurunkan nilai kerugian pada 2020 lalu menjadi Rp53,2 miliar dari sebelumnya Rp276,1 miliar.

Firmansyah, L. M. (2021). Angkutan Darat Babak Belur Dihajar Pandemi, Menunggu Pelonggaran. Diambil 20 Desember 2021 dari https://lokadata.id/artikel/angkutan-darat-babak-belur-dihajar-pandemi-menunggu-pelonggaran.

Pernyataan berikut ini yang tepat untuk dijadikan KESIMPULAN dari wacana tersebut adalah …

  1. Transportasi publik menjadi salah satu sektor usaha yang ikut terdampak pandemi Covid-19.
  2. Pendapatan perusahaan bus pariwisata pada tahun pandemi menurun lebih dari 50 persen.
  3. Pendapatan perusahaan taksi tidak sebanding dengan beban perusahaan sehingga mengalami kerugian.
  4. Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), semua jenis transportasi darat mengalami kerugian.
  5. Penurunan kinerja semua perusahaan transportasi antarprovinsi disebabkan karena pelaksanaan pembatasan sosial.

 

Untuk mengetahui kesimpulan yang sesuai dengan wacana, dapat diperiksa masing-masing pernyataan pada pilihan jawaban.

Pilihan jawaban A tepat. Perhatikan bahwa empat perusahaan yang disebutkan pada wacana tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi publik. Kemudian, diceritakan bahwa masing-masing perusahaan mengalami kerugian yang ditandai dengan frasa “… beban perusahaanlebih tinggi ketimbang pendapatan“, “… perubahan pendapatan dari Rp71,9 miliar menjadi Rp70,5 miliar (terjadi penurunan).”, “… pendapatannya rontok …”, dan “… berhasil menurunkan nilai kerugian … (masih merugi)”. Selain itu, semua itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang melanda negeri.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena dikatakan perusahaan bus pariwisata, padahal ada perusahaan taksi juga yang pendapatannya juga menurun akibat pandemi. Frasa perusahaan bus pariwisata tidak meliputi frasa transportasi publik pada umumnya.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena dikatakan perusahaan taksi, padahal ada perusahaan bus juga yang mengalami kerugian akibat pandemi. Frasa perusahaan taksi tidak meliputi frasa transportasi publik pada umumnya.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena dikatakan semua jenis transportasi darat, padahal ada kereta api yang juga merupakan transportasi darat, tetapi tidak diceritakan apakah mengalami kerugian atau tidak.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena dikatakan penurunan kinerja semua perusahaan transportasi antarprovinsi, padahal bisa jadi terdapat perusahaan transportasi antarprovinsi yang tidak mengalami penurunan kinerja pada masa pelaksanaan pembatasan sosial.

Dengan demikian, pernyataan yang tepat untuk dijadikan KESIMPULAN berdasarkan wacana pada soal adalah Transportasi publik menjadi salah satu sektor usaha yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

separator contoh soal tps utbk 2024

4. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

 

Perhatikan teks berikut!

Ekspor nonmigas masih mendominasi total ekspor Indonesia, yakni mencapai US$22,84 miliar pada November 2021. Komoditas unggulan dalam ekspor nonmigas salah satunya adalah batu bara. Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.

Produksi batu bara bisa mencapai lebih dari 500 juta ton per tahun. Sementara itu, permintaan domestik masih rendah sehingga sebagian besar batu bara atau sekitar 70 persen batu bara nasional dikirim ke luar negeri. Kementerian ESDM mencatat bahwa realisasi ekspor batu bara Indonesia pada 2020 mencapai 405 juta ton atau melebihi target ekspor (102,5 persen) yang ditetapkan di awal sebesar 395 juta ton. Sepuluh negara tujuan ekspor batu bara meliputi China, India, Filipina, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, Thailand, dan Bangladesh.

n.n. (2021). Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia, Sawit hingga Batu Bara. Diambil 24 Desember 2021 dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211223135555-97-737817/komoditas-ekspor-unggulan-indonesia-sawit-hingga-batu-bara/2.

Manakah pernyataan berikut ini yang SESUAI dengan teks tersebut?

  1. Batu bara adalah komoditas terunggul dalam sektor ekspor nonmigas.
  2. Pada November 2021, ekspor komoditas batu bara mencapai US$22,84 miliar.
  3. Batu bara merupakan salah satu komoditas ekspor migas yang dikirim ke 10 negara tujuan.
  4. Permintaan pasar terhadap komoditas batu bara mendorong kenaikan produksi batu bara pada tahun mendatang.
  5. Pada tahun 2020, ekspor batu bara melebihi target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar sekitar 2,5% atau 10 juta ton batu bara.

 

Pernyataan yang SESUAI dengan teks pada soal adalah Pada tahun 2020, ekspor batu bara melebihi target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar sekitar 2,5% atau 10 juta ton batu bara. Hal ini berdasarkan kalimat “Kementerian ESDM mencatat bahwa realisasi ekspor batu bara Indonesia pada 2020 mencapai 405 juta ton atau melebihi target ekspor (102,5 persen) yang ditetapkan di awal sebesar 395 juta ton.” Dijelaskan bahwa ekspor batu baru melebihi target yang telah ditetapkan, yaitu 395 juta ton. Besarnya jumlah batu bara (dalam juta ton) yang melebihi dari target dapat dihitung sebagai berikut.

5-Jan-10-2023-11-08-27-1041-AM

Kemudian, persentasenya dapat dihitung sebagai berikut.

6-Jan-10-2023-11-08-27-1212-AM

Dari kalimat dan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2020, ekspor batu bara melebihi target sebesar 2,5% atau 10 juta ton. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban E sesuai dengan teks.

Selanjutnya, akan dijelaskan kenapa pernyataan yang lain tidak tepat.

Pilihan jawaban A tidak tepat berdasarkan kalimat “Ekspor nonmigas masih mendominasi total ekspor Indonesia, yakni mencapai US$22,84 miliar pada November 2021.” Dijelaskan bahwa US$22,84 merupakan nilai dari total ekspor komoditas nonmigas, bukan nilai ekspor batu bara. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban A tidak sesuai dengan teks.

Pilihan jawaban B tidak tepat berdasarkan kalimat “Komoditas unggulan dalam ekspor nonmigas salah satunya adalah batu bara.” Disebutkan bahwa batu bara merupakan salah satu komoditas ekspor nonmigas, bukan komoditas ekspor migas. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban B tidak sesuai dengan teks.

Pilihan jawaban C tidak tepat berdasarkan kalimat “… sementara permintaan domestik masih rendah ….” sehingga dapat disimpulkan bahwa permintaan dari dalam negeri atau pasar nasional masih rendah dibandingkan permintaan dari luar negeri atau pasar global. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban C tidak sesuai dengan teks.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak ada informasi yang berkaitan dengan produksi batu bara pada tahun mendatang sehingga pernyataan pada pilihan jawaban D tidak sesuai dengan teks.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

separator contoh soal tps utbk 2024

5. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)

 

Perhatikan teks berikut!

“Spider-Man: No Way Home” meraup 50 juta dolar AS (sekitar 719 miliar rupiah) di bioskop AS dan Kanada selama pekan penayangan perdananya. Hasil penjualan ini memecahkan rekor selama era pandemi. Analis box office memperkirakan total penerimaan domestik ‘No Way Home’ hingga akhir pekan mencapai 240 juta dolar AS. Ini sama saja menempatkan film ini di posisi lima besar film debut sepanjang masa.

“Film Spider-Man: No Way Home” menekankan pada dilema Parker setelah difitnah dan identitasnya dibongkar oleh Mysterio yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Kritikus film menyambut hangat kisah Parker dan kawan-kawan. Terbukti pada Jumat kemarin, 95 persen dari 220 ulasan di Rotten Tomatoes menilai positif “Spider-Man No Way Home”.

Tim CNN Indonesia. (2021). Spider-Man No Way Home Pecahkan Rekor di Pekan Debut Tayang. Diambil 21 Desember 2021 dari: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20211218100123-220-735589/spider-man-no-way-home-pecahkan-rekor-di-pekan-debut-tayang.

 

Pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan teks di atas adalah …

  1. Spider-Man: No Way Home mendapatkan 11 ulasan negatif di Rotten Tomatoes.
  2. Film “Spider-Man: No Way Home” adalah film dengan penjualan tertinggi di masa pandemi Covid-19.
  3. Penerimaan domestik “Spider-Man: No Way Home” hingga akhir pekan penayangan perdana diperkirakan mencapai 3,6 Triliun.
  4. “Spider-Man: No Way Home” menceritakan tentang masalah yang dialami Spider-Man setelah difitnah dan dibongkar identitasnya.
  5. Hingga akhir pekan penayangan perdananya, film “Spider-Man No Way Home” masuk dalam sepuluh besar film debut sepanjang masa.

 

Pernyataan yang TIDAK SESUAI dengan teks pada soal adalah Penerimaan domestik ‘Spiider-Man: No Way Home’ hingga akhir pekan penayangan perdana diperkirakan mencapai 3,6 Triliun. Hal ini berdasarkan kalimat, “Spider-Man: No Way Home meraup 50 juta dolar AS (sekitar 719 miliar rupiah) …” dan “Analis box office memperkirakan total penerimaan domestik ‘No Way Home’ hingga akhir pekan mencapai 240 juta dolar AS.” Perkiraan penerimaan domestik yang didapatkan dapat dihitung dengan cara sebagai berikut.

7-Jan-10-2023-11-08-27-0609-AM

Jadi, bukan mencapai 3,6 triliun rupiah, melainkan sekitar 3,45 triliun rupiah.

Selanjutnya, akan dipastikan bahwa pernyataan yang lain sesuai dengan teks pada soal

Pernyataan pada pilihan A benar karena pada kalimat terakhir pada teks terdapat informasi, “Terbukti pada Jumat kemarin, 95 persen dari 220 ulasan di Rotten Tomatoes menilai positif Spider-Man No Way Home”. Hal tersebut berarti 5% dari 220 ulasan (11 ulasan) bernilai negatif.

Pernyataan pada pilihan B benar karena pada teks terdapat informasi, “Hasil penjualan ini memecahkan rekor selama era pandemi” sehingga dapat disimpulkan bahwa Film “Spider-Man: No Way Home” adalah film dengan penjualan tertinggi di masa pandemi Covid-19.

Pernyataan pada pilihan D benar karena pada teks terdapat informasi, “Film Spider-Man: No Way Home menekankan pada dilema Parker setelah difitnah dan identitasnya dibongkar oleh Mysterio …”. Informasi tersebut memiliki makna yang sama dengan pernyataan pada pilihan C bahwa Parker merupakan pemeran Spider-Man yang identitasnya dibongkar.

Pernyataan pada pilihan E benar karena pada teks terdapat informasi, “Ini sama saja menempatkan film ini di posisi lima besar film debut sepanjang masa”. Berada pada posisi lima besar berarti sudah pasti masuk dalam sepuluh besar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator contoh soal tps utbk 2024

6. Topik: Simpulan Logis

Subtopik: Konsep Kilat Simpulan Logis (NEW!)

 

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

Dinda tidak mengikuti kursus mengemudi atau Dinda dapat mengendarai mobil.

Jika Dinda dapat mengendarai mobil, maka Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.

Simpulan yang tepat dari dua pernyataan tersebut adalah …

  1. Dinda mengikuti kursus mengemudi atau Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.
  2. Dinda mengikuti kursus mengemudi atau Dinda tidak bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.
  3. Jika Dinda mengikuti kursus mengemudi, maka Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.
  4. Jika Dinda tidak mengikuti kursus mengemudi, maka Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.
  5. Jika Dinda tidak mengikuti kursus mengemudi, maka Dinda tidak bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut, akan dibuat dua pernyataan tersebut menjadi dua buah premis sebagai berikut.

Premis 1: Dinda tidak mengikuti kursus mengemudi atau Dinda dapat mengendarai mobil.

Premis 2: Jika Dinda dapat mengendarai mobil, maka Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta.

Selanjutnya, akan dibuat permisalan dari dua buah premis di atas sebagai berikut.

a: Dinda mengikuti kursus mengemudi

b: Dinda dapat mengendarai mobil

c: Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta

Berdasarkan permisalan tersebut, maka premis 1 dan 2 dapat dituliskan sebagai berikut.

8-Jan-10-2023-11-14-29-2850-AM

Karena premis 1 bukan berbentuk implikasi dan premis 2 sudah berbentuk implikasi, maka ubah dulu premis 1 menjadi bentuk implikasi untuk dapat menyimpulkan dua premis tersebut.

Ingat bahwa ~p v q ekuivalen dengan p q. Oleh karena itu, permisalan premis 1 di atas, dapat diubah menjadi ab. Kemudian, dengan menggunakan silogisme, maka diperoleh kesimpulannya sebagai berikut.

9-Jan-10-2023-11-14-29-3262-AM

Dengan demikian, simpulan yang dapat ditarik dari kedua premis tersebut adalah, “Jika Dinda mengikuti kursus mengemudi, maka Dinda bisa jalan-jalan ke Yogyakarta”.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator contoh soal tps utbk 2024

7. Topik: Penalaran Analitik

Subtopik: Konsep Kilat Penalaran Analitik (NEW!)

 

Berdasarkan data nilai matematika siswa di suatu sekolah, diketahui nilai Ahmad lebih tinggi dari nilai Bima. Nilai Dimas tidak lebih tinggi dari nilai Fina, tetapi lebih tinggi daripada nilai Erin. Nilai Bima sedikit lebih tinggi dari nilai Cici. Jika nilai Cici lebih tinggi dari nilai Fina, maka pernyataan berikut yang pasti benar adalah …

  1. Nilai kedua terendah didapat oleh Erin.
  2. Nilai Cici lebih rendah dari nilai Dimas.
  3. Nilai Dimas berada di urutan ketiga tertinggi.
  4. Fina memiliki nilai yang lebih tinggi daripada Ahmad.
  5. Dimas memiliki nilai yang lebih rendah dari nilai Bima.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Untuk menentukan pernyataan yang pasti benar berdasarkan teks tesebut, dibutuhkan urutan lengkap dari nilai-nilai tersebut.

Berdasarkan informasi pada soal, diketahui bahwa:

nilai Ahmad lebih tinggi dari nilai Bima,

nilai Bima sedikit lebih tinggi daripada nilai Cici,

nilai Cici lebih tinggi dari nilai Fina,

nilai Dimas tidak lebih tinggi dari Fina, dan

nilai Dimas lebih tinggi daripada nilai Erin.

Oleh karena itu, diperoleh urutan nilai dari yang tertinggi ke terendah sebagai berikut.

Ahmad – Bima – Cici – Fina – Dimas – Erin

Dengan demikian, pernyataan yang benar adalah Dimas memiliki nilai yang lebih rendah dari nilai Bima.

Alasan pilihan jawaban lain tidak tepat adalah sebagai berikut.

Pilihan jawaban A tidak tepat, karena nilai kedua terendah didapatkan oleh Bima, bukan Erin.

Pilihan jawaban B tidak tepat, karena nilai Ciri lebih tinggi dari nilai Dimas.

Pilihan jawaban C tidak tepat, karena Dimas berada diurutan kelima.

Pilihan jawaban D tidak tepat, karena Fina memiliki nilai lebih rendah dari Ahmad.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

separator contoh soal tps utbk 2024

8. Topik: Penalaran Kuantitatif

Subtopik: Konsep Kilat Penalaran Kuantitatif (NEW!)

 

Perhatikan pola bilangan berikut!

10-Jan-10-2023-11-14-29-3454-AM

Nilai x yang memenuhi pola bilangan tersebut adalah …

  1. 25
  2. 50
  3. 75
  4. 96
  5. 100

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan pola bilangan yang terbentuk berikut ini!

11-Jan-10-2023-11-14-29-4180-AM

Kemudian, perhatikan faktor pengali pada pola bilangan tersebut!

  • Pada bilangan 4 dan 20, faktor pengalinya adalah 5.
  • Pada bilangan 12 dan 48, faktor pengalinya adalah 4.
  • Pada bilangan 25 dan x, faktor pengalinya adalah a.
  • Pada bilangan 27 dan 54, faktor pengalinya adalah 2.
  • Pada bilangan 37 dan 37, faktor pengalinya adalah 1.

 

Faktor pengali pada pola setiap dua bilangan berkurang 1 dari faktor pengali sebelumnya. Akibatnya, faktor pengali dari 25 dan x berkurang 1 dari faktor pengali dari 12 dan 48, yaitu 3 sehingga didapat a = 3.

Dengan demikian, nilai x dapat ditentukan dengan mengalikan 25 dengan 3, yaitu 25 x 3 = 75.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator contoh soal tps utbk 2024

9. Topik: Penalaran Kuantitatif

Subtopik: Konsep Kilat Penalaran Kuantitatif (NEW!)

 

Perhatikan gambar berikut!

12-Jan-10-2023-11-14-29-4312-AM

Bilangan yang tepat untuk mengganti nilai X pada gambar tersebut adalah ….

  1. 24
  2. 28
  3. 32
  4. 36
  5. 40

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan pola yang terbentuk pada gambar berikut!

14-Jan-10-2023-11-14-29-4355-AM

Pola yang terbentuk pada gambar pertama ini adalah sebagai berikut.

13-Jan-10-2023-11-14-29-3927-AM

Dengan menggunakan pola yang sama dari gambar pertama, nilai X pada gambar kedua dapat ditentukan melalui perhitungan berikut.

15-Jan-10-2023-11-14-29-4134-AM

Dengan demikian, diperoleh nilai X adalah 32.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator contoh soal tps utbk 2024

10. Topik: Penalaran Kuantitatif

Subtopik: Konsep Kilat Penalaran Kuantitatif (NEW!)

Dari Kota B ke Pantai A, dibutuhkan waktu 8 jam dengan kecepatan rata-rata kendaraan adalah 50 km/jam. Jika ingin sampai lebih cepat 3 jam, maka kecepatan rata-rata yang dibutuhkan kendaraan tersebut adalah … km/jam.

  1. 65
  2. 80
  3. 90
  4. 100
  5. 120

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Dari soal diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai A dari Kota B adalah 8 jam dengan kecepatan rata-rata kendaraan 50 km/jam.

Untuk sampai lebih cepat 3 jam dari waktu semestinya, maka yang harus ditentukan terlebih dahulu adalah jarak dari Kota B ke Pantai A.

Untuk menentukan jarak dari Kota B ke Pantai A, dapat menggunakan rumus jarak

16-Jan-10-2023-11-14-29-4580-AM

Jarak Kota A ke Pantai B dapat ditentukan melalui perhitungan berikut.

17-Jan-10-2023-11-14-29-4522-AM

Kemudian, untuk sampai lebih cepat 3 jam, artinya harus sampai dalam waktu 5 jam.

Dengan demikian, kecepatan rata-rata yang dibutuhkan kendaraan agar sampai dalam waktu 5 jam dapat diperoleh melalui perhitungan berikut.

18-Jan-10-2023-11-14-29-4499-AM

Alternatif pembahasan

Misalkan v1 dan t1 berturut-turut adalah kecepatan rata-rata dan waktu perjalanan keadaan semula serta v2 dan t2 berturut-turut adalah kecepatan rata-rata dan waktu perjalanan keadaan terakhir, maka diperoleh nilai-nilai berikut.

19-Jan-10-2023-11-14-29-4821-AM

Dengan menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai, diperoleh kecepatan rata-rata yang dibutuhkan ketika waktu perjalanannya menjadi 5 jam sebagai berikut.

20-Jan-10-2023-11-14-29-4944-AM

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga: Contoh Soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2024 dan Pembahasannya

separator contoh soal tps utbk 2024

Teks berikut untuk nomor 11 dan 12!

COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan virus corona baru, telah menyebar ke setiap benua kecuali Antartika. Tidak terlalu lama setelah virus pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019, laboratorium mengalihkan pandangan mereka ke arah pengobatan. Namun, saat ini, tidak ada obat untuk virus corona COVID-19 ini, dan perawatan didasarkan pada jenis perawatan yang diberikan untuk influenza (flu musiman) dan penyakit pernapasan parah lainnya, yang dikenal sebagai “perawatan suportif,” menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), seperti dikutip dari Livescience, Senin (16/3/2020). Perawatan ini pada dasarnya mengobati gejala, yang sering dalam kasus COVID-19 melibatkan demam, batuk dan sesak napas. Dalam kasus-kasus ringan, ini mungkin berarti istirahat dan mengonsumsi obat penurun demam seperti acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi gejala.

Di rumah sakit, dokter dan perawat kadang-kadang merawat pasien COVID-19 dengan obat antivirus oseltamivir, atau tamiflu, yang tampaknya menekan reproduksi virus setidaknya dalam beberapa kasus. Ini agak mengejutkan, virolog Michigan Tech Ebenezer Tumban mengatakan kepada Live Science, karena tamiflu dirancang untuk menargetkan enzim pada virus influenza, bukan pada virus corona. National Institutes of Health telah memulai uji klinis di Pusat Medis Universitas Nebraska untuk menguji remdesivir antivirus untuk COVID-19, menurut pengumuman lembaga tersebut pada 25 Februari 2020. Di China, dokter juga sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati Ebola dan HIV, lapor Nature Biotechnology.

Ventilator meniupkan udara ke paru-paru melalui masker atau tabung yang dimasukkan langsung ke tenggorokan. Sebuah studi New England Journal of Medicine terhadap 1.099 pasien rawat inap dengan coronavirus di China menemukan bahwa 41,3% membutuhkan oksigen tambahan dan 2,3% membutuhkan ventilasi mekanik invasif. Glukokortikoid juga diberikan kepada 18,6% pasien infeksi virus Corona COVID-19. Pengobatan ini sering digunakan untuk mengurangi peradangan dan membantu membuka saluran udara selama penyakit pernapasan. Belum ada vaksin untuk virus corona yang menyebabkan COVID-19. Para ilmuwan sedang berupaya mengembangkan satu, kata Hilary Marston, seorang petugas medis dan penasihat kebijakan di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), mengatakan dalam webcast Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan, Senin (2 Maret).

