4 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Menghadapi TPS Penalaran Umum UTBK 2020

strategi TPS Penalaran Umum

Artikel ini menjelaskan tentang apa saja hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Penalaran Umum UTBK 2020.

--

Beberapa bulan lagi, kamu akan melaksanakan tes masuk perguruan tinggi, atau biasa kita sebut dengan UTBK. So, sudah sejauh mana persiapanmu untuk menghadapi UTBK nanti? Pastikan kamu belajar dengan maksimal ya agar hasilnya memuaskan. Jangan sampai, kamu menyesal di kemudian hari karena saat ini kamu masih malas-malasan belajar.

Kabar baiknya, UTBK kali ini hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) saja yang akan diujikan. Meskipun begitu, TPS ini terbagi menjadi beberapa subtes, di antaranya Penalaran Umum, Pemahaman Kebahasaan, Pengetahuan Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. Nah, masing-masing subtes tentu memiliki tipe soal yang berbeda. Pastinya, kamu perlu mempersiapkan strategi yang berbeda pula.

Di artikel ini, kamu akan mengetahui strategi apa yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi TPS Penalaranan Umum UTBK 2020 nanti. Apa saja yang perlu kamu siapkan, ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Memahami Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK Penalaran Umum

Ada 4 hal yang bisa kamu siapkan untuk menghadapi TPS Penalaran Umum UTBK 2020, yaitu:

1. Daya Bernalar
daya bernalar(sumber: worldofbase.wordpress.com)

Pada soal TPS Penalaran Umum, biasanya kamu diminta untuk memilih pernyataan yang benar dari suatu paragraf, menganalisis data, hingga mencari kesimpulan dari teks yang diberikan. Hal ini menuntut penalaran kamu dalam memahami isi dari teks/tabel/diagram/grafik sesuai konteks pada paragraf. Oleh karena itu, kamu perlu mengasah kemampuan berpikir kamu. Caranya, bisa dengan memperbanyak membaca dan berlatih soal.

2. Kecermatan Membaca Teks

Teks yang diberikan pada subtes ini biasanya panjang dan mengandung banyak angka. Di sini, kamu dituntut untuk cermat/teliti dalam membaca dan mengambil sebuah informasi. Jangan sampai, kamu tidak teliti dan salah memilih jawaban nantinya. Kamu tidak perlu membaca seluruh teks yang diberikan. Cukup fokus pada hal yang ditanyakan, lalu perhatikan kata kunci yang ada di setiap jawaban, dan cocokkan dengan pernyataan pada teks bacaan.

3. Kemampuan Memahami Maksud dari Isi Teks

Biasanya, soal yang cukup sulit pada tes penalaran umum adalah mencari pernyataan yang benar dan kesimpulan yang paling mungkin benar. Kunci dalam mengerjakan soal ini adalah ketelitian dan sejauh mana kamu mampu memahami maksud dari isi teks. Kamu bisa melatihnya dengan banyak mengerjakan latihan soal.

4. Kemampuan Menganalisis Soal dan Data
kemampuan analisis data(sumber: toogit.com)

Soal-soal pada subtopik penalaran analitik akan menuntut kamu untuk menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disajikan. Dalam menganalisis suatu pernyataan, diharapkan kamu tidak terburu-buru untuk membuat kesimpulan. Banyaklah berlatih soal untuk mengasah kemampuan menganalisis kamu. Saat mengerjakan soal, cobalah untuk fokus dan cermat dalam membaca.

Baca juga: Tips dan Trik Menjawab Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK Penalaran Umum

Nah, selain keempat hal di atas yang bisa kamu jadikan strategi untuk menghadapi TPS Penalaran Umum UTBK 2020 nanti, kamu juga perlu tahu tentang kesalahan yang sering muncul saat menjawab soal tes penalaran umum. Hati-hati terhadap dua hal berikut ini:

1. Pernyataan yang BENAR

Soal pada subtopik kesesuaian pernyataan akan menguji ketelitian dan penalaran kamu. Pilihan jawaban yang disajikan biasanya hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada satu kata tertentu. Kata tersebut dapat menentukan benar atau salahnya sebuah pernyataan. Jadi, pada bagian ini, ketelitian dan kecermatan sangat diperlukan. Namun, pilihan jawaban yang tepat dapat pula berupa kalimat yang memiliki makna sama dengan teks, meskipun disajikan dengan kata-kata yang berbeda.

2. Kesimpulan yang PALING MUNGKIN benar

Soal pada subtopik simpulan logis akan menguji kemampuan bernalar kamu. Untuk menjawab soal ini, kamu harus mampu memahami isi paragraf terkait hal yang ditanyakan dalam soal, serta menganalisis hal yang mungkin terjadi berdasarkan paragraf tersebut.

Baca juga: Prediksi Soal Penalaran Umum UTBK SBMPTN 2020

Itulah beberapa hal yang bisa kamu siapkan untuk menghadapi TPS Penalaran Umum UTBK 2020 nanti. Semoga bermanfaat dan kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ya. Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup dan juga berdoa. Kampus impianmu sudah semakin dekat!

Agar persiapan UTBK kamu semakin mantap lagi, Ruangguru menyediakan paket khusus SBMPTN dengan kumpulan video animasi, latihan soal, dan pembahasannya. Selain itu, ada juga situs khusus yang akan selalu update mengenai jadwal, tata cara, latihan soal, dan referensi jurusan. Yuk, cek di tps.ruangguru.com sekarang juga!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar