Bahasa Inggris Kelas 11 | Mengenal Spoof Text dari Stand Up Comedy

spoof text

Artikel ini membahas tentang definisi, struktur dan ciri-ciri spoof text lewat stand up comedy.

-- 

Siapa yang nggak tahu stand up comedy? Kamu pasti tahu. Pada awalnya di Indonesia, stand up comedy atau lawak tunggal sudah lahir sejak lama, hanya saja mulai terkenal di tahun 2010. Model komedi dengan konsep monolog ini berhasil menyita masyarakat dan masih terus berkembang hingga saat ini, serta melahirkan komedian-komedian yang baru.

Jika dilihat, stand up comedy ini tidaklah sulit. Hanya bermodalkan mic, berdiri di tengah panggung, ngomong hal lucu tentang a sampai z, dan orang-orang ketawa. Pun banyak orang-orang sukses karena stand up comedy.

Padahal, di balik kesederhanaan kegiatannya, terdapat teknik-teknik yang rumit. Kamu mau tahu tekniknya supaya bisa bikin orang ketawa dan sukses? Eits, sori nih, bukannya nggak mau berbagi, hanya saja di artikel ini kita nggak akan membahas itu. Tapi kamu bisa mempelajari sesuatu yang dekat dengan teknik stand up comedy, lho. Penasaran?

Baiklah, gengs mari kita mulai dengan tokoh yang satu ini, kenal nggak?

Ernest Prakarsa Stand Up Comedian

Sumber: twitter.com

Yap! Dia adalah Ernest Prakasa. Seorang stand up comedian yang sukses, dan karirnya tersebut membawanya kepada kesuksesan lainnya. Tahu nggak, dia juga pernah membawakan stand up comedy dalam bahasa Inggris, lho

Saat itu ia sedang menghadiri acara Ted Talks, di Ubud, Bali. Ia melakukan stand up comedy dan berhasil membuat para bule terbahak-bahak karena lelucon yang dibuatnya. Keren, ya!

Sebelum ia naik ke atas panggung dan melakukan stand up comedy, ia membuat cerita lucu  dalam bahasa Inggris. Lalu ia menyampaikan cerita lucunya di depan para bule. Inilah yang akan kita bahas sekarang. Cara membuat cerita lucu dalam bahasa Inggris. Mau tahu lebih lanjut? Simak penjelasan berikut, ya! 

Dalam bahasa Inggris, cerita lucu disebut sebagai spoof text. Dikutip dari Cambridge Dictionary, spoof text merupakan karya asli seseorang, yang meniru gaya dari karya lain, agar karya asli tersebut menjadi konyol atau lucu. Mirip dengan teknik pada stand up comedy, yang menceritakan sebuah keresahan pengalaman dari pribadi, yang dibuat lucu.

By the way, kamu tahu nggak kenapa humor dan lelucon yang dapat membuat kita tertawa itu penting? Simak fakta berikut, ya!

Manfaat Tertawa

Spoof text ini penting banget untuk dipelajari. Apalagi di zaman sekarang, saat orang-orang semakin mahir story telling. Biar kamu semahir mereka, kamu juga pastinya tertarik, doong untuk mempelajari dan membuatnya? Nah, untuk membuat sebuah spoof text, kamu harus mengetahui struktur dan ciri-cirinya.

spoof text

Struktur: 

  1. Orientation : Bagian awal teks yang merupakan pengenalan tokoh latar dan lain-lain.

  2. Events : Bagian cerita yang sifatnya masih wajar.

  3. Twist : Bagian akhir cerita yang bersifat lucu dan tidak diduga-duga.

Ciri-ciri:

  1. Terdapat kata kerja dalam bentuk past tense, yaitu menunjukkan kejadian yang sudah terjadi atau lampau. Contoh: He was playing soccer. You were here yesterday.
  2. Terdapat kata kerja berupa action verbs, yaitu kata kerja yang berupa aksi. Contoh: She woke up at 6 o’clock. They cried because of the sad song.
  3. Terdapat keterangan waktu dan tempat. Contoh: Once, there was a man with a wooden leg. In the living room.
  4. Diceritakan secara kronologis, yaitu menunjukkan sesuatu terjadi secara berurutan. Contoh: Sebuah cerita menunjukkan kejadian pada jam 5 sore, kemudian terdapat keterangan an hour later, yang menunjukkan bagian cerita selanjutnya terjadi di waktu setelahnya.

Setelah kamu tahu struktur dan ciri-ciri spoof text, coba lihat contoh di bawah ini. Mungkin kamu bisa coba meniru dahulu, kemudian mempelajarinya dan membuatnya sendiri.

Rangkuman penggunaan Spoof Text

Gimana, nih gengs? Seru, kan belajar spoof text? Kamu jadinya bisa menghibur teman-temanmu yang sedang murung, dengan membuat sebuah cerita dengan akhir yang tak terduga dan lucu. Terlebih, kalau nanti kamu punya teman dari luar Indonesia, dia curhat sama kamu, gampang buat menghiburnya, tinggal pakai spoof text. Jadinya bisa makin akrab.

Menyenangkan bukan belajar bahasa Inggris? Kamu bisa belajar sesuatu dari hal-hal sekitarmu, bahkan yang tidak kamu kira. Seperti saat ini, pengetahuan yang kamu dapatkan datang dari stand up comedy yang sering kamu tonton. Kamu juga bisa berbuat kebaikan dengan pengetahuanmu itu.

Masih ingin belajar sesuatu dari hal-hal di sekitarmu yang ternyata tidak kamu sangka-sangka dan membagikan kebaikan darinya? Ruangbelajar jawabannya! Di sana ada video-video pembelajaran yang seru dan penuh pengetahuan. Download aplikasi ruangguru sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar