Latihan Soal TPS UTBK 2020: Penalaran Umum

Rabia Edra Apr 29, 2020 • 33 min read


Siap Kuliah dengan latihan soal TPS UTBK

Artikel ini berisikan soal-soal bagian Penalaran Umum untuk latihan TPS UTBK 2020.

--

Sambil menikmati bersiap untuk long weekend di rumah aja, gimana kalau memanfaatkan waktu yang ada untuk menyicil berlatih soal-soal TPS Penalaran Umum? Sekalian sambil update dengan berita-berita yang ada juga, lho. Siap mulai sekarang? Kuy!

Topik: Penalaran Umum

Teks berikut untuk nomor 1 dan 2!

COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan virus corona baru, telah menyebar ke setiap benua kecuali Antartika. Tidak terlalu lama setelah virus pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019, laboratorium mengalihkan pandangan mereka ke arah pengobatan. Namun, saat ini, tidak ada obat untuk virus corona COVID-19 ini, dan perawatan didasarkan pada jenis perawatan yang diberikan untuk influenza (flu musiman) dan penyakit pernapasan parah lainnya, yang dikenal sebagai "perawatan suportif," menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), seperti dikutip dari Livescience, Senin (16/3/2020). Perawatan ini pada dasarnya mengobati gejala, yang sering dalam kasus COVID-19 melibatkan demam, batuk dan sesak napas. Dalam kasus-kasus ringan, ini mungkin berarti istirahat dan mengonsumsi obat penurun demam seperti acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi gejala.

Di rumah sakit, dokter dan perawat kadang-kadang merawat pasien COVID-19 dengan obat antivirus oseltamivir, atau tamiflu, yang tampaknya menekan reproduksi virus setidaknya dalam beberapa kasus. Ini agak mengejutkan, virolog Michigan Tech Ebenezer Tumban mengatakan kepada Live Science, karena tamiflu dirancang untuk menargetkan enzim pada virus influenza, bukan pada virus corona. National Institutes of Health telah memulai uji klinis di Pusat Medis Universitas Nebraska untuk menguji remdesivir antivirus untuk COVID-19, menurut pengumuman lembaga tersebut pada 25 Februari 2020. Di China, dokter juga sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati Ebola dan HIV, lapor Nature Biotechnology.

Ventilator meniupkan udara ke paru-paru melalui masker atau tabung yang dimasukkan langsung ke tenggorokan. Sebuah studi New England Journal of Medicine terhadap 1.099 pasien rawat inap dengan coronavirus di China menemukan bahwa 41,3% membutuhkan oksigen tambahan dan 2,3% membutuhkan ventilasi mekanik invasif. Glukokortikoid juga diberikan kepada 18,6% pasien infeksi virus Corona COVID-19. Pengobatan ini sering digunakan untuk mengurangi peradangan dan membantu membuka saluran udara selama penyakit pernapasan. Belum ada vaksin untuk virus corona yang menyebabkan COVID-19. Para ilmuwan sedang berupaya mengembangkan satu, kata Hilary Marston, seorang petugas medis dan penasihat kebijakan di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), mengatakan dalam webcast Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan, Senin (2 Maret).

Pada 14 Maret 2020, dokter di Seattle merekrut sukarelawan untuk berpartisipasi dalam uji klinis untuk vaksin eksperimental untuk COVID-19 yang sedang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Moderna Therapeutics. Namun, ahli etika biomedis khawatir bahwa langkah kritis dalam pengembangan vaksin mungkin terlewati. Untuk mempercepat vaksin, para peneliti tidak pertama-tama menunjukkan bahwa vaksin itu memicu respons kekebalan pada hewan, suatu langkah yang biasanya diperlukan sebelum pengujian pada manusia, Live Science sebelumnya melaporkan.

Sementara itu, para peneliti mulai menguji vaksin eksperimental pada tikus percobaan pada hari yang sama ketika mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis, lapor Stat News. Tikus-tikus itu memang menunjukkan respons kekebalan yang mirip dengan yang dipicu oleh vaksin eksperimental untuk virus korona MERS-CoV terkait. (Vaksin bekerja dengan mengatur sistem kekebalan tubuh Anda untuk mengenali virus seperti SARS-CoV-2 sebagai musuh dan melakukan serangan terhadapnya.). Meski begitu, dokter tidak yakin seberapa cepat "pelacakan cepat" ini akan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membawa vaksin semacam itu ke pasar. Sebelum vaksin eksperimental ini bekerja, Marston mengatakan tidak akan mengharapkan vaksin dalam waktu dekat."Jika semuanya bergerak secepat mungkin, hal tercepat yang mungkin terjadi adalah sekitar satu setengah sampai dua tahun. Itu adalah perkiraan optimis," kata Marston.

(Diadaptasi dari: liputan6.com/global/read/4202584/menanti-obat-dan-vaksin-virus-corona-covid-19-sudah-sejauh-mana)

1. Subtopik: Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan paragraf kedua, pernyataan yang benar adalah …

  1. Perawatan pasien COVID-19 oleh dokter dan perawat di rumah sakit dilakukan dengan  antibakteri oseltamivir, atau tamiflu.
  2. Tamiflu dapat menekan virus dengan merusak materi genetik dan menekan reproduksi inang.
  3. Virus corona bukan merupakan target tamiflu, yang menjadi targetnya adalah virus influenza.
  4. National Institutes of Health telah memulai uji klinis di Pusat Medis Universitas Alaska yang melakukan pengujian terhadap remdesivir antivirus untuk COVID-19.
  5. Dokter sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati SARS dan HIV di China.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua terdapat pada pilihan jawaban C. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat kedua. 

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang  tepat adalah perawatan pasien COVID-19 diakukan dengan antivirus oseltamivir, atau tamiflu.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  tamiflu dapat menekan virus dengan menekan reproduksi virus.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah  pusat medis Universitas Nebraska melakukan pengujian terhadap remdesivir antivirus  COVID-19.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang tepat adalah dokter sedang menguji serangkaian anti-virus corona lain yang awalnya dirancang untuk mengobati Ebola dan HIV di China.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

2. Subtopik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …

  1. COVID-19 yang merupakan penyakit pernapasan telah menyebar ke setiap benua termasuk Antartika.
  2. Saat ini sudah ada obat untuk virus corona COVID-19 ini dan perawatan yang dilakukan adalah jenis perawatan yang diberikan untuk influenza (flu musiman). 
  3. Para dokter mulai menguji vaksin eksperimental pada tikus percobaan dan pada hari berikutnya mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis.
  4. Ahli etika biomedis khawatir bahwa langkah kritis dalam pengembangan vaksin mungkin terlewati.
  5. Glukokortikoid yang diberikan kepada 41,6% pasien infeksi virus corona, pengobatan ini juga sering digunakan untuk mengurangi peradangan dan membantu membuka saluran udara selama penyakit pernapasan.

 

Jawaban: D

Pembahasan: Pernyataan yang sesuai dengan paragraf 4 terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat kedua. 

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi paragraf  pertama. Pernyataan yang  tepat adalah COVID-19 yang  telah menyebar ke setiap benua kecuali Antartika.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi paragraf  pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  saat ini tidak ada obat untuk virus corona COVID-19 ini.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf kelima. Pernyataan yang  tepat adalah  pada hari yang sama mereka mulai merekrut orang untuk uji klinis 
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang tepat adalah glukokortikoid juga diberikan kepada 18,6% pasien infeksi Virus Corona COVID-19. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

Teks berikut untuk nomor 3 dan 4!

soal tps utbk

Kapal selam robot (Sumber: nextweb.com)

Angkatan Laut AS sedang mengembangkan kapal selam robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan yang dapat membunuh tanpa dikendalikan atau input manusia. Proyek ini dijalankan oleh Kantor Penelitian Angkatan Laut dan digambarkan sebagai 'sistem senjata bawah laut otonom' menurut sebuah laporan oleh New Scientist yang dikutip Daily Mail. Rincian kapal selam pembunuh itu telah tersedia sebagai bagian dari dokumen anggaran 2020, yang juga mengungkap bahwa kapal selam itu telah diberi nama CLAWS oleh Angkatan Laut AS. Sangat sedikit rincian proyek 'rahasia' yang telah terungkap selain fakta bahwa ia akan menggunakan sensor dan algoritma untuk menjalankan misi kompleks sendiri.

CLAWS diharapkan akan dipasang pada kapal selam robot kelas Orca baru yang memiliki 12 tabung torpedo dan sedang dikembangkan untuk Angkatan Laut oleh Boeing. Angkatan Laut belum mengungkap apa kepanjangan dari CLAWS atau mengomentari cerita itu. Satu-satunya informasi adalah apa yang telah dirilis ke kongres dalam dokumen anggaran. Kapal selam otonom sudah ada dan mereka dapat menyelesaikan tugas tanpa melibatkan manusia. Namun mereka tidak terlalu cerdas dan memiliki fungsi terbatas. Sesuatu yang lebih kompleks daripada tugas lokasi sederhana akan membutuhkan operator manusia untuk bekerja melalui tautan komunikasi jarak jauh. 

Kapal selam baru ini akan memiliki tingkat kecerdasan buatan yang jauh lebih besar sehingga dapat melakukan berbagai fungsi yang lebih luas tanpa pengontrol manusia. CLAWS bukanlah barang baru, ini pertama kali terungkap pada tahun 2018 sebagai bagian dari upaya Angkatan Laut AS untuk 'meningkatkan otonomi dan kemampuan bertahan dari kendaraan bawah laut tak berawak besar dan ekstra besar', menurut New Scientist. Ketika pertama kali terungkap, tidak disebutkan bakal dilengkapi senjata, hanya perlu memiliki sensor dan membuat keputusan. Angkatan Laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang lebih besar yang disebut Orca dan diasumsikan mereka akan dikendalikan dari jarak jauh seperti versi yang lebih kecil. Mereka akan dipersenjatai dengan 12 tabung torpedo dan dengan CLAWS mereka dapat digunakan untuk menenggelamkan target mereka sendiri tanpa masukan dari manusia, New Scientist melaporkan. Ide ini tidak sesuai dengan keinginan semua orang. Stuart Russell dari University of California Berkeley mengatakan kepada New Scientist bahwa itu adalah 'perkembangan berbahaya."Memperlengkapi kendaraan yang sepenuhnya otonom dengan senjata mematikan adalah langkah yang signifikan, dan yang beresiko eskalasi tidak disengaja dengan cara yang tidak berlaku untuk ranjau laut."

Anggaran pasti untuk CLAWS belum terungkap tetapi dialokasikan US$ 26 juta pada tahun ini dalam anggaran Angkatan Laut AS dan US$ 23 juta untuk tahun depan. Sementara sedikit yang diketahui tentang CLAWS, lebih banyak informasi tersedia tentang kapal selam Orca yang bisa menampungnya. "Orca akan memiliki ruang muatan modular, dengan antarmuka yang ditentukan untuk mendukung muatan saat ini dan di masa depan untuk pekerjaan dari kendaraan."

(Diadaptasi dari: tekno.tempo.co/read/1317771/amerika-kembangkan-kapal-selam-robot-dengan-kecerdasan-buatan/full&view=ok)

3. Subtopik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …

  1. Angkatan laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang lebih besar dan persenjatai dengan 15 tabung torpedo.
  2. CLAWS merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan otonomi dan kemampuan bertahan dari kendaraan bawah laut tak berawak besar.
  3. Kapal selam otonom yang sudah dibuat sebelumnya tidak terlau cerdas dan memiliki fungsi terbatas dan masih tergantung dengan manusia dalam penggunaannya.
  4. CLAWS yang dikembangkan angakatan laut AS menggunakan sensor dan algoritma untuk menjalankan misi kompleks manuisa.
  5. Kapal selam robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan yang dapat membunuh tanpa dikendalikan manusia sedang dikembangkan oleh angkatan bersenjata AS

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi paragraf ketiga. 

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi paragraf  ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah Angkatan laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang lebih besar dan persenjatai dengan 12 tabung torpedo.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf  kedua. Pernyataan yang  tepat adalah  kapal selam otonom yang sudah dibuat sebelumnya dapat menyelesaikan tugas tanpa melibatkan manusia.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  CLAWS menggunakan sensor dan algoritma untuk menjalankan misi kompleks sendiri.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang tepat adalah kapal selam robot yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan sedang dikembangkan oleh angkatan laut AS.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

4. Subtopik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan paragraf ketiga, pernyataan yang benar adalah …

    1. Sejak awal terungkap CLAWS diberitahukan tidak dilengkapi senjata dan hanya memiliki sensor untuk mengambil keputusan.
    2. CLAWS merupakan produk baru yang pertama kali terungkap pada tahun 2019 yang memiliki tingkat kecerdasan buatan. 
    3. Sejak pertama kali terungkap CLAWS disebutkan sudah dilengkapi senjata dan sensor untuk mengambil keputsan.
    4. Menteri Pertahanan AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang leboh besar yang disebut Orca.
    5. Ide untuk meneggelamkan target tanpa masukan manusia sesuai dengan keinginan semua orang.

 

Jawaban:A

Pembahasan: 

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf  ketiga terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat ketiga. 

