Matematika Kelas 7  | Mengenal SPLSV: Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup

Created by : Thalitha Ariesti Widhia
on Jul 11, 2018 4:37:45 PM
5 min read

Matematika_7

Artikel ini akan mengenalkanmu kepada materi Sistem Persaman Linear Satu Variabel melalui materi Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup.

--

Halo Squad! Rogu dan kawannya, Rudi, sedang dalam perjalanan nih ke Jakarta. Di perjalanan ini, mereka asyik sekali tulisan-tulisan yang ada di sepanjang jalan. Yuk ikuti ceritanya!

 Rogu : “Rudi, kamu tahu gak kalo Jakarta itu ibukota Indonesia loh!”

Rudi : “Iya benar kalimat kamu itu lho. Eh, lihat deh ke poster depan toko itu. Kalimatnya salah tuh.”

Rogu : “Iya salah masa harga dua mangkuk 50 ribu. Kan satu mangkok harganya 10 ribu.”

Rudi : “10.000 + 10.000 = 50.000 ? Salah tuh.”

Rogu : “Lihat ke toko sushi itu deh. Harga 5 sushi 150.000 ? Itu benar atau salah ya?

Rudi : “Tidak tahu. Sebenarnya, kalimat yang kamu ucapkan tadi termasuk kalimat apa ya? Kalimat terbuka atau tertutup?"

Contoh kalimat tertutup - monas

 Ilustrasi monas contoh kalimat tertutup (sumber: Pinterest.com)

Kira- kira pertanyaan Rogu bisa dijawab gak ya? dan tahu tidak Squad, ternyata kalimat kalimat yang sedang dibicarakan Rogu dan Rudi juga termasuk bagian penting dalam materi matematika lho! Kok bisa? Iyap benar sekali, itu termasuk ke dalam materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV), lebih tepat termasuk ke dalam bagian Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup. Oke tidak perlu lama-lama, sekarang langsung saja kita belajar materinya. Check it out!

 

Apa itu Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup?

Nah Squad! Dilihat dari judulnya mudah banget kan? Tapi jangan salah sangka dengan arti kalimat yang dibuka ataupun kalimat yang ditutup. Ini bukan tulisan toko yang “open” atau “close” di depan gerai toko yaa hehe. Maksud sebenarnya dari Kalimat tertutup adalah sebuah kalimat yang sudah dapat dinyatakan nilai kebenarannya (bernilai benar atau salah). Maksudnya kalimat tersebut mengandung maksud yang benar atau juga bisa kalimat yang mengandung maksud salah. Seperti contoh yang dibicarakan oleh Rogu dan Rudi nih Squad, kalimat yang benar dan kalimat yang salah termasuk ke dalam kalimat Tertutup. Oke supaya kamu lebih mudah memahaminya, lihat diagram di bawah ini yuk!

 

Contoh kalimat terbuka dan kalimat tertutup

 Diagram contoh dari kalimat terbuka dan kalimat tertutup

 

Nah pada contoh nomor satu, kalimat tersebut merupakan kalimat yang benar. Sedangkan, contoh nomor dua dan tiga adalah kalimat yang salah. Kedua kalimat tersebut adalah kalimat tertutup karena sudah dapat dipastikan kebenarannya. Sudah pasti ya Squad. Ibaratnya, kalau kamu diajak temanmu untuk membeli buku, lalu kamu memberikan jawaban yang pasti yaitu iya. Nah, kalimat pernyataan dari dia itu juga dapat dikategorikan ke dalam kalimat tertutup.

 Baca Juga: Jenis-Jenis Bilangan Pecahan

Sedangkan, Kalimat Terbuka adalah sebuah kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya, karena ada unsur yang belum diketahuinya. Unsur yang belum diketahui tersebut disebut variabel.Contohnya yaitu 2x +1 = 11. Kalimat tersebut belum dapat ditentukan kebenarannya karena kita belum tahu berapa nilai x nya. x inilah dinamakan variabel. Apa sih yang dimaksud variabel? Variabel adalah simbol atau lambang yang mewakili sembarang anggota suatu himpunan semesta (dilambangkan dengan huruf kecil).

Ternyata mudah banget kan untuk membedakan kalimat terbuka dan kalimat tertutup. Lalu, apa ya hubungan kalimat terbuka dan kalimat tertutup dengan materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV)? Seperti yang telah dijelaskan di awal, kalimat terbuka dan tertutup sangat penting dan juga merupakan dasar dari materi SPLSV. Oke, langsung aja yuk belajar konsep SPLSV supaya kamu lebih kenal dengan materi SPLSV.

 

Pengertian kalimat terbuka dan kalimat tertutup

 

Konsep Sistem Persamaan Linear Satu Variabel

Jadi, alasan kamu harus belajar kalimat terbuka dan kalimat tertutup terlebih dahulu yaitu karena Sistem Persamaan Linear Satu Variabel ini merupakan Kalimat Terbuka. Sekarang Squad lebih mudah kan untuk mempelajari Sistem Persamaan Linear Satu Variabel karena sudah tahu apa dan bagaimana bentuk kalimat terbuka. Lalu, bagaimana sih kalimat terbuka diterapkan pada SPLSV? SPLSV itu mempunyai variabel, dan kalimat yang mempunyai variabel adalah kalimat terbuka. Penggambaran singkatnya seperti yang ada pada contoh dibawah yaa Squad!

Contoh soal cerita Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV)

 Contoh konsep SPLSV

 

Pada diagram Contoh dari Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup di atas , tertulis : Dua kali jumlah permen di dalam suatu toples ditambah satu adalah tujuh. Jadi misalkan nih kamu disuruh ayahmu untuk menentukan berapa jumlah permen yang ada di dalam satu toples tanpa harus menghitungnya. Ayahmu memberikan petunjuk bahwa dua toples permen ditambah satu permen adalah berjumlah tujuh buah. Nah supaya kamu dianggap anak yang pintar, pastinya dong kamu harus menjawabnya dengan benar. Tanpa menghitung pun kamu dapat menebaknya dengan cepat. Canggih kan! Oke yuk kita mulai menebak dengan cara pintar menggunakan konsep SPLSV!

Pertama-tama kamu tentukan terlebih dahulu variabelnya. Di masalah ini, hal yang belum diketahui adalah jumlah permen yang ada pada satu toples. Nah jumlah permen yang ada di satu toples inilah yang disebut variabel. Jika kita tulis ke dalam bentuk matematikanya, diperoleh 2x + 1 = 7.

 

Pembahasan soal cerita Sistem Persaaan Linear Satu Variabel (SPLSV)

 Pembahasan contoh SPLSV

 

Seperti itulah gambaran mengenai pengerjaan persamaan linear satu variabel. Di artikel ini belum dijelaskan secara detail cara operasi persamaan linear satu variabel. Untuk itu, penjelasan lebih lanjut mengenai operasinya kamu bisa mempelajarinya di Matematika Kelas 7 SMP | Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV)

Nah sekarang sudah kenalan kan dengan materi Sistem Persamaan Linear satu Variabel (SPLSV) dan juga Squad sudah tahu apa perbedaan antara Kalimat terbuka dan Kalimat Tertutup. Wah ilmu Squad bertambah deh. Biar ilmu kamu tambah banyak lagi dan biar kamu jadi tambah pintar, kamu bisa nih belajar melalui video animasi di ruangbelajar. Di sana kamu bisa belajar sekaligus latihan soal-soal. Selain itu, waktu belajar kamu akan lebih efektif, dan tidak akan menyita waktu bermain kamu. Jadiii tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi ruangguru!

ruangbelajar

Tags: konsep pelajaran SMP Kelas VII matematika vii

Beri Komentar

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read