Strategi Investasi bagi Pemula dan Pilihan Instrumen Investasi Terbaik untuk Anda

Anggraeni Puspitasari

Jul 6, 2018 • 5 min read

sukses kerja


Rekan Kerja, pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan uang Anda? Pahamkah Anda apa investasi itu? Investasi merupakan salah satu cara untuk menyimpan uang Anda dengan mendapatkan keuntungan dari yang Anda investasikan.

rawpixel-252130-unsplash-1Melakukan penghitungan keuangan sesuai kebutuhan (Sumber:  Unsplash.com oleh rawpixel)

Beberapa orang merasa ragu untuk berinvestasi dan mungkin Anda salah satunya. Hal-hal yang membuat orang ragu untuk berinvestasi karena mereka tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi dan instrumen investasi terbaik apa yang mereka harus pilih. Pada kenyataannya, kapan pun Anda menginvestasikan uang Anda untuk pertama kali, waktu akan berpihak pada Anda. Sebuah pilihan investasi yang tepat akan memberikan Anda keuntungan pada akhirnya. Pertanyaan mengenai kapan waktu terbaik untuk investasi bergantung pada beberapa indikator:

1. Tentukan jangka waktu investasi

Hal yang perlu dipikirkan secara matang ialah berapa lama Anda akan berinvestasi. Perbedaan instrumen investasi menawarkan keuntungan yang berbeda, memiliki risikonya masing-masing dan hanya cocok pada jangka waktu tertentu.

2. Tetapkan tujuan investasi

Mengharapkan keuntungan dari investasi untuk mencapai tujuan tertentu dapat memengaruhi pilihan instrumen investasi dan kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi. Apakah tujuan investasi untuk sekadar merenovasi rumah atau membeli mobil idaman? Atau apakah tujuan investasi untuk keperluan di masa depan seperti dana pensiun atau pendidikan anak?

3. Kematangan kemampuan pengelolaan keuangan Anda

Memiliki kemauan keras dan komitmen menyisihkan uang dari sebagian pendapatan Anda untuk berinvestasi berpengaruh pada keputusan Anda kapan seharusnya Anda memulai untuk investasi. Komitmen untuk mengontrol pengeluaran juga perlu diperhatikan.

Menurut Direktur BNI Aset Management Putut Endro Andanawarih mengatakan bahwa waktu terbaik untuk investasi hadir setiap saat, jika calon investor memiliki tujuan investasi yang matang dan dana cukup untuk investasi.

Lalu, instrumen investasi manakah yang terbaik untuk Anda? Berikut kami berikan tiga pilihan terbaik dari instrumen investasi jangka panjang dan jangka pendek sebagai bahan pertimbangan Anda memilih instrumen investasi:

3 Instrumen Investasi Jangan Pendek Terbaik

  • P2P Lending

Peer to Peer Lending merupakan bentuk investasi dengan sistem mempertemukan pemberi pinjaman (kreditur) dengan peminjam (debitur) yang dilakukan secara online. P2P Lending juga dapat menjadi produk investasi. Sistem P2P Lending tidak menggunakan jasa dari bank sebagai perantara. Jangka waktu investasi P2P berkisar dari satu bulan hingga satu tahun. Imbal hasil yang diberikan berbeda-beda, namun cenderung lebih besar jika dibanding dengan bunga deposito, yakni sekitar 15% per tahun.

  • Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)

RDPU juga disebut dengan money market funds. Investasi RDPU cenderung lebih rumit dibanding obligasi atau instrumen lain. Namun, dalam berinvestasi, para investor akan dibantu oleh manajer investasi (MI) dalam mengelola uang investasi Anda. Keuntungan yang ditawarkan serupa dengan bunga menabung di bank konvensional, sekitar 8,27%.

  • Deposito

BCA-WEB-Deposito-BerjangkaDeposito berjangka (Sumber: bca.co.id)

Deposito merupakan instrumen investasi yang akrab di masyarakat. Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu. Periode penyimpanan berkisar dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau setahun. Keuntungan yang diberikan berkisar 8%. Deposito memiliki risiko kerugian yang kecil, namun perlu diperhatikan bahwa bunga deposito dapat terus mengecil.

3 instrumen Investasi Jangka Panjang Terbaik

  • Investasi Properti

flexi_property_financing_i_promo_tile_enInvestasi properti (Sumber: realoneassets.com)

Memulai investasi properti dapat dilakukan dengan mencari rumah berkisar 200 juta ke bawah karena harga kisaran tersebut tidak sulit untuk menemukan target penyewa atau pembeli.

  • Emas

investasi-emas-130620cInvestasi dengan emas (Sumber: liputan6.com)

Investasi emas merupakan salah satu pilihan yang cukup menguntungkan karena harga emas yang cukup stabil. Dalam momen-momen tertentu harga jual emas mengalami kenaikan. Ketika di momen tertentu, emas dapat dibeli dengan harga terjangkau.

  • Obligasi

Obligasi memiliki pengertian sebagai surat bukti yang dikeluarkan sebagai bentuk bukti pemberian pinjaman kepada pihak yang telah menerbitkan obligasi. Surat tersebut harus dilunasi pada tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Obligasi memberikan hak atas pembagian keuntungan apabila pemegang obligasi berbentuk badan dengan karakteristik deviden, keuntungan tersebut tidak terkena pajak.

Kesimpulannya ialah instrumen investasi terbaik bagi diri sendiri ialah instrumen investasi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Memulai investasi sedini mungkin dengan menyisihkan uang “dingin” yang Anda punya, pilihlah instrumen yang cocok bagi kebutuhan Anda. Cobalah untuk berinvestasi dengan modal kecil namun dilakukan secara bertahap.

Bagaimana, Rekan Kerja? Apakah Anda sudah mendapatkan inspirasi untuk memulai berinvestasi? Jika Anda tertarik untuk memeroleh inspirasi lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi ruangkerja dengan mengklik gambar di bawah ini.  

ruang kerja

 

Beri Komentar

Recent Posts