  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat  kedua. Pernyataan yang  tepat adalah CLAWS bukan merupakan produk baru yang pertama kali terungkap pada tahun 2018 yang memiliki tingkat kecerdasan buatan.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah  ketika pertama kali terungkap, tidak disebutkan bakal dilengkapi senjata, hanya perlu memiliki sensor dan membuat keputusan.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang  tepat adalah  Angkatan Laut AS telah memesan kapal selam robot jarak jauh yang leboh besar yang disebut Orca.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalinat kelima. Pernyataan yang tepat adalah ide untuk meneggelamkan target tanpa masukan manuia tidak sesuai dengan keinginan semua orang. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

Teks berikut untuk nomor 5, 6 dan 7!

soal tps utbk

Sapi rusia dengan headset realitas virtual (Sumber: bbc.com)

Rumput lebih hijau di dunia virtual. Itulah yang diinginkan oleh para petani di wilayah Moskow, Rusia, ketika mereka memasangkan headset realitas virtual pada kepala sapi perah mereka untuk menguji produksi susu. "Para ahli mencatat berkurangnya kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality)," kata pihak administrasi pertanian regional.

Fase kedua percobaan, kata administrasi itu, akan mengevaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR. Para petani bekerja sama dengan pengembang dan dokter hewan, dan mengandalkan penelitian visi ternak, untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas. Pihak administrasi telah menerbitkan sebuah foto yang menampilkan seekor sapi Holstein Friesian mengenakan headset hitam pada hari yang mendung. Dengan alat itu si sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.

Mengutip laporan Interfax, Selasa (26/11/2019), percobaan itu dilakukan di sebuah peternakan di Krasnogorsk di barat laut Moskow. Administrasi pertanian wilayah Moskow mengutip penelitian Belanda dan Skotlandia yang menunjukkan bahwa suasana yang tenang dapat meningkatkan produksi susu sapi."(Bahkan) pabrikan lokal memainkan musik klasik yang menenangkannya, memiliki efek positif pada aliran susu," kata administrasi pertanian tersebut. Masih menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.

(Diadaptasi dari: https://international.sindonews.com/read/1462585/46/sapi-rusia-dipasangi-headset-realitas-virtual-demi-produksi-susu-1574757898)

5. Subtopik: Kesesuaian Pernyataan 

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …

  1. Pada sebuah peternakan di laut Moskow dilakukan percobaan terhadap sapi yang kepalanya dipasangkan headset realitas virtual.
  2. Musik klasik yang menenangkan menurut penelitian berbanding terbalik dengan produksi susu.
  3. Pihak administrasi berencana untuk memperluas percobaan jika pemerintah setempat mendukung  jalannya percobaan. 
  4. Para petani menginginkan rumput hijau di dunia virtual dapat direalisasikan lewat perobaan terhadap beberapa spesies hewan.
  5. Menurut para ahli terjadi pengurangan  kecemasan yang berbanding lurus dengan suasana emosional dalam kelompok sapi percobaan.

 

Jawaban: A

Pembahasan: Pernyataan yang sesuai dengan paragraf ketiga terdapat pada pilihan jawaban A. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat pertama.

  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah memainkan musik klasik yang menenangkan memiliki efek positif pada aliran susu.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah pihak administrasi dan pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang  tepat adalah  rumput hijau di dunia virtual dapat direalisasikan lewat percobaan terhadap sapi.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang tepat adalah menurut para ahli terjadi pengurangan  kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality).

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

6. Subtopik: Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan paragraf kedua, pernyataan yang benar adalah …

  1. Evaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR akan dilakukan pada fase ketiga percobaan.
  2. Dokter hewan dan  pengembang bekerjasama dengan petani untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan berbagai musim..
  3. Sebuah foto yang diterbitkan pihak pengembang yang menampilkan sapi Holstein Friesian mengenakan headset.
  4.  Ditampilkan seekor sapi mengenakan headset hitam pada hari yang mendung dalam  sebuah foto dari pihak administrasi.
  5.  Dengan headset VR sapi akan memandang padang rumput dengan berbagai keadaan cuaca.

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat ketiga.

  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang  tepat adalah evaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR akan dilakukan pada fase kedua percobaan.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat kedua. Pernyataan yang  tepat adalah membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang  tepat adalah  sebuah foto yang diterbitkan oleh pihak administrasi.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang tepat adalah dengan alat itu sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

7. Subtopik: Simpulan Logis

Berdasarkan paragraf ketiga apabila pengamatan menunjukan hasil negatif, simpulan yang PALING MUNGKIN benar adalah ….

  1. Pihak pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR
  2. Pengembang dan pihak administrasi akan memperluas percobaan headset VR
  3. Peneliti akan mencoba spesies lain untuk dijadikan percobaan headset VR
  4. Pihak pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR
  5. Pihak admintastrasi dan pihak pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR

 

Jawaban: D

Pembahasan: Berdasarkan paragraf ketiga, menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif. Dengan demikian, apabila pengamatan menunjukan hasil negatif, pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

Teks berikut digunakan untuk soal nomor 8!

8. Subtopik: Simpulan Logis

Randy membeli dua jenis sepeda yaitu sepeda A dan sepeda B. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Sepeda A produksi Jerman lebih mahal daripada sepeda B produksi China. proses pembuatan sepeda B lebih cepat dibandingkan sepeda A. Kesimpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah …

  1. Sepeda A buatan China  lebih murah dibandingkan sepeda B buatan Jerman.
  2. Sepeda B buatan Jerman memiliki rangka lebih kuat dibandingkan sepeda A.
  3. Produksi sepeda A lebih cepat dibandingkan produksi sepeda B.
  4. Produksi sepeda B buatan Jerman lebih cepat dibandingkan sepeda A buatan China.
  5. Sepeda B produksi China lebih murah dari sepeda A produksi Jerman.

 

Jawaban: E

Pembahasan: Berdasarkan teks tersebut, dapat diketahui bahwa sepeda B produksi China lebih murah dari sepeda A produksi Jerman. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

Teks berikut digunakan untuk soal nomor 9 dan 10!

Rania  dan teman-temannya mengunjungi toko buku untuk membeli buku paket pelajaran. Rania membeli buku paket Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris. Putri membeli buku Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika. Siti membeli buku yang sama dengan Rania dan Anna membeli buku yang sama dengan Putri kecuali Matematika.

9. Subtopik: Penalaran analitik

Buku paket mata pelajaran apa yang dibeli oleh Rania  dan Anna secara bersamaan …

  1. Kimia, Biologi, dan Matematika
  2. Kimia, Biologi, dan Sejarah
  3. Biologi dan B. Indonesia
  4. B. Indonesia dan Kimia
  5. Kimia dan Biologi

 

Jawaban: E

Pembahasan: 

Berikut merupakan buku paket  yang dibeli oleh Rania dan teman-temannya.

Rania: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Putri: Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika.

Siti: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Anna: Kimia, Biologi, dan Sejarah.

Oleh karena itu, buku Kimia dan Biologi merupakan buku yang dibeli oleh Rania dan Anna secara bersamaan. Sehingga, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

10. Subtopik: Penalaran analitik

Di antara Rania dan teman-temannya siapa sajakah yang memiliki buku paket Matematika ….

  1. Putri dan Anna
  2. Anna dan Rania
  3. Rania dan Siti
  4. Putri
  5. Anna

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Berikut merupakan buku paket  yang dibeli oleh Rania dan teman-temannya.

Rania: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Putri: Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika.

Siti: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.

Anna: Kimia, Biologi, dan Sejarah. 

Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa yang membeli buku paket matematika hanya Putri. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

Teks berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 11 dan 12.

soal tps utbk

Virus ebola (Sumber: medium.com)

Penyakit virus ebola (EVD) adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola. Gejalanya virus ebola biasanya dimulai dengan influenza yang tiba-tiba dimana penderita merasa lemas, demam, lemah (weakness), tidak suka makan (anorexia), nyeri otot (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Demam biasanya lebih tinggi dari 38,3°C (100,9°F). Sering diikuti muntah-muntah, mencret-mencret (diare) dan sakit perut bagian atas dan bawah. Kemudian, nafas menjadi pendek, dada sakit, juga pembekakan (edema), dan kesadaran berkurang (confusion). Sekitar separuh kasus, penderita mengalami 'maculopapular rash' pada kulit yang terjadi 5 sampai 7 hari, setelah gejala pertama terjadi.

Pada beberapa kasus, perdarahan dalam dan luar dapat saja terjadi, 5 sampai 7 hari, setelah gejala pertama terjadi. Semua penderita yang terinfeksi menderita kesulitan pembekuan darah. Pendarahan dari selaput mulut, hidung dan tenggorokan serta dari bekas lubang suntikan terjadi pada 40-50 persen kasus. Hal ini menyebabkan muntah darah, batuk darah dan berak darah. Pendarahan pada kulit menyebabkan petechiae, purpura, ecchymosis dan hematomas (terutama sekitar tempat injeksi). Mata menjadi merah karena pendarahan dapat juga terjadi. Pendarahan berat jarang terjadi, dan jika terjadi biasanya terlokalisasi di saluran pencernaan.

Pencegahan penularan ebola meliputi upaya mengurangi penyebaran penyakit dari monyet dan babi yang terinfeksi ke manusia. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa hewan tersebut terhadap infeksi, serta membunuh dan membuang hewan yang terpapar virus ebola. Memasak daging dengan benar dan mengenakan pakaian pelindung ketika mengolah daging juga mungkin berguna, penggunaan pakaian pelindung dan mencuci tangan ketika berada di sekitar orang yang menderita penyakit ebola merupakan pencegahan penyebaran dari sesama manusia. Sampel cairan dan jaringan tubuh dari penderita penyakit harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Kesembuhan atau recovery dari virus ebola mulai terjadi antara 7 sampai 14 hari, setelah gejala pertama terjadi. Kematian biasanya terjadi antara 6 sampai 16 hari, setelah gejala pertama terjadi, dan seringkali terjadi karena 'syok' akibat tekanan darah rendah. Pada umumnya, pendarahan seringkali menunjukkan hal yang buruk, kehilangan darah dapat menyebabkan kematian. Seringkali penderita mengalami koma, sebelum kematiannya. Penderita yang selamat seringkali mengalami sakit otot dan sendi secara terus menerus, pembengkakan hati, berkurangnya pendengaran, dan mungkin mengalami hal-hal sebagai berikut: merasa capai, lemas berkelanjutan, berkurangnya nafsu makan, dan kesulitan mencapai berat semula sebelum sakit. Antibodi terbentuk untuk sekurangnya 10 tahun, tetapi belum jelas apakah penderita yang selamat akan kebal terhadap infeksi berulang dan seseorang yang telah sembuh tidak akan menyebarkan penyakit lagi.

(Diadaptasi dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_virus_ebola)

11. Subtopik: Soal Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan paragraf 2, manakah pernyataan di bawah ini yang benar?

  1. pendarahan di sekitar mulut,hidung dan tenggorokan akan menyebabkan demam dan flu berat
  2. pendarahan dalam dapat terjadi setelah 14 hari setelah gejala pertama terjadi 
  3. bekas suntikan dapat menyebabkan penyakit ebola
  4. pendarahan berat akan terlokalisasi di saluran pernapasan 
  5. penderita penyakit ebola akan mengalami kesulitan pembekuan darah jika terjadi pendarahan 

 

Jawaban: E

Pembahasan

Paragraf 2 ini dijelaskan tentang pendarahan yang disebabkan oleh virus ebola. maka disimpulkan beberapa hal yaitu 

  • Pernyataan A salah, karena pendarahan di sekitar mulut,hidung dan tenggorokan akan menyebabkan muntah darah, batuk darah dan berak darah.
  • Pernyataan B salah, karena pendarahan dalam dapat terjadi setelah 5-7 hari setelah gejala pertama terjadi.
  • Pernyataan C salah, karena bekas suntikan hanya dapat menyebabkan pendarahan bukan penyakit ebola.
  • Pernyataan D salah, karena pendarahan berat akan terlokalisasi di saluran pencernaan.
  • Pernyataan E benar karena penderita penyakit ebola yang mengalami pendarahan akan mengalami kesulitan pembekuan darah. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

12. Subtopik: Soal Kesesuaian Pernyataan

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah ….

  1. semua penderita penyakit ebola akan mengalami kesulitan pembekuan darah 
  2. semua penderita ebola akan mengalami koma sebelum kematiannya 
  3. virus ebola menular melalui kontak dengan udara yang tercemar gas karbondioksida  
  4. tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan kematian pada penderita ebola 
  5. semua penderita ebola akan mengalami 'maculopapular rash' pada kulitnya 

 

Jawaban: D

Pembahasan

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan yang paling mungkin benar terdapat pada pilihan jawaban D, karena pada paragraf 4 dikatakan bahwa kematian biasanya terjadi antara 6 sampai 16 hari, setelah gejala pertama terjadi, dan seringkali terjadi karena 'syok' akibat tekanan darah yang rendah. Sedangkan opsi lain 

  • Opsi A salah karena pada paragraf 2 dikatakan bahwa “pada beberapa kasus” yang berarti tidak semua penderita ebola.
  • Opsi B salah karena pada paragraf 4 dikatakan bahwa “Seringkali penderita mengalami koma, sebelum kematiannya” kata seringkali berarti tidak selama penderita mengalami koma sebelum kematiannya. 
  • Opsi C salah karena pada paragraf 3 dikatakan bahwa virus ebola menyebar melalui kontak dengan manusia dan dari hewan ternak berupa babi.
  • Opsi E salah karena pada paragraf 1 dikatakan bahwa “sekitar separuh kasus, penderita mengalami 'maculopapular rash' pada kulit yang terjadi 5 sampai 7 hari setelah gejala pertama terjadi.” Kata separuh kasus mengindikasikan tidak semua penderita ebola mengalami maculopapular rash.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

13. Subtopik: Soal Simpulan Logis

Semua siswa diminta mempersiapkan diri untuk ulangan. Beberapa siswa tidak mempersiapkan diri. Kesimpulan yang tepat adalah …

  1. Semua siswa mempersiapkan diri dan mendapat nilai baik 
  2. Sebagian siswa tidak mempersiapkan diri dan tidak mendapat nilai baik 
  3. Beberapa siswa mempersiapkan diri 
  4. Semua siswa mempersiapkan diri 
  5. Siswa yang tidak mempersiapkan bisa tidak lulus 

 

Jawaban: C

Pembahasan

Saat ada beberapa siswa yang tidak mempersiapkan diri, maka ada beberapa siswa yang mempersiapkan diri.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

14. Subtopik: Soal Simpulan Logis

Tidak ada bunga mawar kecuali berwarna putih dan ungu.

Lisa menerima bunga bukan putih, bukan merah. 

Kesimpulan yang tepat tentang bunga yang diterima oleh Lisa adalah ….

  1. Bunga mawar putih 
  2. Bunga mawar ungu 
  3. Bunga bukan mawar 
  4. Bunga bukan mawar putih 
  5. Bunga mawar bukan ungu dan bukan putih 

 

Jawaban: D

Pembahasan

Tidak ada bunga mawar kecuali berwarna putih dan ungu. Berarti semua mawar berwarna putih atau ungu. 

Lisa menerima bunga bukan putih, bukan merah. 

Kesimpulan: bunga yang diterima Lisa adalah bukan mawar putih. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

15. Subtopik: Soal Simpulan Logis

soal tps utbk

Lumba-lumba bernapas dengan paru-paru (Sumber: mentalfloss.com)

Makhluk laut yang bernapas dengan insang adalah ikan. 

Lumba-lumba adalah makhluk laut yang bernapas dengan paru-paru. 

Kesimpulan yang tepat adalah ….

  1. Semua lumba-lumba termasuk jenis ikan yang hidup di laut 
  2. Semua lumba-lumba dan ikan adalah makhluk hidup di laut 
  3. Sebagian lumba-lumba termasuk jenis ikan yang hidup di laut 
  4. Semua ikan termasuk jenis lumba-lumba yang hidup di laut 
  5. Sebagian ikan termasuk jenis lumba-lumba yang hidup di laut 

 

Jawaban: B

Pembahasan

Makhluk hidup yang bernapas dengan insang adalah ikan. Lumba-lumba adalah makhluk laut yang bernapas dengan paru-paru.

Kesimpulan: lumba-lumba dan ikan merupakan makhluk yang sama-sama hidup di laut

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

16. Subtopik: Soal Simpulan Logis

Setiap anggota kelompok A adalah anggota kelompok B.

Setiap anggota kelompok B adalah anggota kelompok C.

Simpulan yang tepat tentang kemungkinan keanggotaan A, B dan C adalah ….

  1. Tidak mungkin ada anggota kelompok A yang merupakan anggota kelompok C
  2. Mungkin ada anggota kelompok A yang bukan merupakan anggota C
  3. Tidak mungkin ada anggota kelompok C yang merupakan anggota A. 
  4. Tidak mungkin ada anggota kelompok C yang merupakan anggota B
  5. Mungkin ada anggota kelompok C yang bukan merupakan anggota A. 

 

Jawaban: E

Pembahasan

Setiap anggota kelompok A adalah anggota kelompok B. 

Setiap anggota kelompok B adalah anggota kelompok C.

Kesimpulan: mungkin ada anggota kelompok C yang bukan merupakan anggota A. Hal ini karena sebagian anggota kelompok C merupakan seluruh anggota kelompok A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

17. Subtopik: Soal Penalaran Analitik

Jimin, Jungkook, Taehyung, Yoongi dan Seokjin sedang mengikuti sebuah tes dan memperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Nilai Taehyung lebih tinggi daripada nilai Jimin dan dua kali nilai Jungkook
  2. Jika nilai Jimin dan Jungkook ditambahkan, hasilnya sama dengan nilai Yoongi
  3. Nilai Jimin lebih besar daripada nilai Seokjin, namun hanya sepertiga nilai Yoongi 

Urutan lima siswa yang memiliki nilai tertinggi ke nilai terendah adalah ….

  1. Taehyung, Yoongi, Jungkook, Jimin, Seokjin 
  2. Taehyung, Yoongi, Jimin, Jungkook, Seokjin
  3. Yoongi, Taehyung, Jungkook, Jimin, Seokjin
  4. Yoongi, Jungkook, Taehyung, Jimin, Seokjin
  5. Jungkook, Taehyung, Yoongi, Jimin, Seokjin

