Soal Ujian Nasional Makin Sulit, Yuk Bantu Anak dengan 5 Cara Ini

Andrea Lidwina

Jan 7, 2019 • 4 min read

parenting


bantu anak un

Smart Parents, beberapa bulan lagi anak akan menghadapi Ujian Nasional (UN) lho! Seperti tahun lalu, UN 2019 masih akan menggunakan tipe soal higher order thinking skills (HOTS) sebanyak 15 sampai 20 persen dari total keseluruhan soal. HOTS memiliki level yang lebih tinggi dari tipe soal pada umumnya, sebab anak tidak bisa hanya mempelajari materi pelajaran dengan menghafal, tetapi mereka harus memiliki kemampuan menganalisis dan pemikiran kritis mengenai setiap konsep materi pelajaran.

Nah, untuk menghadapi soal UN yang semakin sulit, Smart Parents perlu membantu anak dalam persiapannya guna meringankan beban dan tekanan yang mereka rasakan. Yuk, simak 5 cara yang bisa Smart Parents lakukan untuk membantu anak menghadapi soal-soal UN yang semakin sulit.

1. Memastikan anak dalam kondisi fisik yang baik

bantu anak un

Kondisi fisik anak yang prima bisa membuatnya fokus dan penuh konsentrasi saat mengerjakan ujian (Sumber: extendednotes.com)

Smart Parents, persiapan anak untuk menghadapi UN bukan hanya dengan belajar dan memahami materi pelajaran, tetapi fisik mereka harus dalam kondisi prima. Anda perlu memastikan anak mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, mendapatkan tidur malam yang cukup, dan tetap berolahraga. Jika anak memiliki badan yang bugar, maka mereka bisa mengerjakan UN dengan fokus dan konsentrasi penuh.

2. Mengingatkan anak untuk mengulang materi dan mengerjakan latihan soal

bantu anak un

Orang tua perlu mengingatkan anak untuk belajar dan mengerjakan latihan soal secara rutin (Sumber: sciencenewsforstudents.org)

Mempelajari materi-materi pelajaran untuk UN sebaiknya tidak dilakukan dengan sistem kebut semalam (SKS). Smart Parents perlu mengingatkan anak untuk mengulang materi yang dipelajari di sekolah dan mengerjakan latihan soal selama 30 menit hingga 1 jam setiap hari. Dengan belajar secara rutin, akan semakin banyak materi pelajaran yang diserap dan diingat anak, juga tidak memforsir diri mereka menjelang UN berlangsung.

3. Memberikan anak waktu bermain dan refreshing

bantu anak un

Anak harus diperbolehkan melakukan refreshing yang cukup di sela-sela waktu belajar (Sumber: elitereaders.com)

Belajar dan berlatih memang penting diutamakan dalam persiapan UN, tetapi jangan sampai meniadakan waktu bermain dan refreshing untuk anak ya, Smart Parents. Jalan-jalan, menonton film, dan bermain game bisa menjadi bentuk refreshing anak untuk menyegarkan kembali otak mereka yang terus-menerus diisi dengan materi pelajaran. Waktu refreshing yang cukup akan bisa membantu anak menghadapi UN dengan baik.

4. Menawarkan bantuan kepada anak

bantu anak un

Menawarkan bantuan dan mengajak anak berbicara bisa melepaskan stresnya ketika melakukan persiapan menghadapi UN (Sumber: wrif.com)

Smart Parents, membantu anak menghadapi UN bisa dilakukan dengan memberikan perhatian kepada mereka selama persiapannya berlangsung. Anda bisa menawarkan bantuan kepada mereka, seperti mengingatkan jadwal try out di sekolah atau alat tulis yang harus dibawa saat ujian berlangsung. Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak berbicara sehingga mereka bisa mengeluarkan keluh kesah dan perasaan stres.

5. Membangun kepercayaan diri anak

bantu anak un

Orang tua perlu mendukung dan membangun kepercayaan diri anak dalam menghadapi ujian (Sumber: oxfordlearning.com)

Ketika anak sudah belajar dan fisiknya dalam kondisi baik, terakhir Smart Parents perlu memberikan dukungan emosional pada mereka. Ajak mereka untuk percaya pada usaha dan kerja kerasnya selama ini sehingga pasti bisa mengerjakan soal-soal UN. Meskipun nanti hasilnya belum memuaskan, ingatkan anak bahwa mereka memiliki bakat dan bisa berprestasi di bidang lain, selain bidang akademik.

Persiapan Ujian Nasional bisa membuat anak stres dan tertekan, apalagi bila anak sudah mengetahui mereka akan menghadapi soal-soal yang sulit. Oleh sebab itu, peran Smart Parents melalui 5 cara ini sangat dibutuhkan untuk menenangkan dan menyemangati anak agar persiapannya bisa berjalan dengan maksimal.

Selain itu, materi pelajaran dalam bentuk yang berbeda juga bisa didapatkan anak melalui ruangbelajar. Mereka bisa mengakses video pembelajaran beranimasi, rangkuman, infografis, dan latihan soal. Ayo Smart Parents, daftar sekarang dan kenalkan anak pada media belajar yang menarik!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts