Sudah Diterima Magang? Mari Lakukan Tips Berikut

Created by : Salsabela Liani
on Sep 12, 2018 10:30:00 AM
5 min read

Rekan Kerja, apakah Anda baru saja diterima magang di suatu perusahaan? Selamat ya kalau begitu! Walaupun demikian, perjuangan Anda masih belum selesai. Masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar dapat memanfaatkan kesempatan magang tersebut dengan baik.

Melalui aplikasi ruangkerja, Iman Usman selaku Co-Founder dan Chief of Product & Partnership Ruangguru memberikan beberapa tips agar Anda dapat memaksimalkan kesempatan magang tersebut. Berikut adalah 7 tips yang dapat Anda ikuti untuk dapat memaksimalkan kesempatan magang:

1. Informasikan tujuan pembelajaran Anda saat hari pertama

magangSampaikan goal yang ingin Anda saat magang kepada supervisor Anda (Sumber : wall.alphacoders.com)

Rekan Kerja, tentunya Anda memiliki tujuan pembelajaran (goal objective) dalam mengikuti program magang. Saat hari pertama bekerja, Anda dapat mendiskusikan hal tersebut dengan pihak yang bersangkutan seperti HR atau supervisor. Anda dapat menanyakan berbagai peluang pekerjaan yang dapat mendukung pencapaian tujuan Anda tersebut. Hal ini akan membantu Anda mencapai tujuan yang telah direncanakan.

2. Belajar sebanyak-banyaknya 

magangBanyak hal yang dapat Anda pelajari saat magang (Sumber : acg.edu)

Kunci kesuksesan magang Anda adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda harus dapat mempelajari hal sebanyak-banyaknya agar memperoleh manfaat dari magang tersebut. Ketika Anda dihadapkan dengan porsi pekerjaan yang sedikit, Anda harus pro aktif menanyakan pekerjaan lain yang dapat Anda bantu. Jangan menyerah dengan kenyataan seperti dengan bersikap pasif, menerima kondisi tersebut dengan santai dan tenang.

3. Lakukan semua tugas dengan baik

magangJangan pernah menganggap enteng tugas yang diberikan (Sumber : aacc.edu)

Anda harus dapat melakukan pekerjaan yang diberikan dengan baik. Jangan berharap Anda dapat mengelola pekerjaan besar jika Anda belum dapat mengelola pekerjaan kecil. Ukuran pekerjaan itu bukan ditentukan dari seberapa besar maupun kecilnya pekerjaan tersebut, melainkan seberapa baik Anda menjalankan pekerjaan tersebut.

4. Jadilah orang yang dapat diandalkan

magangLakukan pekerjaan yang telah diberikan kepada Anda secara maksimal (Sumber : workitdaily.com)

Never drop the ball! Pernah dengar idiom tersebut? Artinya, jangan pernah gagal saat diberikan tanggung jawab. Nah, begitu juga dengan pekerjaan yang diberikan saat Anda magang. Ketika Anda diberikan sebuah pekerjaan, jadilah pribadi yang dapat diandalkan. Sama seperti bola, jangan biarkan Anda melepas pekerjaan tersebut sampai akhir.

Saat orang lain memberikan banyak pekerjaan maka itu sama maknanya dengan compliment yang diberikan kepada Anda karena artinya Anda sudah dipercaya. Lain halnya jika Anda diberikan pekerjaan yang sedikit karena artinya Anda harus intropeksi diri dan bertanya apakah ada kesalahan yang Anda lakukan.

5. Berikan kejutan pada perusahaan tempat magang

magangDatang lebih pagi dapat menjadi salah satu cara Anda memberikan kejutan saat magang (Sumber : i.kinja-img.com)

Kejutan disini bukan berarti Anda harus memberikan kado kepada atasan Anda. Melainkan, Anda dapat memberikan bentuk kejutan dengan sikap maupun perilaku unexpected Anda seperti dengan hadir lebih awal, tiba di ruangan meeting lebih awal sebelum meeting dimulai, menyelesaikan notulensi secara cepat, dan tunjukkan jika Anda dapat diandalkan.

6. Sampaikan pemikiran Anda

magangJangan takut untuk mengutarakan pendapat meskipun Anda hanya berstatus pegawai magang (Sumber : nrel.gov)

Walaupun hanya berstatus sebagai pegawai magang, Anda harus tetap berani mengemukakan pendapat Anda. Ingat, ada alasan Anda berada di perusahaan tersebut. Anda dapat berkontribusi dengan membekali diri Anda dengan berbagai materi yang sesuai, be resourceful, dan mencari berbagai ide. Jangan pernah takut untuk bertanya!

7. Bertanggung jawab terhadap kesalahan

1-9Jadikan kritik sebagai pembelajaran ke depannya (Sumber : shutterstock.com)

Jika Anda membuat kesalahan, jangan lari dari kesalahan tersebut. Coba akui kesalahan Anda dan tanyakan feedback yang konstruktif dari atasan Anda. Tanyakan apa yang seharusnya Anda lakukan dan tidak boleh Anda lakukan. Jadikan kesalahan ini sebagai pelajaran agar Anda tidak mengulanginya dan dapat melakukan hal yang lebih baik lagi.

Itulah 7 tips yang dapat Anda praktikkan saat magang. Semoga Anda dapat memaksimalkan kesempatan magang ini untuk mencapai tujuan yang telah Anda rencanakan sebelumnya ya! Sukses selalu, Rekan Kerja! Temukan berbagai artikel maupun materi lainnya yang dapat bermanfaat bagi karier Anda dengan mengunduh aplikasi ruangkerja. Klik gambar berikut untuk mengunduh.

New call-to-action

Tags: sukses kerja

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read