Pada 14 Maret 2020, dokter di Seattle merekrut sukarelawan untuk berpartisipasi dalam uji klinis untuk vaksin eksperimental untuk COVID-19 yang sedang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Moderna Therapeutics. Namun, ahli etika biomedis khawatir bahwa langkah kritis dalam pengembangan vaksin mungkin terlewati. Untuk mempercepat vaksin, para peneliti tidak pertama-tama menunjukkan bahwa vaksin itu memicu respons kekebalan pada hewan, suatu langkah yang biasanya diperlukan sebelum pengujian pada manusia, Live Science sebelumnya melaporkan.

Sementara itu, para peneliti mulai menguji vaksin eksperimental pada tikus percobaan pada hari yang sama ketika mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis, lapor Stat News. Tikus-tikus itu memang menunjukkan respons kekebalan yang mirip dengan yang dipicu oleh vaksin eksperimental untuk virus korona MERS-CoV terkait. (Vaksin bekerja dengan mengatur sistem kekebalan tubuh Anda untuk mengenali virus seperti SARS-CoV-2 sebagai musuh dan melakukan serangan terhadapnya.). Meski begitu, dokter tidak yakin seberapa cepat “pelacakan cepat” ini akan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membawa vaksin semacam itu ke pasar. Sebelum vaksin eksperimental ini bekerja, Marston mengatakan tidak akan mengharapkan vaksin dalam waktu dekat.”Jika semuanya bergerak secepat mungkin, hal tercepat yang mungkin terjadi adalah sekitar satu setengah sampai dua tahun. Itu adalah perkiraan optimis,” kata Marston.

(Diadaptasi dari: liputan6.com/global/read/4202584/menanti-obat-dan-vaksin-virus-corona-covid-19-sudah-sejauh-mana)

 

11. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan paragraf kedua, pernyataan yang benar adalah …

  1. Perawatan pasien COVID-19 oleh dokter dan perawat di rumah sakit dilakukan dengan  antibakteri oseltamivir, atau tamiflu.
  2. Tamiflu dapat menekan virus dengan merusak materi genetik dan menekan reproduksi inang.
  3. Virus corona bukan merupakan target tamiflu, yang menjadi targetnya adalah virus influenza.
  4. National Institutes of Health telah memulai uji klinis di Pusat Medis Universitas Alaska yang melakukan pengujian terhadap remdesivir antivirus untuk COVID-19.
  5. Dokter sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati SARS dan HIV di China.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua terdapat pada pilihan jawaban C. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat kedua.

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang  tepat adalah perawatan pasien COVID-19 diakukan dengan antivirus oseltamivir, atau tamiflu.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  tamiflu dapat menekan virus dengan menekan reproduksi virus.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah  pusat medis Universitas Nebraska melakukan pengujian terhadap remdesivir antivirus  COVID-19.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang tepat adalah dokter sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati Ebola dan HIV di China.

 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator contoh soal tps utbk 2024

12. Topik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …

  1. COVID-19 yang merupakan penyakit pernapasan telah menyebar ke setiap benua termasuk Antartika.
  2. Saat ini sudah ada obat untuk virus corona COVID-19 ini dan perawatan yang dilakukan adalah jenis perawatan yang diberikan untuk influenza (flu musiman).
  3. Para dokter mulai menguji vaksin eksperimental pada tikus percobaan dan pada hari berikutnya mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis.
  4. Ahli etika biomedis khawatir bahwa langkah kritis dalam pengembangan vaksin mungkin terlewati.
  5. Glukokortikoid yang diberikan kepada 41,6% pasien infeksi virus corona, pengobatan ini juga sering digunakan untuk mengurangi peradangan dan membantu membuka saluran udara selama penyakit pernapasan.

 

Jawaban: D

Pembahasan: Pernyataan yang sesuai dengan paragraf 4 terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat kedua.

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi paragraf  pertama. Pernyataan yang  tepat adalah COVID-19 yang  telah menyebar ke setiap benua kecuali Antartika.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi paragraf  pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  saat ini tidak ada obat untuk virus corona COVID-19 ini.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf kelima. Pernyataan yang  tepat adalah  pada hari yang sama mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang tepat adalah glukokortikoid juga diberikan kepada 18,6% pasien infeksi Virus Corona COVID-19.

 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator contoh soal tps utbk 2024

Teks berikut untuk nomor 13 dan 14!

soal tps utbk

Kapal selam robot (Sumber: nextweb.com)

 

Angkatan Laut AS sedang mengembangkan kapal selam robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan yang dapat membunuh tanpa dikendalikan atau input manusia. Proyek ini dijalankan oleh Kantor Penelitian Angkatan Laut dan digambarkan sebagai ‘sistem senjata bawah laut otonom’ menurut sebuah laporan oleh New Scientist yang dikutip Daily Mail. Rincian kapal selam pembunuh itu telah tersedia sebagai bagian dari dokumen anggaran 2020, yang juga mengungkap bahwa kapal selam itu telah diberi nama CLAWS oleh Angkatan Laut AS. Sangat sedikit rincian proyek ‘rahasia’ yang telah terungkap selain fakta bahwa ia akan menggunakan sensor dan algoritma untuk menjalankan misi kompleks sendiri.

CLAWS diharapkan akan dipasang pada kapal selam robot kelas Orca baru yang memiliki 12 tabung torpedo dan sedang dikembangkan untuk Angkatan Laut oleh Boeing. Angkatan Laut belum mengungkap apa kepanjangan dari CLAWS atau mengomentari cerita itu. Satu-satunya informasi adalah apa yang telah dirilis ke kongres dalam dokumen anggaran. Kapal selam otonom sudah ada dan mereka dapat menyelesaikan tugas tanpa melibatkan manusia. Namun mereka tidak terlalu cerdas dan memiliki fungsi terbatas. Sesuatu yang lebih kompleks daripada tugas lokasi sederhana akan membutuhkan operator manusia untuk bekerja melalui tautan komunikasi jarak jauh.

Kapal selam baru ini akan memiliki tingkat kecerdasan buatan yang jauh lebih besar sehingga dapat melakukan berbagai fungsi yang lebih luas tanpa pengontrol manusia. CLAWS bukanlah barang baru, ini pertama kali terungkap pada tahun 2018 sebagai bagian dari upaya Angkatan Laut AS untuk ‘meningkatkan otonomi dan kemampuan bertahan dari kendaraan bawah laut tak berawak besar dan ekstra besar’, menurut New Scientist. Ketika pertama kali terungkap, tidak disebutkan bakal dilengkapi senjata, hanya perlu memiliki sensor dan membuat keputusan. Angkatan Laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang lebih besar yang disebut Orca dan diasumsikan mereka akan dikendalikan dari jarak jauh seperti versi yang lebih kecil. Mereka akan dipersenjatai dengan 12 tabung torpedo dan dengan CLAWS mereka dapat digunakan untuk menenggelamkan target mereka sendiri tanpa masukan dari manusia, New Scientist melaporkan. Ide ini tidak sesuai dengan keinginan semua orang. Stuart Russell dari University of California Berkeley mengatakan kepada New Scientist bahwa itu adalah ‘perkembangan berbahaya.”Memperlengkapi kendaraan yang sepenuhnya otonom dengan senjata mematikan adalah langkah yang signifikan, dan yang beresiko eskalasi tidak disengaja dengan cara yang tidak berlaku untuk ranjau laut.”

Anggaran pasti untuk CLAWS belum terungkap tetapi dialokasikan US$ 26 juta pada tahun ini dalam anggaran Angkatan Laut AS dan US$ 23 juta untuk tahun depan. Sementara sedikit yang diketahui tentang CLAWS, lebih banyak informasi tersedia tentang kapal selam Orca yang bisa menampungnya. “Orca akan memiliki ruang muatan modular, dengan antarmuka yang ditentukan untuk mendukung muatan saat ini dan di masa depan untuk pekerjaan dari kendaraan.”

(Diadaptasi dari: tekno.tempo.co/read/1317771/amerika-kembangkan-kapal-selam-robot-dengan-kecerdasan-buatan/full&view=ok)

 

13. Topik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …

  1. Angkatan laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang lebih besar dan persenjatai dengan 15 tabung torpedo.
  2. CLAWS merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan otonomi dan kemampuan bertahan dari kendaraan bawah laut tak berawak besar.
  3. Kapal selam otonom yang sudah dibuat sebelumnya tidak terlau cerdas dan memiliki fungsi terbatas dan masih tergantung dengan manusia dalam penggunaannya.
  4. CLAWS yang dikembangkan angakatan laut AS menggunakan sensor dan algoritma untuk menjalankan misi kompleks manuisa.
  5. Kapal selam robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan yang dapat membunuh tanpa dikendalikan manusia sedang dikembangkan oleh angkatan bersenjata AS

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi paragraf ketiga.

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi paragraf  ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah Angkatan laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang lebih besar dan persenjatai dengan 12 tabung torpedo.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf  kedua. Pernyataan yang  tepat adalah  kapal selam otonom yang sudah dibuat sebelumnya dapat menyelesaikan tugas tanpa melibatkan manusia.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  CLAWS menggunakan sensor dan algoritma untuk menjalankan misi kompleks sendiri.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang tepat adalah kapal selam robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan sedang dikembangkan oleh angkatan laut AS.

 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator contoh soal tps utbk 2024

14. Topik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan paragraf ketiga, pernyataan yang benar adalah …

  1. Sejak awal terungkap CLAWS diberitahukan tidak dilengkapi senjata dan hanya memiliki sensor untuk mengambil keputusan.
  2. CLAWS merupakan produk baru yang pertama kali terungkap pada tahun 2019 yang memiliki tingkat kecerdasan buatan.
  3. Sejak pertama kali terungkap CLAWS disebutkan sudah dilengkapi senjata dan sensor untuk mengambil keputsan.
  4. Menteri Pertahanan AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang leboh besar yang disebut Orca.
  5. Ide untuk meneggelamkan target tanpa masukan manusia sesuai dengan keinginan semua orang.

 

 

Jawaban:A

Pembahasan: 

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf  ketiga terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat ketiga.

  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat  kedua. Pernyataan yang  tepat adalah CLAWS bukan merupakan produk baru yang pertama kali terungkap pada tahun 2018 yang memiliki tingkat kecerdasan buatan.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah  ketika pertama kali terungkap, tidak disebutkan bakal dilengkapi senjata, hanya perlu memiliki sensor dan membuat keputusan.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang  tepat adalah  Angkatan Laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang leboh besar yang disebut Orca.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalinat kelima. Pernyataan yang tepat adalah ide untuk meneggelamkan target tanpa masukan manuia tidak sesuai dengan keinginan semua orang.

 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

separator contoh soal tps utbk 2024

Teks berikut untuk nomor 15, 16 dan 17!

soal tps utbk

Sapi rusia dengan headset realitas virtual (Sumber: bbc.com)

 

Rumput lebih hijau di dunia virtual. Itulah yang diinginkan oleh para petani di wilayah Moskow, Rusia, ketika mereka memasangkan headset realitas virtual pada kepala sapi perah mereka untuk menguji produksi susu. “Para ahli mencatat berkurangnya kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality),” kata pihak administrasi pertanian regional.

Fase kedua percobaan, kata administrasi itu, akan mengevaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR. Para petani bekerja sama dengan pengembang dan dokter hewan, dan mengandalkan penelitian visi ternak, untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas. Pihak administrasi telah menerbitkan sebuah foto yang menampilkan seekor sapi Holstein Friesian mengenakan headset hitam pada hari yang mendung. Dengan alat itu si sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.

Mengutip laporan Interfax, Selasa (26/11/2019), percobaan itu dilakukan di sebuah peternakan di Krasnogorsk di barat laut Moskow. Administrasi pertanian wilayah Moskow mengutip penelitian Belanda dan Skotlandia yang menunjukkan bahwa suasana yang tenang dapat meningkatkan produksi susu sapi.”(Bahkan) pabrikan lokal memainkan musik klasik yang menenangkannya, memiliki efek positif pada aliran susu,” kata administrasi pertanian tersebut. Masih menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.

(Diadaptasi dari: https://international.sindonews.com/read/1462585/46/sapi-rusia-dipasangi-headset-realitas-virtual-demi-produksi-susu-1574757898)

 

15. Topik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …

  1. Pada sebuah peternakan di laut Moskow dilakukan percobaan terhadap sapi yang kepalanya dipasangkan headset realitas virtual.
  2. Musik klasik yang menenangkan menurut penelitian berbanding terbalik dengan produksi susu.
  3. Pihak administrasi berencana untuk memperluas percobaan jika pemerintah setempat mendukung  jalannya percobaan. 
  4. Para petani menginginkan rumput hijau di dunia virtual dapat direalisasikan lewat perobaan terhadap beberapa spesies hewan.
  5. Menurut para ahli terjadi pengurangan  kecemasan yang berbanding lurus dengan suasana emosional dalam kelompok sapi percobaan.

 

Jawaban: A

Pembahasan: Pernyataan yang sesuai dengan paragraf ketiga terdapat pada pilihan jawaban A. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat pertama.

  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah memainkan musik klasik yang menenangkan memiliki efek positif pada aliran susu.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah pihak administrasi dan pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  rumput hijau di dunia virtual dapat direalisasikan lewat percobaan terhadap sapi.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang tepat adalah menurut para ahli terjadi pengurangan  kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality).

 

separator contoh soal tps utbk 2024

16. Topik: Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan paragraf kedua, pernyataan yang benar adalah …

  1. Evaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR akan dilakukan pada fase ketiga percobaan.
  2. Dokter hewan dan  pengembang bekerjasama dengan petani untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan berbagai musim..
  3. Sebuah foto yang diterbitkan pihak pengembang yang menampilkan sapi Holstein Friesian mengenakan headset.
  4.  Ditampilkan seekor sapi mengenakan headset hitam pada hari yang mendung dalam  sebuah foto dari pihak administrasi.
  5.  Dengan headset VR sapi akan memandang padang rumput dengan berbagai keadaan cuaca.

 

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat ketiga.

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang  tepat adalah evaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR akan dilakukan pada fase kedua percobaan.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat kedua. Pernyataan yang  tepat adalah membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah  sebuah foto yang diterbitkan oleh pihak administrasi.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang tepat adalah dengan alat itu sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

separator contoh soal tps utbk 2024

17. Topik: Simpulan Logis

Berdasarkan paragraf ketiga apabila pengamatan menunjukan hasil negatif, simpulan yang PALING MUNGKIN benar adalah ….

  1. Pihak pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR
  2. Pengembang dan pihak administrasi akan memperluas percobaan headset VR
  3. Peneliti akan mencoba spesies lain untuk dijadikan percobaan headset VR
  4. Pihak pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR
  5. Pihak admintastrasi dan pihak pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR

 

 

Jawaban: D

Pembahasan: Berdasarkan paragraf ketiga, menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif. Dengan demikian, apabila pengamatan menunjukan hasil negatif, pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

separator contoh soal tps utbk 2024

Teks berikut digunakan untuk soal nomor 18!

18. Topik: Simpulan Logis

Randy membeli dua jenis sepeda yaitu sepeda A dan sepeda B. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Sepeda A produksi Jerman lebih mahal daripada sepeda B produksi China. proses pembuatan sepeda B lebih cepat dibandingkan sepeda A. Kesimpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah …

  1. Sepeda A buatan China  lebih murah dibandingkan sepeda B buatan Jerman.
  2. Sepeda B buatan Jerman memiliki rangka lebih kuat dibandingkan sepeda A.
  3. Produksi sepeda A lebih cepat dibandingkan produksi sepeda B.
  4. Produksi sepeda B buatan Jerman lebih cepat dibandingkan sepeda A buatan China.
  5. Sepeda B produksi China lebih murah dari sepeda A produksi Jerman.

 

 

Jawaban: E

Pembahasan: Berdasarkan teks tersebut, dapat diketahui bahwa sepeda B produksi China lebih murah dari sepeda A produksi Jerman. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Baca Juga: Contoh Soal Penalaran Matematika UTBK 2024 dan Pembahasannya

separator contoh soal tps utbk 2024

Teks berikut digunakan untuk soal nomor 19 dan 20!

Rania  dan teman-temannya mengunjungi toko buku untuk membeli buku paket pelajaran. Rania membeli buku paket Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris. Putri membeli buku Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika. Siti membeli buku yang sama dengan Rania dan Anna membeli buku yang sama dengan Putri kecuali Matematika.

19. Topik: Penalaran analitik

Buku paket mata pelajaran apa yang dibeli oleh Rania  dan Anna secara bersamaan …

  1. Kimia, Biologi, dan Matematika
  2. Kimia, Biologi, dan Sejarah
  3. Biologi dan B. Indonesia
  4. B. Indonesia dan Kimia
  5. Kimia dan Biologi

 

 

Jawaban: E

Pembahasan: 

Berikut merupakan buku paket  yang dibeli oleh Rania dan teman-temannya.

Rania: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Putri: Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika.

Siti: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Anna: Kimia, Biologi, dan Sejarah.

Oleh karena itu, buku Kimia dan Biologi merupakan buku yang dibeli oleh Rania dan Anna secara bersamaan. Sehingga, jawaban yang tepat adalah E.

separator contoh soal tps utbk 2024

20. Topik: Penalaran analitik

Di antara Rania dan teman-temannya siapa sajakah yang memiliki buku paket Matematika ….

  1. Putri dan Anna
  2. Anna dan Rania
  3. Rania dan Siti
  4. Putri
  5. Anna

 

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Berikut merupakan buku paket  yang dibeli oleh Rania dan teman-temannya.

Rania: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Putri: Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika.

Siti: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Anna: Kimia, Biologi, dan Sejarah.

Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa yang membeli buku paket matematika hanya Putri. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

separator contoh soal tps utbk 2024

Teks berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 21 dan 22.

soal tps utbk

Virus ebola (Sumber: medium.com)

 

Penyakit virus ebola (EVD) adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola. Gejalanya virus ebola biasanya dimulai dengan influenza yang tiba-tiba dimana penderita merasa lemas, demam, lemah (weakness), tidak suka makan (anorexia), nyeri otot (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Demam biasanya lebih tinggi dari 38,3°C (100,9°F). Sering diikuti muntah-muntah, mencret-mencret (diare) dan sakit perut bagian atas dan bawah. Kemudian, nafas menjadi pendek, dada sakit, juga pembekakan (edema), dan kesadaran berkurang (confusion). Sekitar separuh kasus, penderita mengalami ‘maculopapular rash‘ pada kulit yang terjadi 5 sampai 7 hari, setelah gejala pertama terjadi.

Pada beberapa kasus, perdarahan dalam dan luar dapat saja terjadi, 5 sampai 7 hari, setelah gejala pertama terjadi. Semua penderita yang terinfeksi menderita kesulitan pembekuan darah. Pendarahan dari selaput mulut, hidung dan tenggorokan serta dari bekas lubang suntikan terjadi pada 40-50 persen kasus. Hal ini menyebabkan muntah darah, batuk darah dan berak darah. Pendarahan pada kulit menyebabkan petechiae, purpura, ecchymosis dan hematomas (terutama sekitar tempat injeksi). Mata menjadi merah karena pendarahan dapat juga terjadi. Pendarahan berat jarang terjadi, dan jika terjadi biasanya terlokalisasi di saluran pencernaan.

Pencegahan penularan ebola meliputi upaya mengurangi penyebaran penyakit dari monyet dan babi yang terinfeksi ke manusia. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa hewan tersebut terhadap infeksi, serta membunuh dan membuang hewan yang terpapar virus ebola. Memasak daging dengan benar dan mengenakan pakaian pelindung ketika mengolah daging juga mungkin berguna, penggunaan pakaian pelindung dan mencuci tangan ketika berada di sekitar orang yang menderita penyakit ebola merupakan pencegahan penyebaran dari sesama manusia. Sampel cairan dan jaringan tubuh dari penderita penyakit harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Kesembuhan atau recovery dari virus ebola mulai terjadi antara 7 sampai 14 hari, setelah gejala pertama terjadi. Kematian biasanya terjadi antara 6 sampai 16 hari, setelah gejala pertama terjadi, dan seringkali terjadi karena ‘syok’ akibat tekanan darah rendah. Pada umumnya, pendarahan seringkali menunjukkan hal yang buruk, kehilangan darah dapat menyebabkan kematian. Seringkali penderita mengalami koma, sebelum kematiannya. Penderita yang selamat seringkali mengalami sakit otot dan sendi secara terus menerus, pembengkakan hati, berkurangnya pendengaran, dan mungkin mengalami hal-hal sebagai berikut: merasa capai, lemas berkelanjutan, berkurangnya nafsu makan, dan kesulitan mencapai berat semula sebelum sakit. Antibodi terbentuk untuk sekurangnya 10 tahun, tetapi belum jelas apakah penderita yang selamat akan kebal terhadap infeksi berulang dan seseorang yang telah sembuh tidak akan menyebarkan penyakit lagi.

(Diadaptasi dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_virus_ebola)

 

21. Topik: Soal Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan paragraf 2, manakah pernyataan di bawah ini yang benar?

  1. pendarahan di sekitar mulut,hidung dan tenggorokan akan menyebabkan demam dan flu berat
  2. pendarahan dalam dapat terjadi setelah 14 hari setelah gejala pertama terjadi
  3. bekas suntikan dapat menyebabkan penyakit ebola
  4. pendarahan berat akan terlokalisasi di saluran pernapasan
  5. penderita penyakit ebola akan mengalami kesulitan pembekuan darah jika terjadi pendarahan

 

Jawaban: E

Pembahasan

Paragraf 2 ini dijelaskan tentang pendarahan yang disebabkan oleh virus ebola. maka disimpulkan beberapa hal yaitu

  • Pernyataan A salah, karena pendarahan di sekitar mulut,hidung dan tenggorokan akan menyebabkan muntah darah, batuk darah dan berak darah.
  • Pernyataan B salah, karena pendarahan dalam dapat terjadi setelah 5-7 hari setelah gejala pertama terjadi.
  • Pernyataan C salah, karena bekas suntikan hanya dapat menyebabkan pendarahan bukan penyakit ebola.
  • Pernyataan D salah, karena pendarahan berat akan terlokalisasi di saluran pencernaan.
  • Pernyataan E benar karena penderita penyakit ebola yang mengalami pendarahan akan mengalami kesulitan pembekuan darah.

 

separator contoh soal tps utbk 2024

22. Topik: Soal Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah ….

  1. semua penderita penyakit ebola akan mengalami kesulitan pembekuan darah
  2. semua penderita ebola akan mengalami koma sebelum kematiannya
  3. virus ebola menular melalui kontak dengan udara yang tercemar gas karbondioksida
  4. tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan kematian pada penderita ebola
  5. semua penderita ebola akan mengalami ‘maculopapular rash‘ pada kulitnya

 

 

Jawaban: D

Pembahasan

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan yang paling mungkin benar terdapat pada pilihan jawaban D, karena pada paragraf 4 dikatakan bahwa kematian biasanya terjadi antara 6 sampai 16 hari, setelah gejala pertama terjadi, dan seringkali terjadi karena ‘syok’ akibat tekanan darah yang rendah. Sedangkan opsi lain

  • Opsi A salah karena pada paragraf 2 dikatakan bahwa “pada beberapa kasus” yang berarti tidak semua penderita ebola.
  • Opsi B salah karena pada paragraf 4 dikatakan bahwa “Seringkali penderita mengalami koma, sebelum kematiannya” kata seringkali berarti tidak selama penderita mengalami koma sebelum kematiannya.
  • Opsi C salah karena pada paragraf 3 dikatakan bahwa virus ebola menyebar melalui kontak dengan manusia dan dari hewan ternak berupa babi.
  • Opsi E salah karena pada paragraf 1 dikatakan bahwa “sekitar separuh kasus, penderita mengalami ‘maculopapular rash‘ pada kulit yang terjadi 5 sampai 7 hari setelah gejala pertama terjadi.” Kata separuh kasus mengindikasikan tidak semua penderita ebola mengalami maculopapular rash.

 

separator contoh soal tps utbk 2024

23. Topik: Soal Simpulan Logis

Semua siswa diminta mempersiapkan diri untuk ulangan. Beberapa siswa tidak mempersiapkan diri. Kesimpulan yang tepat adalah …

  1. Semua siswa mempersiapkan diri dan mendapat nilai baik
  2. Sebagian siswa tidak mempersiapkan diri dan tidak mendapat nilai baik
  3. Beberapa siswa mempersiapkan diri
  4. Semua siswa mempersiapkan diri
  5. Siswa yang tidak mempersiapkan bisa tidak lulus

 

 

Jawaban: C

Pembahasan

Saat ada beberapa siswa yang tidak mempersiapkan diri, maka ada beberapa siswa yang mempersiapkan diri.

separator contoh soal tps utbk 2024

24. Topik: Soal Simpulan Logis

Tidak ada bunga mawar kecuali berwarna putih dan ungu.

Lisa menerima bunga bukan putih, bukan merah.

Kesimpulan yang tepat tentang bunga yang diterima oleh Lisa adalah ….

  1. Bunga mawar putih
  2. Bunga mawar ungu
  3. Bunga bukan mawar
  4. Bunga bukan mawar putih
  5. Bunga mawar bukan ungu dan bukan putih

 

 

Jawaban: D

Pembahasan

Tidak ada bunga mawar kecuali berwarna putih dan ungu. Berarti semua mawar berwarna putih atau ungu.

Lisa menerima bunga bukan putih, bukan merah.

Kesimpulan: bunga yang diterima Lisa adalah bukan mawar putih.

separator contoh soal tps utbk 2024

25. Topik: Soal Simpulan Logis

soal tps utbk

Lumba-lumba bernapas dengan paru-paru (Sumber: mentalfloss.com)

 

Makhluk laut yang bernapas dengan insang adalah ikan. 

Lumba-lumba adalah makhluk laut yang bernapas dengan paru-paru.

Kesimpulan yang tepat adalah ….

  1. Semua lumba-lumba termasuk jenis ikan yang hidup di laut
  2. Semua lumba-lumba dan ikan adalah makhluk hidup di laut
  3. Sebagian lumba-lumba termasuk jenis ikan yang hidup di laut
  4. Semua ikan termasuk jenis lumba-lumba yang hidup di laut
  5. Sebagian ikan termasuk jenis lumba-lumba yang hidup di laut

 

 

Jawaban: B

Pembahasan

Makhluk hidup yang bernapas dengan insang adalah ikan. Lumba-lumba adalah makhluk laut yang bernapas dengan paru-paru.

Kesimpulan: lumba-lumba dan ikan merupakan makhluk yang sama-sama hidup di laut

separator contoh soal tps utbk 2024

26. Topik: Soal Simpulan Logis

Setiap anggota kelompok A adalah anggota kelompok B.

Setiap anggota kelompok B adalah anggota kelompok C.

Simpulan yang tepat tentang kemungkinan keanggotaan A, B dan C adalah ….

  1. Tidak mungkin ada anggota kelompok A yang merupakan anggota kelompok C
  2. Mungkin ada anggota kelompok A yang bukan merupakan anggota C
  3. Tidak mungkin ada anggota kelompok C yang merupakan anggota A.
  4. Tidak mungkin ada anggota kelompok C yang merupakan anggota B
  5. Mungkin ada anggota kelompok C yang bukan merupakan anggota A.

 

 

Jawaban: E

Pembahasan

Setiap anggota kelompok A adalah anggota kelompok B.

Setiap anggota kelompok B adalah anggota kelompok C.

Kesimpulan: mungkin ada anggota kelompok C yang bukan merupakan anggota A. Hal ini karena sebagian anggota kelompok C merupakan seluruh anggota kelompok A.

separator contoh soal tps utbk 2024

27. Topik: Soal Penalaran Analitik

Jimin, Jungkook, Taehyung, Yoongi dan Seokjin sedang mengikuti sebuah tes dan memperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Nilai Taehyung lebih tinggi daripada nilai Jimin dan dua kali nilai Jungkook
  2. Jika nilai Jimin dan Jungkook ditambahkan, hasilnya sama dengan nilai Yoongi
  3. Nilai Jimin lebih besar daripada nilai Seokjin, namun hanya sepertiga nilai Yoongi

 

Urutan lima siswa yang memiliki nilai tertinggi ke nilai terendah adalah ….

  1. Taehyung, Yoongi, Jungkook, Jimin, Seokjin
  2. Taehyung, Yoongi, Jimin, Jungkook, Seokjin
  3. Yoongi, Taehyung, Jungkook, Jimin, Seokjin
  4. Yoongi, Jungkook, Taehyung, Jimin, Seokjin
  5. Jungkook, Taehyung, Yoongi, Jimin, Seokjin

 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Jimin, Jungkook, Taehyung, Yoongi dan Seokjin sedang mengikuti sebuah tes dan memperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Nilai Taehyung lebih tinggi daripada nilai Jimin dan dua kali nilai Jungkook.
    Taehyung > Jimin
    Taehyung = 2 x Jungkook ⇒ Taehyung > Jungkook 
  2. Jika nilai Jimin dan Jungkook ditambahkan, hasilnya sama dengan nilai Yoongi.
    Jimin + Jungkook  = Yoongi ⇒  Yoongi > Jungkook, ⇒  Yoongi > Jungkook
  3. Nilai Jimin lebih besar daripada nilai Seokjin, namun hanya sepertiga nilai Yoongi
    Jimin > Seokjin
    Jimin = ⅓ Yoongi ⇒ Jimin < Yoongi

 

Dari syarat 2 dan 3, maka

Jimin + Jungkook = Yoongi

Jimin = ⅓ Yoongi

maka Jungkook ⅔ Yoongi

akibatnya, Jungkook > Jimin

 

Dari syarat 1, maka

Taehyung = 2 x Jungkook  ⇒ Taehyung = 2 x ⅔ Yoongi

⇒ Taehyung = 4/3 Yoongi

akibatnya, Taehyung > Yoongi

 

Perhatikan tulisan yang dicetak tebal, maka

Taehyung > Yoongi > Jungkook  > Jimin > Seokjin

Jadi, urutan siswa yang memiliki nilai tertinggi ke nilai terendah adalah

Taehyung, Yoongi, Jungkook, Jimin, Seokjin  

separator contoh soal tps utbk 2024

28. Topik: Soal Penalaran Analitik

Teks berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 28, 29 dan 30.

Dalam pertandingan bulu tangkis Daniel selalu kalah melawan Wisnu, tetapi dalam cabang olahraga yang lainnya ia selalu menang bila bertanding melawan Wisnu. Putra selalu menang dalam pertandingan tenis meja melawan Wisnu, tetapi dalam cabang bulu tangkis ia akan kalah bila bertanding melawan Daniel. Reza adalah pemain bulu tangkis terbaik, tetapi dalam cabang tenis meja dia tidak sebaik Wisnu. Dalam cabang tenis meja, Aldian lebih baik daripada Daniel, sedangkan dalam cabang bulu tangkis ia menempati urutan tepat di bawah Reza.

Siapakah pemain tenis meja terbaik di antara kelima atlet tersebut?

  1. Daniel
  2. Wisnu
  3. Putra
  4. Reza
  5. Aldian

 

 

Jawaban: E

Pembahasan

Untuk memudahkannya kita menggunakan tabel.

Bulu tangkis  Cabang lain (termasuk tenis)
Kalah  Menang  Kalah  Menang
Daniel

Wisnu

Wisnu Daniel
Putra Daniel Reza Wisnu
Aldian Reza (terbaik) Daniel Aldian

 

Pemain tenis meja terbaik di antara kelima atlet tersebut adalah Aldian. Dengan demikian, jawaban adalah E.

separator contoh soal tps utbk 2024

29. Topik: Soal Penalaran Analitik

Untuk cabang olahraga tenis meja, ranking pemain terbaik yang manakah yang paling tepat dari urutan di bawah ini?

  1. Wisnu – Daniel – Putra – Reza – Aldian
  2. Daniel – Wisnu – Putra – Aldian – Reza
  3. Reza – Aldian – Putra – Wisnu – Daniel
  4. Aldian – Reza – Putra – Wisnu – Daniel
  5. Aldian – Daniel – Putra – Wisnu – Reza

 

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Perhatikan tabel pada pembahasan nomor 18.

Untuk cabang olahraga tenis meja, ranking pemain terbaik secara berurutan adalah Aldian – Daniel – Putra – Wisnu – Reza. Dengan demikian, jawaban adalah E.

separator contoh soal tps utbk 2024

30. Topik: Soal Penalaran Analitik

Untuk cabang olahraga bulu tangkis, ranking pemain terbaik manakah yang paling tepat dari urutan di bawah ini?

  1. Reza – Aldian – Daniel – Wisnu – Putra
  2. Wisnu – Daniel – Reza – Aldian – Putra
  3. Reza – Aldian – Wisnu – Daniel – Putra
  4. Wisnu – Reza – Aldian – Daniel – Putra
  5. Reza – Aldian – Putra – Wisnu – Daniel

 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan tabel pada pembahasan nomor 18.

Untuk cabang olahraga bulu tangkis, ranking pemain terbaik secara berurutan adalah Reza – Aldian – Wisnu – Daniel – Putra. Dengan demikian, jawaban adalah C.

separator contoh soal tps utbk 2024

31. Topik: Penalaran Kuantitatif

Subtopik: Penalaran Kuantitatif

Level Kognitif: HOTS

 

Perhatikan gambar berikut!

contoh soal tps utbk penalaran umum - penalaran kuantitatif

 

Nilai X yang tepat untuk mengisi gambar tersebut adalah ….

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 5
  5. 8

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Pada gambar pertama (sebelah kiri), angka 3 di posisi tengah dapat diperoleh menggunakan operasi bilangan dengan pola berikut.

contoh soal tps utbk penalaran umum - penalaran kuantitatif

 

Jika pola yang sama diaplikasikan ke gambar kedua (posisi tengah), hasilnya menjadi sebagai berikut.

contoh soal tps utbk penalaran umum - penalaran kuantitatif

 

Pola sesuai jika diaplikasikan ke gambar kedua sehingga pola bisa dipastikan benar. Dengan pola yang sama, nilai X dari gambar ketiga (posisi kanan) dapat ditentukan sebagai berikut.

contoh soal tps utbk penalaran umum - penalaran kuantitatif

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

separator contoh soal tps utbk 2024

Contoh Soal Isian

32. Topik: Penalaran Kuantitatif

Subtopik: Penalaran Kuantitatif

Level Kognitif: HOTS

 

Cermati deret bilangan berikut ini!

3, − 5, − 1, − 4, 7, − 1, − 9, 8, A, B

Nilai dari 2A − B adalah …

Catatan: Hanya diisi dengan angka (contoh: 7)

 

 

Kunci Jawaban: 11

Pembahasan:

Perhatikan pola pada barisannya berikut!

contoh soal tps utbk penalaran umum - penalaran kuantitatif

 

Nilai A bisa diperoleh dengan mengoperasikan nilai − 9 sehingga diperoleh:

− 9 × (− 2) + 5 = 23.

Nilai B bisa diperoleh dengan mengoperasikan nilai 8 sehingga diperoleh 8 × 3 + 11 = 35.

Nilai 2A − B dapat ditentukan melalui perhitungan berikut.

contoh soal tps utbk penalaran umum - penalaran kuantitatif

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah 11.

separator contoh soal tps utbk 2024

Sudah selesai mengerjakan contoh soal TPS UTBK 2024 untuk subtes Penalaran Umum di atas? Berapa soal yang bisa kamu jawab benar? Yuk, jangan patah semangat, pelajari juga jenis soal-soal lainnya dan ikuti tryout UTBK di ruanguji.

IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

Ruangguru