Squad, Yuk Cari Tahu tentang Jurusan Bisnis Digital!

Andrea Lidwina

Mar 1, 2019 • 2 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan bisnis digital

Artikel ini membahas tentang ilmu-ilmu yang dipelajari dan peluang kerja setelah lulus dari jurusan Bisnis Digital

--

Squad, Presiden Joko Widodo mendorong setiap perguruan tinggi untuk membuka jurusan yang tidak konservatif, tetapi mengikuti kebutuhan perkembangan zaman. Nah, menjawab tantangan Presiden Republik Indonesia ke-7 tersebut, Universitas Padjadjaran membuka jurusan Bisnis Digital, di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), untuk pertama kalinya di Indonesia bagi jenjang sarjana pada 2018 lalu.

Di samping itu, jurusan ini juga dibuka untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswanya menjadi sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia global dalam bidang bisnis digital. Sebab, pada 2020, transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan mencapai lebih dari Rp130 miliar lho!

Namun, apa saja yang dipelajari di jurusan baru ini ya, Squad?

jurusan bisnis digital

Di jurusan Bisnis Digital, Squad akan mempelajari ilmu dari bidang-bidang lain selain ekonomi (Sumber: thenextweb.com)

Secara umum, jurusan Bisnis Digital mempelajari bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital. Para mahasiswa akan diajarkan mengenai segala hal yang berkaitan dengan start-up digital, marketplace, big data, sampai artificial intelligence. Oleh karena itu, dosen-dosen yang mengajar di jurusan ini pun tidak terbatas pada dosen di bidang ekonomi saja. Squad juga akan mendapatkan ilmu dari bidang-bidang lain, seperti hukum, komunikasi, atau teknik informatika.

Kemudian, setelah lulus, Squad punya banyak banget peluang kerja nih! Kamu bisa bekerja di berbagai industri, mulai dari perbankan dan keuangan hingga membuat start-up sendiri di bidang yang kamu minati. Selain itu, kamu juga bisa mengisi jabatan sebagai analis sistem usaha, analis data, analis keuangan dan pasar, atau manajer intelijen usaha berbekal ilmu dari jurusan ini.

jurusan bisnis digital

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu berpeluang mendirikan start-up sendiri di bidang yang kamu minati (Sumber: innovativecompany.co)

Gimana, Squad? Sudah mulai tertarik untuk mendalami banyak ilmu di jurusan Bisnis Digital? Jika iya, kamu bisa mendaftarkan diri kamu di Universitas Padjadjaran melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jurusan ini hanya memiliki daya tampung sekitar 40 mahasiswa. Jadi, Squad harus semangat belajar dan mempersiapkan diri ya agar bisa ‘menjebol’ daya tampung yang tak besar itu.

Persiapan diri Squad bisa dimulai dengan men-download dan mengakses berbagai materi pelajaran di ruangbelajar! Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan video pembelajaran beranimasi, infografis, rangkuman, dan latihan soal. Ayo tunggu apalagi? Daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts