Strategi Pembangunan Nasional untuk Menjadi Negara Maju

Geografi Kelas 12 : Strategi Pembangunan Nasional

RG Squad, saat ini Indonesia termasuk salah satu negara berkembang di dunia. Namun, Indonesia pun terus berusaha untuk menjadi salah satu negara maju di dunia dan mengejar ketertinggalan dengan berbagai strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Yuk, sekarang kita simak penjelasan berikut tentang strategi pembangunan nasional yang dilakukan oleh Indonesia.

A. Potensi Indonesia

Sebagai negara strategis yang terletak di antara dua benua dan dua samudra, wilayah Indonesia berada pada silang jalur pelayaran internasional. Indonesia pun memiliki wilayah perairan yang luas dan sumber daya alam yang melimpah yang tidak dimiliki oleh banyak negara lain di dunia. Tanahnya pun dikatakan sebagai tanah tersubur di dunia. Ditambah beragamnya suku dan budaya, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang banyak mendapatkan perhatian dunia.

strategi pembangunan nasional

B. Strategi Indonesia Menjadi Negara Maju

Pemerintah menyusun strategi pembangunan nasional yang dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yaitu:

1. Norma Pembangunan

  • Membangun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat.
  • Setiap upaya meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran, produktivitas tidak boleh menciptakan ketimpangan yang makin melebar yang dapat merusak keseimbangan pembangunan. 
  • Aktivitas pembangunan tidak boleh merusak, menurunkan daya dukung lingkungan, dan mengganggu keseimbangan ekosistem. 

STRATEGI PEMBANGUNAN NASIONAL.png

Strategi Pembangunan Nasional
(Sumber: Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional 2014)

2. Tiga Dimensi Pembangunan 

  • Dimensi pembangunan manusia dan masyarakat, di mana pembangunan dilakukan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan mental dan karakter yang tangguh, positif, dan konstruktif.
  • Dimensi pembangunan sektor unggulan dengan prioritas kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, Kemaritiman dan kelautan, serta pariwisata dan industri.
  • Dimensi pemerataan dan kewilayahan, untuk menghilangkan / memperkecil kesenjangan dengan prioritas wilayah pedesaan, wilayah pinggiran kota besar, wilayah luar Pulau Jawa, dan kawasan timur Indonesia.

jokowi-bagi (poskotanews.com).jpg

Presiden Jokowi saat membagikan PKH (Program Keluarga Harapan) dan KIP (Kartu Indonesia Pintar) serta pemberian bantuan non-tunai di Pekalongan
Sumber: poskotanews.com

3. Kondisi sosial, politik, hukum, dan keamanan yang stabil, dalam hal:

  • Kepastian dan penegakan hukum.
  • Keamanan dan ketertiban.
  • Politik dan demokrasi.
  • Tata kelola dan reformasi birokrasi.

4. Quickwins

(hasil pembangunan yang dapat segera dilihat hasilnya). Artinya, pembangunan merupakan proses yang terus menerus dan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan output cepat yang dapat dijadikan contoh dan acuan masyarakat tentang arah pembangunan yang sedang berjalan, sekaligus untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat.

Dalam mencapai tujuan Indonesia menjadi negara maju, memang ada berbagai strategi yang harus dilakukan. Strategi-starategi tersebut bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

Mau belajar Geografi ditemani dengan mentor yang asyik dan gabung bersama teman-teman seluruh Indonesia? Daftar ruangguru digital bootcamp yuk!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar