Solusi Belajar Anak dengan Multimedia Berdasarkan Perspektif Korea

Chairunnisya Tisa Mar 15, 2018 • 2 min read


Satu dari tiga topik besar yang dibahas pada Learning Innovation Summit 2018 adalah “Education Technology”. Salah satu tema yang dibahas, Learning Support for Kids: Perspective from Korea disampaikan oleh Meeyoung Hong Chang, Head of Child Education & Culture Institute, PDM Inc. Affiliate of Sigong Group, Korea. PDM adalah perusahaan yang berfokus pada perkembangan anak usia dini. Perusahaan tersebut mengembangkan proses belajar murid-murid TK sambil bermain. Untuk mendukung hal tersebut PDM menggunakan multimedia untuk menyampaikan pesan pada anak-anak.

Solusi Belajar Anak dengan Multimedia Meeyoung Hong Chang, Head of Child Education & Culture Institute, PDM Inc. (Sumber: Ruangguru)

“Tujuan kami adalah menciptakan solusi total dengan pembelajaran multimedia. Salah satu kurikulum kami adalah Nuri Nori, yang mengacu pada anak dan permainan yang sesuai dengan standar global. Melalui Nuri Nori kami berharap bisa membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mereka melalui multimedia yang bisa mereka lihat melalui HP.” ujar Meeyoung Hong.

Nuri Nori mulai dikembangkan pada tahun 2012. Ada 12 tema di Nuri-Nori untuk aktivitas harian maupun aktivitas lainnya, seperti transportasi, kesehatan, keamanan, kebiasaan, keluarga, dan lain-lain. Semua konten sudah diuji sehingga siap untuk diberikan pada anak-anak. Untuk anak preparation school (TK) yang masih belajar dari sesuatu yang mereka lakukan, PDM menyesuaikannya dengan kurikulum praktik. Layanan ini dikenal dengan Nuri Nori Touch, gabungan multimedia dan aktivitas langsung anak-anak. 

Solusi Belajar Anak dengan Multimedia

 

 Kurikulum Nuri Nori yang mulai dikembangkan pada tahun 2017. (Sumber: PDM Inc.)

“Ketika anak-anak naik mobil mereka tidak suka menggunakan sabuk pengaman. Lalu kami mencari ide agar anak-anak suka menggunakan sabuk pengaman dengan membuat cerita sebaik mungkin, dan memerlihatkan pada mereka pentingnya penggunaan sabuk pengaman.” ujar Meeyoung setelah memerlihatkan salah satu video multimedia mengenai keamanan (safety).

Selain mendukung perkembangan anak-anak, PDM juga melaksanakan aktivitas bulanan untuk guru-guru seperti online training, komunitas untuk guru agar bisa berbagi ilmu, serta memberikan contoh desain ruangan kelas dengan kreasi seni yang menarik untuk anak-anak.

Hingga saat ini ada lebih dari 2000 konten multimedia yang sudah dikembangkan baik berbahasa Korea maupun bahasa Inggris dan bahasa Cina. Untuk mendukung perkembangan anak-anak, Pemerintah Korea mendukung dengan menyediakan sistem dan biaya. Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah, PDM akan mengekspor konten mereka ke India dan Cina. Selain itu PDM juga berharap dapat bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk mentransfer video-video tersebut ke Indonesia.

Ruangguru sebagai penyedia layanan pendidikan juga menyediakan video pelajaran untuk semua jenjang sekolah melalui  ruangbelajar. Produk ini diharapkan dapat membantu anak-anak Indonesia memahami pelajaran sehingga #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar