7 Solusi Belajar untuk Menghadapi Ulangan Matematika

Hani Ammariah Nov 21, 2019 • 6 min read


solusi belajar matematika

Artikel ini dapat memberikanmu solusi mengenai cara belajar yang efektif untuk menghadapi ulangan Matematika.

--

Hari ini ada ulangan Matematika. Kemarin, kamu udah belajar mati-matian hingga larut malam. Tapi, pas ngerjain soal, kok masih aja sulit, ya. Alhasil, nilai kamu tetap jelek, deh. Duh, nggak ada bedanya nih mau belajar atau nggak belajar. Ujung-ujungnya bakal remed juga. Sedih...

 

Pernah nggak kamu ngalamin hal kayak gitu? Apa tiap ulangan Matematika selalu begitu? Hmm, kalau itu sih kayaknya ada yang salah deh sama cara belajar kamu. Masa sih, udah belajar segitu kerasnya masih aja remed.

solusi belajar matematika(sumber: giphy.com)

 

Matematika emang pelajaran yang nggak mudah. Banyak rumus yang harus dipahami dengan baik. Oleh karena itu, belajar aja tanpa adanya kiat-kiat tertentu nggak akan cukup untuk bisa menguasai pelajaran ini. Apalagi, belajar ala sistem kebut semalam. Duh, jangan harap deh kamu bisa dapat nilai bagus.

Terus gimana?

Belajar Matematika itu perlu waktu. Harus dicicil dari jauh-jauh hari. Artinya, nggak bisa tuh besok ujian, malam ini baru belajar. Selain itu, kamu juga perlu tau teknik khusus belajar Matematika agar waktu yang kamu habiskan untuk belajar sebanding dengan nilai yang diperoleh. Teknik ini juga bisa dijadikan solusi yang tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal nantinya. Mumpung sebentar lagi mau Penilaian Akhir Semester (PAS), nih. Kamu bisa mulai mempraktikkannya dari sekarang. Gimana, penasaran? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

 

1. Perbanyak Latihan Soal

Setiap soal memiliki karakteristik dan cara penyelesaiannya masing-masing. Dengan memperbanyak latihan soal, logika dan analisis berpikirmu akan semakin meningkat. Semakin banyak soal-soal Matematika yang kamu selesaikan, itu semakin bagus, loh. Jadi, belajar Matematika itu jangan cuma dari membaca dan mendengarkan aja, ya.

Banyak berlatih mengerjakan soal juga dapat membantumu untuk mengingat rumus-rumus Matematika, loh. Coba aja kerjakan 10 soal dengan rumus yang sama, pasti lama-lama jadi hafal sendiri. Nah, berhubung masih ada waktu untuk latihan soal sebelum PAS, coba deh kamu cek blog Ruangguru, di sana udah ada soal-soal latihan sebagai persiapan kamu untuk menghadapi ujian akhir semester nanti.  

berlatih soal

Berlatih soal dapat melatih logika berpikirmu. (sumber: pexels.com)

2. Belajar dari Kesalahan

Ketika kamu mencoba menyelesaikan suatu masalah, hal terpenting adalah proses yang kamu lakukan dalam menemukan sebuah solusi. Teman-teman jangan patah semangat ya saat kamu berbuat salah dalam mengerjakan suatu soal. Kamu harus pahami titik kesalahanmu dan coba temukan solusi dari kesalahan itu. Jangan sampai di ulangan nanti kamu mengulangi kesalahan yang sama, ya. 

3. Kuasai Konsepnya

Poin ketiga ini bisa dibilang penting banget untuk kamu terapkan. Pasti ada aja di antara kamu yang masih suka ngafalin cara atau jawaban dari suatu soal. Waduh, itu sih bahaya banget, ya. Kenapa? Kalau soalnya diutak-atik dikit, kamu jadi langsung kelimpungan, deh. Lebih baik pahami caranya, ya. Kamu juga harus ingat kalau materi dalam Matematika itu disajikan berurut, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks (rumit). Jadi, penting banget nih untuk memiliki pemahaman yang kuat terhadap konsep yang menjadi kunci dalam suatu topik Matematika sebelum lanjut ke materi yang lebih kompleks lagi.

4. Kerjakan Soal Meskipun itu Sulit

Saat belajar Matematika, kamu pasti pernah merasa bingung dalam menyelesaikan sebuah soal. Biasanya, ketika kamu dihadapkan pada kondisi ini, hal yang kamu lakukan adalah melewatkan soal itu dan lanjut lagi ke soal berikutnya. Nah teman-teman, mulai sekarang, kamu harus berhenti melakukan hal itu, ya. Kamu harus mencoba untuk menyelesaikan soal tersebut dan pahami proses pengerjaannya. Kamu juga bisa belajar bareng teman yang dapat diajak berdiskusi dan bertukar ide terkait soal yang tidak kamu pahami itu. Jangan sampai soal yang kamu lewati itu keluar di ulangan nanti, lho!

ketahui keraguanmu

Jangan gengsi untuk minta diajarkan teman yang lebih tau, ya! (sumber: pexels.com)

5. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Bebas Gangguan

Matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan konsentrasi lebih dibandingkan dengan pelajaran lain. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang baik dan bebas gangguan, kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Belajar sambil mendengarkan musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks dan merangsang aliran informasi lebih mudah masuk menuju otak. Eits! Tapi, jangan pilih musik yang justru membuatmu nggak fokus belajar, ya. Kayak lagu "Entah Apa yang Merasukimu" versi DJ Gagak, contohnya. Tau sendiri kan nanti akibatnya. Hmm...

6. Buat Kamus Matematika

Kamu pasti udah tau kalau Matematika punya banyak sekali rumus. Rumus-rumus ini yang nantinya berguna untuk menjawab soal di ulangan nanti. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk membuat catatan yang berisi definisi serta rumus dari materi yang akan diujikan nanti. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan contoh soal dan langkah penyelesaiannya agar kamu semakin paham. Jangan lupa tandai mana yang menjadi poin-poin penting dari catatanmu itu, ya.

buat catatan

Membuat catatan sendiri lebih efektif dibandingkan fotocopy catatan teman (sumber: pexels.com)

7. Aplikasikan Rumus Matematika untuk Menyelesaikan Masalah Sehari-hari

Rumus Matematika memang terlihat abstrak sampai kadang kamu nggak ngerti lagi kegunaannya untuk apa. Tapi, jangan salah, loh. Banyak rumus-rumus sederhana yang telah kamu pelajari di sekolah digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Misalnya aja rumus menghitung luas dan volume bangun datar dan ruang, atau rumus menghitung diskon harga suatu barang. Dengan mengaplikasikan rumus ke dalam kehidupan sehari-hari, itu dapat mengubah pandanganmu terhadap Matematika, loh. Kamu bisa mencari masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan rumus Matematika yang akan diujikan nanti. 

 

Nah teman-teman, itu tadi beberapa teknik yang bisa kamu jadikan solusi untuk menghadapi ulangan Matematika nanti. Selain menjalankan poin-poin di atas, kamu juga harus percaya diri untuk menghadapi ujian agar tidak terlalu grogi dan membuat apa yang kamu pelajari jadi ambyar nantinya. 

Oh iya, kalau misalnya kamu merasa bosan dengan cara belajarmu yang gitu-gitu aja, coba deh download aplikasi ruangbelajar. Di ruangbelajar, belajar jadi lebih seru dan menarik lewat video belajar beranimasi dan Master Teacher yang asik. Eits! Ada rangkuman dan latihan soalnya juga, lho! Tuh kan, kurang apalagi.    

ruangbelajar

Beri Komentar