Stop Berantem Gara-Gara Lintas Jurusan!

Salsabila Nanda Des 15, 2020 • 4 min read


lintas jurusan

Hayo, kesindir ya sama judulnya?

Seperti yang kita ketahui, lintas jurusan diperbolehkan saat SNMPTN maupun SBMPTN. Meskipun tidak semua jurusan dapat diambil, tetapi lintas jurusan malah bikin pertemanan jadi renggang! Ngakuuuuu

Dari dulu sampai sekarang, anak IPA punya privilege alias hak istimewa saat lintas jurusan. Mereka lebih leluasa memilih jurusan apa saja, sementara jumlah program studi yang bisa dipilih anak IPS lebih sedikit. Ini yang menjadi awal keretakan hubungan antar pertemanan. Oops..

Sebentar lagi tahun baru 2021, umur makin bertambah, kartun Naruto sudah tamat, vaksin COVID-19 hampir ditemukan, dan kamu masih berantem gara-gara lintas jurusan? Ya ampun, kayak gak ada kerjaan lain aja!

Daripada misuh-misuh, berikut alasan kenapa kamu harus berhenti memperdebatkan lintas jurusan:

Semua Orang Berhak Berkompetisi

Bukan cuma kamu, tapi teman sekelasmu, teman bimbel, tetangga, hingga mutual di Twitter juga punya mimpi. Mereka berusaha semaksimal mungkin agar masuk ke jurusan yang diinginkan. Salah satunya dengan linjur alias lintas jurusan. Pertanyaannya: memang salah ya kalau ada teman lintas jurusan?

BIG NO! 

kompetisi

Kompetisi (Sumber: theonebrief.com)

Gak salah sama sekali kok. Semua orang memiliki hak yang sama dalam mewujudkan cita-citanya. Baik siswa IPA, IPS maupun Bahasa punya jalan sendiri menuju kesuksesan masing-masing. Lagipula, cita-cita orang bisa berubah lho. Bukan kewajiban kita untuk menghakimi keputusan orang lain.

Rumput Tetangga Selalu Hijau

Berhenti membanding-bandingkan jurusan siapa yang lebih bagus, jurusan siapa yang cepat dapat kerja dan jurusan siapa yang paling sukses. Ibarat pepatah: rumput tetangga selalu hijau. Artinya, sesuatu yang dimiliki orang lain selalu terlihat bagus daripada sesuatu yang sudah kita miliki.

rumput tetanggaRumput Tetangga (Sumber: budgetdirect.com)

Liat temen IPA masuk Hukum, ngiri.

Liat temen IPS masuk Statistika, emosi.

Gawat.

Ketika kamu merasa iri atas pencapaian orang lain, tandanya kamu mengizinkan aura negatif mengambil alih tubuh dan pikiranmu. Kamu jadi kurang bersyukur, sering mengeluh dan menyalahkan orang lain. Padahal di balik rasa iri hatimu, ada mereka yang berjuang mati-matian untuk sampai di titik puncak.

Pertemanan Sama Pentingnya 

Bayangin, kamu ke kantin bareng, main bareng, bolos kelas bareng, terus jadi musuhan gara-gara temen kamu lintas jurusan? Sepele banget deh. Sebagai teman yang baik, semangat dan dukungan adalah hal terpenting yang bisa kamu berikan.

best friend foreverBest Friend Forever (Sumber: thehumaneleague.tumblr.com)

Alih alih membenci keputusan mereka, tunjukkan kalau kamu bisa menjadi support system  yang selalu ada untuk teman-temanmu. Ketika seseorang sedang berjuang, pasti ada fase jatuh bangun yang harus mereka hadapi. Di fase ini kamu harus berubah layaknya minimarket, alias siap sedia 24 jam memberi apa yang mereka butuhkan. Gimana, siap gak?

Take Care of Yourself

Setelah jadi minimarket 24 jam buat teman-temanmu, saatnya jadi apotek 24 jam buat diri sendiri. Obati rasa sedih, iri, dan prasangka buruk yang tertanam di dalam pikiran. Fokus pada rencana yang sudah kamu susun dan mulailah bergerak untuk mendapatkannya. Gak perlu buru-buru, perlahan tapi pasti. 

sayangi dirimuSayangi Dirimu (Sumber: sages.org)

Buka lagi catatan kecilmu, tulis langkah-langkah yang kamu perlukan untuk menggapai impian masuk ke jurusan favorit. Sudahkah kamu belajar? Atau terlalu sibuk memikirkan hal-hal gak penting yang bikin sakit hati? Perbaiki pola tidur, jangan keseringan begadang scrolling Instagram. Sayangi dirimu untuk masa depan yang lebih baik.

Pada akhirnya, hidup gak melulu tentang menang dan kalah. Bukan juga kejar-kejaran siapa yang bisa sampai garis finish duluan. Persaingan itu wajar kok, asalkan percaya dengan potensi yang kamu miliki tanpa menjatuhkan orang lain. Belajar buat UTBK juga makin seru karena ada grup belajar interaktif serta tutor berpengalaman di ruangbelajarplus. Yuk, berjuang sama-sama!

New call-to-action

Sumber Gambar:

Kompetisi [Daring]. Tautan: https://theonebrief.com/fight-to-the-top-is-collaboration-the-new-competition/ (diakses 14 Desember 2020)

Rumput Tetangga [Daring]. Tautan: https://www.budgetdirect.com.au/blog/tips-for-growing-grass-by-seed (diakses 14 Desember 2020)

Best Friend Forever [Daring]. Tautan: https://thehumaneleague.tumblr.com/post/173743567311 (diakses 14 Desember 2020)

Take Care of Yourself [Daring]. Tautan: https://www.sages.org/sages-primer-self-care-covid-19/ (diakses 14 Desember 2020)

Beri Komentar