7 Strategi Belajar Untuk Kamu Yang Super Sibuk

Ruangguru Feb 29, 2016 • 5 min read


Kamu ikut banyak kegiatan? Seperti ikut ekstrakulikuler basket, paduan suara  juga kegiatan organisasi? Belum lagi les musik di luar jam sekolah dan kamu punya kewajiban lainnya sebagai anak ketika di rumah? Belum lagi perlunya meluangkan waktu untuk berkumpul bersama teman untuk melepas kepenatanmu? Wah, berarti kamu termasuk golongan anak super sibuk nih! Eits, meski sibuk jangan sampai terlupakan kewajiban kamu sebagai murid. Jangan sampai padatnya kegiatan membuatmu lupa untuk belajar dan akhirnya semua jadi berantakan.

Ya, untuk kamu yang super sibuk, kami punya strategi nih yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa berprestasi di sekolah tanpa harus meninggalkan kegiatan yang kamu senangi. Seperti apa strateginya? Yuk, baca deh artikel ini!

1. Maksimalkan waktu belajar saat di kelas

belajar di kelasBelajar di kelas dengan fokus! (Sumber: news.stanford.edu)

Apabila kamu kesulitan mempunyai waktu untuk belajar, sebaiknya kamu maksimalkan waktu belajar kamu saat di kelas. Perhatikan guru saat menerangkan di depan kelas dengan seksama. Kalau misalkan ada teman yang mengajak ngobrol atau bercanda dan membuat kamu hilang fokus, abaikan atau ditunda dulu saja ya. Toh, nanti juga akan ada waktunya untuk bercanda dengan mereka di saat jam istirahat maupun sepulang sekolah kan?

2. Jangan malu untuk bertanya

Mungkin saat kamu sudah memperhatikan guru, ada saja materi yang sulit kamu mengerti. Kalau seperti ini kuncinya adalah jangan malu untuk bertanya ya! Apabila sudah sepenuhnya mengerti, kamu bisa menghemat waktu untuk belajar tambahan di luar kelas hanya karena kesulitan untuk memahami pelajaran. Psst, di sisi lain guru senang lho ada muridnya yang bertanya karena itu muridnya memperhatikan. Siapa tahu kamu juga akan mendapat perhatian dari guru dan menilai kamu sebagai murid yang aktif? Hehe.

3. Permudah belajar dengan catatan yang menarik

catatan pelajaran

Buat catatanmu menarik (Sumber: emmastudies.com)

Saat sedang mencatat, buatlah catatan kamu yang menarik ya! Tujuannya supaya saat dipelajari kembali, kamu pun juga akan semangat untuk membacanya. Untuk kamu yang suka menggambar, bisa juga lho menyalurkan hobi kamu ke dalam catatanmu atau kalau misalkan tidak, kamu bisa berkreasi dengan menggunakan warna seperti spidol agar catatanmu lebih seru. Coba bayangkan kalau catatan kamu berantakan dan membosankan. Kamu pasti jadi malas kan saat mau mengulang pelajaran? Atau bahkan malah jadi ngantuk nantinya? Hehe.

4. Daripada belajar sendiri, ajak teman belajar bareng

 Kalau salah satu kesibukanmu adalah tingginya intensitas waktu untuk berkumpul sama teman, coba deh sesekali ajak teman untuk ngumpul sambil belajar. Setelah belajar, kamu pun juga bisa tetap ngobrol dan berbagi cerita dengan teman kamu bukan? Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kedua hal yang kamu inginkan sekaligus. Smart choice!

5. Luangkan waktu belajar setiap harinya

belajar fokusSesibuk apapun, tetap luangkan waktu untuk belajar ya! (Sumber: shutterstock.com)

Meski kamu super sibuk, coba atur waktu kamu supaya bisa meluangkan waktu belajar setiap harinya. Supaya lebih maksimal, kamu harus memahami diri kamu dulu nih, apakah lebih bisa belajar di malam hari atau pagi hari? Kalau kamu lebih efektif di malam hari, maka sebelum tidur sisihkan lah waktumu untuk mengulang kembali pelajaran hari itu. Sedangkan, kalau lebih efektif di pagi hari maka bangun lebih awal untuk belajar sebelum berangkat ke sekolah. Durasinya tidak perlu lama-lama, selama kamu menyicilnya setiap hari sudah sangat membantu lho!

6. Selalu simpan materi belajar di gadget kamu

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat waktu adalah membawa materi belajar di gadget kamu. Jadi, ketika sedang menunggu atau bahkan sedang di jalan, kamu bisa gunakan untuk belajar! Tidak ada lagi deh cerita waktu terbuang sia-sia hanya karena cuma bisa bengong saat nganggur di tengah kegiatan kamu, hihi.

7. Jangan lupa istirahat!

596fafce15000020008b29eb.jpeg Istirahat yang cukup supaya tetap fit (Sumber: huffingtonpost.com)

Meski kamu banyak kegiatan dan harus belajar juga, jangan lupa untuk istirahat ya! Mau bagaimana pun juga, istirahat itu penting untuk menjaga kamu tetap fit untuk menjalani semua kegiatan kamu. Bisa juga diakali dengan melakukan power nap di siang hari atau sore hari di tengah kegiatan kamu. Kalau misalnya kamu sakit, malah jadi keteteran semua bukan? So have some rest!

Ya, itulah strategi belajar yang bisa kamu lakukan! Dengan menerapkan strategi ini, bisa membantu kamu untuk mendapatkan nilai yang memuaskan di sekolah meski banyak kegiatan. Horaaay!

Beri Komentar