Strategi Orang Tua Menyukseskan Anak Ikuti SBMPTN

Rabia Edra

Feb 14, 2019 • 3 min read

parenting


Parenting_-_Menyukseskan_Anak_SBMPTN-01

Artikel ini membahas trik bagi orang tua agar anak dapat sukses di SBMPTN 2019.

-

Smart Parents, ada yang sedang deg-degan karena buah hatinya tahun ini akan mulai berkuliah? Wah, walaupun bukan orang tua yang mengikuti ujian, namun wajar rasanya khawatir, bukan? Ketakutan adanya strategi keliru yang dilakukan anak dalam proses pemilihan jurusan, dan mempelajari soal-soal yang akan untuk SBMPTN di 13 April mendatang. Lalu sebagai orang tua, hal apa yang bisa dilakukan? Sebab sekadar doa saja belum cukup, jadi simak dulu tips berikut ini ya.

1. Memperbanyak referensi perguruan tinggi

sukses sbmptn

Banyak orang tua yang mengaku masih memiliki informasi yang terbatas mengenai pilihan kampus terbaik selain yang ada di kota tempat tinggalnya. Jika pun tahu, mungkin hanya nama-nama kampus terkenal seperti UI, ITB, atau UGM saja. Dengan begitu, orang tua tidak berani memberikan izin pada anak untuk mencoba mendaftar di kampus lain. Kesempatan anak untuk berkuliah di perguruan tinggi terbaik juga semakin kecil. Nah, ini saatnya orang tua banyak berdiskusi dengan anak terkait peringkat-peringkat kampus di Indonesia untuk semakin membuka wawasan.

2. Menjaga konsistensi anak belajar

Proses persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dari sekarang hingga pendaftaran SBMPTN di tanggal 10 Juni memungkinkan adanya turun-naik mood anak dalam belajar. Jangan sampai hal ini terjadi pada anak Anda, Smart Parents. Trik yang harus dilakukan adalah membuat jadwal teratur. Pastikan anak belajar tambahan selama minimal 2 jam dalam sehari. Sementara untuk akhir pekan, khususkan untuk mempelajari tentang jurusan, daya tampung, dan peringkatnya.

3. Berlatih soal yang belum dikuasai

sukses sbmptn

Berlatih soal bersama orang tua (Sumber gradslam.com)

Ajak anak membuat target agar tiap harinya ia menguasai soal-soal yang baru. Setidaknya satu subtopik sehari, sehingga di akhir masa belajar UTBK ia dapat menguasai keseluruhan jenis soal yang akan muncul. Berarti, mulai saat ini, bantu buah hati Anda untuk mengurutkan pada sebuah tabel mengenai materi subtopik pada pelajaran apa saja yang belum dapat dikuasai dengan baik. Beri tanda centang apabila ia mampu menyelesaikan materi tersebut.

4. Pilih sesi UTBK yang paling sesuai dengan persiapan anak

Selama pelaksanaan ujian tanggal 13 April-26 Mei 2019, terdapat 10 kali jadwal tes di hari Sabtu dan Minggu. Setiap harinya terdapat dua sesi tes yaitu pagi dan siang (kecuali hari libur nasional). Selanjutnya, dalam waktu paling lambat 10 hari setelah ujian akan diberitahukan pengumuman. Nah, untuk menyiasati jadwal seperti ini, orang tua perlu terlibat dan memberikan saran pada anak. Jangan lupa, kalau pada tahun ini bisa mengikuti maksimal 2 kali tes. Maka, apabila hasil evaluasi nilai UTBK tahap pertama kurang memuaskan, maka bersiap untuk mengikuti ujian kedua dengan persiapan yang lebih matang.  

5. Membantu menyiapkan portofolio

sukses sbmptn

Contoh portofolio (Sumber: weheartit.com)

Apabila anak Anda merupakan calon peserta SBMPTN yang ingin mendaftar pada jurusan seni dan olahraga, maka harus mengikuti ujian tulis sekaligus menyertakan portofolio sebagai materi tambahan proses seleksi. Adapun portofolio yang dibutuhkan yaitu untuk jurusan berikut ini:  

  • Olahraga

  • Seni Rupa, Desain, dan Kriya

  • Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)

  • Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater/Drama)

  • Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)

  • Seni Karawitan

  • Etnomusikologi

  • Fotografi

  • Film dan Televisi

Tentu waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkannya tidak bisa mendadak ‘kan? Agar portofolio yang ditunjukkan pada panitia SBMPTN adalah yang terbaik. Jangan biarkan anak Anda menghadapi ini sendirian ya, Smart Parents.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts