Struktur dan Penulisan Latar Belakang (Background Information) | Bahasa Inggris Kelas 12

bahasa inggris kelas 12

Apakah RG Squad pernah merasa bingung membuat struktur dan penulisan background information (latar belakang) pada sebuah teks? Untuk apa sih adanya latar belakang?  Tentu saja, latar belakang dalam pengantar sebuah makalah penelitian berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan pembaca dengan topik penelitian. Namun, isi latar belakang sangat bergantung pada seberapa banyak informasi yang mau disampaikan untuk pembaca. Tujuannya sendiri agar pembaca memahami isi dan kepentingan topik yang sedang dibahas.

Ketentuan Penulisan Latar Belakang

Panjang dan detail informasi latar belakang juga bergantung pada sejauh mana penulis mau menunjukkan masalah penelitian kepada pembaca. Perlu diingat, agar latar belakang menjadi relevan, maka harus mampu memberikan pemahaman awal terhadap topik yang dibahas. Sebaiknya, hindari mengulang pernyataan yang sudah jelas. Berikut adalah contoh paragraf yang memuat background information.

I Twitter, Therefore I Am

“I came late to Twitter. I might have skipped the phenomenon altogether, but I have a book coming out this winter, and publishers, scrambling to promote 360,000-character tomes in a 140-character world, push authors to rally their “tweeps” to the cause. Leaving aside the question of whether that actually boosts sales, I felt pressure to produce. I quickly mastered the Twitterati’s unnatural self-consciousness: processing my experience instantaneously, packaging life as I lived it.” (Peggy Orenstein, 2010)

Baca Juga: Cara Penggunaan Would You Like

Struktur dan gaya penulisan latar belakang bisa bervariasi, tergantung pada  penelitian atau sifat penugasannya, lho. Sekarang, bagaimana caranya kita mengembangkan latar belakang? Coba perhatikan beberapa pertanyaan berikut:

bahasa inggris

Melalui poin-poin tersebut, kalian bisa mengembangkan tulisan dengan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang ada. Contohnya ya seperti tulisan “I Twitter, Therefore I Am”

RG Squad sekarang sudah memahami struktur dan gaya menulis background information kan? Nah, supaya  bisa memahami cara menulis paragraf lainnya, gabung di ruangguru digital bootcamp (rgdb) kuy! Kalian bisa belajar bareng tutor yang asyik dan gabung dengan teman-teman di seluruh Indonesia lho.

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar