Strategi Menentukan Pilihan Program Studi Pertama dan Kedua di SBMPTN 2019

Shabrina Alfari

Apr 15, 2019 • 3 min read

sbmptn Siap kuliah


sbmptn 2019

Artikel ini memberikan strategi untuk menentukan pilihan program studi pertama dan kedua di SBMPTN 2019

--

Squad, tes UTBK sudah dimulai sejak pekan lalu. Apakah kamu sudah mengikuti UTBK? UTBK merupakan tes kompetensi bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN). Ujian ini wajib diikuti oleh peserta jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri. Nah untuk mendaftar di SBMPTN 2019, kamu diberikan kesempatan untuk menentukan 2 pilihan jurusan. Kesempatan yang seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya ini jangan sampai kamu sia-siakan karena salah memilih ya. Kamu perlu strategi dalam menentukan pilihan 1 dan 2 di SBMPTN 2019, agar kesempatanmu untuk diterima menjadi lebih besar.

Ketahui peraturan terkait pilihan prodi SBMPTN 2019

Pada SBMPTN 2019 ini, kamu hanya diperbolehkan memilih DUA PRODI dalam DUA PTN (boleh berbeda atau sama). Supaya nggak salah pilih, simak baik-baik ketentuan pemilihan prodi SBMPTN 2019 berikut ini ya.

  • Apabila kamu memilih kedua prodi yang semuanya Saintek, maka kamu mengikuti kelompok ujian Saintek
  • Apabila kamu memilih kedua prodi yang semuanya Soshum, maka kamu mengikuti kelompok ujian Soshum
  • Apabila kamu memilih prodi Saintek dan Soshum, maka kamu mengikuti kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum

Pilihan PTN bebas dan nggak harus satu lokasi atau se-provinsi dengan asal sekolah atau tempat tes kamu. Urutan pemilihan prodi nantinya akan menandakan prioritas pilihan. Prodi pilihan 1 adalah prioritas utama. Jika tidak lolos, kamu baru akan diseleksi untuk prodi pilihan 2. So, jangan sampai salah meletakkan pilihan ya. Hasil UTBK SBMPTN 2019 akan disampaikan secara online kepada individu setelah sepuluh hari dari peserta melakukan tes.

sbmptn 2019Memilih jurusan (Sumber: dumielauxepices.net)

Pahami peta persaingannya

Pastinya kamu sudah punya ‘kan beberapa pilihan prodi yang mantap kamu pilih? Untuk menentukan pilihan pertama dan kedua, kamu harus membedah peta persaingan prodi pilihanmu. Pilihan pertama menunjukkan prioritas utama kamu. Nah, dalam menentukan pilihan ini kamu harus rasional. Jangan menempatkan prodi dengan kriteria kelulusan skor tinggi di bawah prodi yang skor lulusnya relatif lebih rendah. Contohnya, tempatkan Komunikasi Universitas Indonesia di pilihan 1 yang memiliki skor lebih tinggi, dan tempatkan Sastra Inggris Universitas Indonesia di pilihan 2.

Lihat daya tampung SBMPTN 2019 dan Peminat 2018

Kamu harus melihat daya tampung prodi yang dituju pada SBMPTN 2019. Siapa tahu ada pengurangan atau penambahan kuota dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, lihat juga peminat prodi tersebut di SBMPTN 2018. Dengan begitu, kamu bisa memprediksi keketatan persaingan di 2019 dengan membandingkan jumlah pemilih dan kursi yang tersedia.

Baca juga: Daya Tampung ITB di SBMPTN 2019

Baca juga: Daya Tampung UI di SBMPTN 2019

Baca juga: Daya Tampung UGM di SBMPTN 2019

Baca juga: Daya Tampung ITS di SBMPTN 2019

Baca juga: Daya Tampung UNPAD di SBMPTN 2019

Baca juga: Daya Tampung UNDIP di SBMPTN 2019

Ingat ya Squad, banyaknya peminat bukan jaminan prodi tersebut paling sulit untuk ditembus. Jumlah ini hanya memperlihatkan banyaknya jumlah pesaing. Pemilihnya juga bisa saja memilih prodi tersebut di pilihan 1 atau 2. Misalnya, jurusan A mempunyai banyak pemilih di SBMPTN 2018, namun ternyata kebanyakan pemilih menempatkan jurusan A di pilihan 2 dan 3. Sedangkan jurusan B memiliki peminat yang tidak terlalu banyak, namun memiliki pemilih dengan skor yang tinggi. Maka, dibutuhkan skor tinggi untuk kamu bisa memenangkan persaingan masuk prodi tersebut.

Oh ya! Nggak ada passing grade resmi yang dikeluarkan oleh setiap prodi di PTN, semua hanyalah perkiraan. Batas nilai untuk bisa lulus di SBMPTN dapat berubah-ubah, tergantung kepada performa pesaing kamu. Jadi persiapkan dirimu untuk bisa menjadi yang terbaik bersama dengan ruangbelajar ya Squad! Ada latihan dan pembahasan soal prediksi HOTS UTBK SBMPTN 2019, lho.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts