Strategi Belajar Menghadapi TPS Pemahaman Bacaan UTBK 2020

TPS UTBK

Artikel Blog Ruangguru kali ini akan menjelaskan strategi belajar menghadapi TPS (Tes Potensi Skolastik) Pemahaman Bacaan UTBK 2020. Apa saja yang perlu disiapkan? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

---

Dalam TPS (Tes Potensi Skolastik) di UTBK 2020, subtes pemahaman bacaan tentunya ngga lepas dari yang namanya teks. Kadang kala, seperti ujian nasional Bahasa Indonesia saja, ada yang bilang seperti membaca koran atau apalah sebutannya. Nah, namanya pemahaman bacaan ini pastinya dituntut kemampuan membaca yang baik pula.

Buat kamu nih, yang tahun ini akan ikut UTBK dan pastinya bakalan bertemu dengan soal-soal di subtes pemahaman bacaan ini, Blog Ruangguru di artikel kali ini akan ngebahas tentang beberapa strategi yang bisa kamu lakukan saat menghadapi soal-soal pemahaman bacaan di TPS UTBK 2020. Apa saja strategi belajar yang bisa dilakukan? Berikut penjabaran selengkapnya.

 

1. Pahami kaidah penulisan Bahasa Indonesia

Pemahaman bacaan di TPS UTBK 2020 ini merupakan suatu bentuk ujian sejauh mana kamu paham dan mengerti Bahasa Indonesia. Yaaa namanya juga bahasa wajib, berarti pasti keluar dalam sebuah ujian. Nah,untuk bisa memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, paling ngga kamu tuh sudah akrab lah dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan juga PUEBI (Pedoman Umum Bahasa Indonesia).

TPS UTBK 2020 Pemahaman Bacaan

Kamu bisa mencoba belajar kosa kata di KBBI dengan mengaksesnya secara daring di https://kbbi.kemendikbud.go.id/. Nah, buat kamu yang mau mendalami tentang PUEBI, kamu bisa mengaksesnya juga dengan cara dari di http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf

 

2. Asah kemampuan membaca cepat dan membaca cermat

Sama-sama membaca namun beda cara dan tujuan. Membaca cepat atau membaca memindai ini merupakan teknik membaca yang bertujuan mendapatkan informasi dengan cara langsung masuk ke dalam masalah atau inti informasi yang ingin diketahui. Teknik membaca ini dibutuhkan untuk menentukan judul sebuah bacaan.

Berbeda dengan membaca cepat, membaca cermat atau dikenal dengan membaca intensif ini lebih menekankan informasi yang lebih detail. Misalnya, dalam sebuah soal nantinya ditanyakan kata berimbuhan yang kurang tepat, atau kata ganti yang tepat dari sebuah kata yang ada di dalam paragraf.

Cara Membaca Cepat TPS UTBK

Baik membaca cepat atau pun membaca cermat, cara mengasah yang paling efektif ialah dengan rajin membaca bacaan. Baik itu koran, cerita, atau pun tulisan lainnya yang memiliki rangkaian paragraf.

Baca Juga: Apa Saja yang Diujikan dalam TPS Pemahaman Bacaan UTBK 2020?

 

3. Berhati-hati jika ada soal yang menanyakan “Judul Bacaan” dan “Kata Berimbuhan”

Ini bukan berarti merendahkan soal-soal yang menanyakan pertanyaan lainnya ya. Hanya saja soal yang menanyakan tentang judul bacaan dan kata berimbuhan itu lebih sering menjebak dan memakan waktu cukup lama.

“Kenapa kak?”

Soal yang menanyakan tentang judul bacaan ini menguji ketelitian dalam memahami konteks isi bacaan. Judul itu harus mewakili keseluruhan isi teks. Biasanya, judul pada pilihan jawaban yang salah itu pasti hanya menginformasikan sebagian informasi yang ada dalam teks.

Kemudian, soal yang menanyakan tentang kata berimbuhan itu menguji pengetahuan kebahasaan dan juga pemahaman isi dari bacaan tersebut. Biasanya, yang ditanyakan itu tentang penggunaan imbuhan dan atau penempatan imbuhan yang salah. Inilah fungsi pentingnya memahami PUEBI ya teman-teman.

Pemahaman TPS UTBK Bahasa

Bagaiamana? Sudah cukup jelas kan strategi belajar untuk menghadapi TPS pemahaman bacaan di UTBK 2020? Kalau belum jelas, kamu bisa banget nih langganan paket khusus Ruangbelajar SBMPTN dari Ruangguru. Tentunya penjelasan tentang SBMPTN itu bakal dijelasin sama Master Teacher Ruangguru. Yuk dapatkan paket harga khususnya hanya di tps.ruangguru.com

TPS UTBK 2020

Beri Komentar