Sosiologi Kelas 11 | Mengenal Permasalahan Sosial akibat Persoalan Sampah

Sosiologi Kelas 11 | Mengenal Permasalahan Sosial akibat Persoalan Sampah

Artikel Sosiologi kelas XI ini membahas tentang masalah sosial di masyarakat akibat membuang sampah sembarangan.

--

Kalian pasti pernah dong menemui tulisan “Dilarang buang sampah di sini!”. Kalimat itu biasanya ada di pinggir jalan, harapannya agar area tersebut bebas sampah. Namun, kalian tahu apa yang terjadi? Kenyataan memang tak seindah harapan. Tetap saja sampah-sampah itu tergeletak manja di bawah tulisan itu.

Mengenal Permasalahan Sosial akibat Persoalan Sampah

Papan larangan membuang sampah (sumber: hipwee.com)

Rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dapat menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Nah, kalau kalian amati, masalah sampah terlihat seperti masalah pencemaran lingkungan biasa, kan. Namun, jika mengganggu kehidupan banyak orang bisa jadi masalah sosial, lho.

Masalah sosial adalah kondisi yang tidak diinginkan dan mempengaruhi kehidupan masyarakat, sehingga diperlukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Sampah merupakan masalah sosial karena dapat mencemari lingkungan dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Baca juga: Pengertian Masalah Sosial dan 5 Kriteria untuk Menentukannya

Sosiologi Kelas 11 | Mengenal Permasalahan Sosial akibat Persoalan Sampah

Membuang sampah sembarangan memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, apalagi kalau nyampahnya ke sungai atau got. Ujung-ujungnya, air nggak bisa mengalir dengan lancar, terus pas musim penghujan tiba, bisa menyebabkan banjir, deh

Mengenal Permasalahan Sosial akibat Persoalan Sampah

Tradisi membuang sampah sembarangan di sungai (sumber: Republika.co.id)

Kalian tahu nggak apa saja dampak yang akan timbul akibat banjir? Nah, kalau kalian cermati, banjir dapat menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat, lho. Misalnya, kesulitan air bersih, masalah kesehatan, kerusakan rumah yang mengharuskan mereka mengungsi, hingga masalah kemiskinan karena harta benda mereka hanyut. Jadi, diperlukan solusi yang tepat tuh untuk mengatasi masalah tersebut. Kira-kira apa aja sih solusi yang bisa dilakukan? Yuk, simak gambar di bawah.

Sosiologi Kelas 11 | Mengenal Permasalahan Sosial akibat Persoalan Sampah

Nah, sekarang kalian udah tahu kan kalau ternyata membuang sampah sembarangan akan menimbulkan permasalahan sosial. Oleh karena itu, mulai sekarang, yuk, kita bijak dalam mengelola sampah, agar tercipta lingkungan yang sehat. Gimana? Sekarang kalian tertarik mempelajari lebih banyak materi Sosiologi lagi? Langsung aja gabung di ruangbelajar! Ada video dan latihan soal yang akan membuat belajar kalian lebih mudah.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts