Mengintip Kegiatan Sosialisasi IKM Digital Learning di Sumut

Naya Dini

Jul 4, 2019 • 2 min read

sukses kerja


ikm digital learning

Artikel ini merupakan rilis berita kegiatan sosialisasi IKM Digital Learning oleh Kemenperin di Medan, Sumatera Utara.

--

Konten digital pelatihan hasil kerja sama Ruangguru dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), IKM Digital Learning, tidak henti disosialisasikan kepada para pelaku IKM (Industri Kecil Menengah). Bulan Maret lalu, Kemenperin mengadakan sosialisasi e-Smart bagi pelaku IKM di Sumut (Sumatera Utara). Dihadiri oleh kurang lebih 200 IKM, sosialisasi ini diadakan di IFGF Ruko Seoul Garden, blok G III & IV Lantai 3, Komplek Center Point Medan, Senin (4/3/2019). 

Pada acara tersebut dijelaskan dengan seksama mengenai apa itu IKM Digital Learning dan bagaimana cara untuk menggunakannya demi mendukung suksesnya usaha IKM di Sumut. Melalui IKM Digital Learning para pengusaha IKM dapat mempelajari tentang standardisasi produk, jenis-jenis kemasan, pentingnya Hak Kekayaan Intelektual, hingga restrukturisasi mesin dan peralatan produksi. Kelas IKM Digital Learning merupakan sebuah materi pembelajaran di aplikasi ruangkerja yang dapat diakses oleh siapa saja untuk memahami dan mengembangkan usaha Industri Kecil Menengah. Pada kelas IKM Digital Learning terdapat materi berupa video animasi, kuis, rangkuman belajar, serta sertifikat sebagai apresiasi dan bukti telah menyelesaikan materi pembelajaran.

ikmKegiatan sosialisasi IKM Digital Learning di Medan, Sumut (Dok: Tribun Medan)

Pembuatan konten IKM Digital Learning ini merupakan bagian dari realisasi program e-Smart oleh Kemenperin. Program e-Smart sendiri merupakan upaya Kementerian Perindustrian dengan tiga online marketplace (Tokopedia, Blibli, dan Shopee) untuk memfasilitasi para pengusaha IKM untuk digitalisasi usaha. Itulah alasannya dalam acara ini diundang pula SME Channel Specialist Blibi.com sekaligus trainer dan speaker, Kresna Prabuwara Subari.

Kegiatan hari itu diharapkan dapat menunjang pemanfaatan e-commerce dalam pengembangan IKM di Sumut. Ekonomi digital termasuk e-commerce merupakan masa depan dari ekonomi dunia termasuk Indonesia. Pernyataan tersebut diperkuat dengan fakta yang menjelaskan bahwa pengguna internet di Indonesia yang berbelanja online sudah mencapai 30 juta orang di tahun 2017.

Data dari BPS menjelaskan bahwa kontribusi IKM terhadap perekonomian sangat besar mencapai 61,41% artinya ekonomi di Indonesia tidak lagi ditopang oleh bisnis-bisnis besar saja, tapi IKM juga sudah mendongkrak ekonomi Indonesia. Kemenperin yakin melalui IKM Digital Learning para pengusaha e-Smart dapat berkembang lebih cepat dan sukses.

 

Tentang ruangkerja

Aplikasi ruangkerja adalah sebuah platform pelatihan online bersertifikasi untuk mahasiswa dan profesional yang dikemas secara menarik dengan menggunakan metode journey-based learning dan micro learning. Lengkap dengan kombinasi video beranimasi, kuis, infografik, artikel, dan modul interaktif lainnya. Inisiatif ini merupakan langkah awal Ruangguru untuk memfasilitasi life-long learning di Indonesia—khususnya dalam menjembatani gap dari pendidikan formal dan dunia kerja.

Ruangguru sendiri telah didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Via: Tribun Medan

Beri Komentar

Recent Posts