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Jimin, Jungkook, Taehyung, Yoongi dan Seokjin sedang mengikuti sebuah tes dan memperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Nilai Taehyung lebih tinggi daripada nilai Jimin dan dua kali nilai Jungkook.
    Taehyung > Jimin
    Taehyung = 2 x Jungkook ⇒ Taehyung > Jungkook 
  2. Jika nilai Jimin dan Jungkook ditambahkan, hasilnya sama dengan nilai Yoongi.
    Jimin + Jungkook  = Yoongi ⇒  Yoongi > Jungkook, ⇒  Yoongi > Jungkook
  3. Nilai Jimin lebih besar daripada nilai Seokjin, namun hanya sepertiga nilai Yoongi
    Jimin > Seokjin
    Jimin = ⅓ Yoongi ⇒ Jimin < Yoongi

 

Dari syarat 2 dan 3, maka 

Jimin + Jungkook = Yoongi 

Jimin = ⅓ Yoongi

maka Jungkook ⅔ Yoongi 

akibatnya, Jungkook > Jimin

 

Dari syarat 1, maka 

Taehyung = 2 x Jungkook  ⇒ Taehyung = 2 x ⅔ Yoongi 

  ⇒ Taehyung = 4/3 Yoongi 

akibatnya, Taehyung > Yoongi 

 

Perhatikan tulisan yang dicetak tebal, maka 

Taehyung > Yoongi > Jungkook  > Jimin > Seokjin

Jadi, urutan siswa yang memiliki nilai tertinggi ke nilai terendah adalah 

Taehyung, Yoongi, Jungkook, Jimin, Seokjin    

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

18. Subtopik: Soal Penalaran Analitik

Teks berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 18, 19 dan 20.

Dalam pertandingan bulu tangkis Daniel selalu kalah melawan Wisnu, tetapi dalam cabang olahraga yang lainnya ia selalu menang bila bertanding melawan Wisnu. Putra selalu menang dalam pertandingan tenis meja melawan Wisnu, tetapi dalam cabang bulu tangkis ia akan kalah bila bertanding melawan Daniel. Reza adalah pemain bulu tangkis terbaik, tetapi dalam cabang tenis meja dia tidak sebaik Wisnu. Dalam cabang tenis meja, Aldian lebih baik daripada Daniel, sedangkan dalam cabang bulu tangkis ia menempati urutan tepat di bawah Reza. 

 

Siapakah pemain tenis meja terbaik di antara kelima atlet tersebut?

  1. Daniel 
  2. Wisnu 
  3. Putra 
  4. Reza 
  5. Aldian

 

Jawaban: E

Pembahasan

Untuk memudahkannya kita menggunakan tabel. 

Bulu tangkis 

Cabang lain (termasuk tenis)

Kalah 

Menang 

Kalah 

Menang

Daniel 

Wisnu 

Wisnu

Daniel 

Putra 

Daniel

Reza 

Wisnu

Aldian 

Reza (terbaik)

Daniel 

Aldian

 

Pemain tenis meja terbaik di antara kelima atlet tersebut adalah Aldian. Dengan demikian, jawaban adalah E

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

19. Subtopik: Soal Penalaran Analitik

Untuk cabang olahraga tenis meja, ranking pemain terbaik yang manakah yang paling tepat dari urutan di bawah ini?

  1. Wisnu - Daniel - Putra - Reza - Aldian 
  2. Daniel - Wisnu - Putra - Aldian - Reza
  3. Reza - Aldian - Putra - Wisnu - Daniel
  4. Aldian - Reza - Putra - Wisnu - Daniel
  5. Aldian - Daniel - Putra - Wisnu - Reza

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Perhatikan tabel pada pembahasan nomor 18. 

Untuk cabang olahraga tenis meja, ranking pemain terbaik secara berurutan adalah Aldian - Daniel - Putra - Wisnu - Reza. Dengan demikian, jawaban adalah E

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

20. Subtopik: Soal Penalaran Analitik

Untuk cabang olahraga bulu tangkis, ranking pemain terbaik manakah yang paling tepat dari urutan di bawah ini?

  1. Reza - Aldian - Daniel - Wisnu - Putra 
  2. Wisnu - Daniel - Reza - Aldian - Putra 
  3. Reza - Aldian - Wisnu - Daniel - Putra 
  4. Wisnu - Reza - Aldian - Daniel - Putra 
  5. Reza - Aldian - Putra - Wisnu - Daniel

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan tabel pada pembahasan nomor 18. 

Untuk cabang olahraga bulu tangkis, ranking pemain terbaik secara berurutan adalah Reza - Aldian - Wisnu - Daniel - Putra. Dengan demikian, jawaban adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-4

Sudah selesai mengerjakan soal-soal TPS UTBK di atas? Berapa soal yang bisa kamu jawab benar? Yuk, jangan patah semangat, pelajari juga jenis soal-soal lainnya di tps.ruangguru.com, ada ratusan kumpulan latihan soal dan juga tips strategi dalma pengerjaan soal agar tidak melakukan kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar