Sudah Menentukan Pilihan untuk Pemilu 2019? Ini Dia Catatan Penting Mengenai Kedua Pasangan

Maya Martha

Mar 22, 2019 • 5 min read

sukses kerja tips & trick


pemilu 2019

Artikel ini membahas tentang beberapa catatan penting mengenai kedua pasang calon presiden yang dapat dijadikan sebagai referensi positif untuk pemilu 2019

--

Menjelang pemilu 2019, apakah Anda sudah menentukan pilihan akan mencoblos pasangan yang mana? Mungkin Anda juga sudah mengikuti rangkaian debat publik kedua pasangan di televisi, tetapi masih belum mantap terhadap pilihan Anda.  Ujaran-ujaran negatif mengenai kedua paslon yang sering muncul di linimasa media sosial tidak jarang membuat pusing dan malah menimbulkan keputusan untuk golput (golongan putih) alias tidak memilih siapapun. Duh, jangan sampai golput, Rekan Kerja! Gunakanlah hak Anda untuk memilih pasangan yang menurut Anda akan membawa perubahan lebih baik bagi Indonesia. Untuk itu, mari kenali kedua paslon agar Anda tidak bingung akan memilih yang mana.

1. Menelaah dari visi dan misi

Kedua calon pemimpin rakyat pasti memiliki visi dan misi yang ditujukan untuk Indonesia yang lebih baik. Keduanya berusaha untuk peka dan menyatakan kepeduliannya terhadap seluruh bidang, terutama bagi kita para pekerja. Anda dapat melihat rumusan visi dan misi keduanya melalui infografik di bawah ini.

 pilpres 2019

pemilu 2019

Dari visi dan misi yang dirumuskan oleh kedua calon memberikan bukti bahwa Pancasila dan UUD 1945 dijadikan dasar untuk bertindak dan berperilaku yang dituangkan dalam bentuk implisit atau eksplisit. Banyaknya poin tidak meredupkan tujuan utama mereka, Rekan Kerja.

Baca juga: Jangan Sampai Bertengkar Soal Pilpres 2019 Gara-Gara Melakukan 3 Hal Ini

2. Kenali sepak terjang para calon pemimpin negara

pilpres 2019

Sebelum Jokowi terjun ke dalam dunia politik (Sumber: Tribunnews.com)

Seperti halnya memilih seorang ketua BEM pada zaman kuliah dulu. Ada rentetan biografi yang bisa Anda lihat dan nilai dari kedua pasangan calon. Kita bisa tahu apa saja tanggung jawab yang pernah dipikul oleh mereka. Jauh sebelum calon presiden nomor urut 1 menjabat sebagai presiden Indonesia ke-7, beliau adalah anggota pecinta alam di kampusnya, Universitas Gadjah Mada. Terlatihnya beliau untuk naik-turun gunung dan masuk keluar hutan membuatnya terbiasa untuk blusukan.

Sebelum berkecimpung di ranah politik, beliau pernah berprofesi sebagai pengusaha mebel. Kemudian, beliau masuk ke dalam perpolitikan Indonesia dengan menjabat sebagai walikota Surakarta di tahun 2005. Ketenarannya pun semakin terdengar oleh masyarakat luas, pada tahun 2012 beliau menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan menuai banyak pujian bersama dengan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama. Pada akhirnya, pencapaiannya terwujud dengan menang di atas medan pemilu 2014 untuk menjadi presiden Indonesia.

pilpres 2019

Saat Prabowo masih menjadi militer (Sumber: wartakota.tribunnews.com)

Berbeda dengan calon presiden nomor urut 2, Prabowo. Beliau sudah dikenalkan pada politik sejak dini, sebab ayahnya merupakan pakar ekonomi dan politisi Partai Sosialis Indonesia (PSI). Hal ini membuat beliau terlibat aktif di dalamnya. Kemudian pada tahun 1970, Prabowo muda masuk ke Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang. Setelah lulus, beliau bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kapassus) Angkatan Darat. Di sini lah namanya mulai cemerlang.

Diawali dengan kepemilikan jabatan Komandan Pleton Para Komando Group 1, Prabowo menjadi orang nomor satu di Kopassus pada tahun 1996-1998. Terlebih beliau menikahi anak dari presiden Indonesia pada saat itu (Soeharto), Siti Hediati Hariyati. Kariernya yang terus meningkat hingga menjadi Panglima Kostrad. Namun, gejolak politik membuat beliau pensiun dan beralih ke dunia bisnis. Keinginan besarnya untuk masyarakat membuat Prabowo kembali berpolitik di tahun 2004 dengan menjadi calon presiden. Hingga saat ini, keinginannya tersebut masih belum redup.

3. Prestasi berdedikasi untuk masyarakat

pilpres 2019

Mengayomi masyarakat Indonesia (Sumber: shutterstock.com)

Memahami prestasi dan apa yang sudah dilakukan keduanya tentu saja menjadi portofolio yang dapat meyakinkan Anda seperti apa kemampuan dan kredibilitas masing-masing kandidat. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada dua calon yang bisa kita pilih pada pemilu kali ini, nomor urut 1 yang sudah banyak membangun negara ini dalam kurun waktu 3 tahun dan nomor urut 2 yang telah berjasa mempertahankan NKRI. Dalam pemerintahan Jokowi, terasa sekali bahwa ada banyak infrastruktur yang dibangun. Seperti proyek MRT dan LRT, jalan tol Trans Jakarta-Malang, Trans Sumatera, Trans Papua, pengairan waduk Jatigede, dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan Prabowo sudah memiliki prestasi yang bergelimang. Pencapaian karier tertinggi di dalam militer membuat dirinya mendapat berbagai tugas demi memberikan rasa aman kepada seluruh lapisan masyarakat, sampai dengan beliau mampu memimpin organisasi yang berhubungan langsung dengan kepentingan publik, seperti Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI). Tidak sampai di sana, beliau juga meraih kesuksesan dalam bidang bisnis. Dari prestasi ini, kita semua bisa menarik kesimpulan bahwa keduanya mampu menjadi wakil rakyat.

4. Menyaksikan kembali tayangan debat capres 2019

pilpres 2019

Debat capres 2019 (Sumber: Tribunnews.com)

Meninjau ulang tayangan debat capres juga dapat menjadi upaya Anda dalam mengenal paslon. Dari tayang tersebut, dapat diambil sisi positifnya bahwa kedua calon presiden memiliki konsentrasi untuk membangun infrastruktur, mendukung bisnis-bisnis baru yang ingin berkembang, dan lain sebagainya.. Di dalam debat capres kedua yang tayang di televisi nasional, calon presiden nomor urut 1 menyatakan komitmennya “Saya akan konsentrasi membangun infrastruktur supaya konektivitas tersambung”, ujar beliau.

Begitu juga dengan Prabowo, calon presiden nomor urut 2, yang pro terhadap kehadiran bisnis start-up sebagai upaya memajukan negara, “Saya sambut baik dinamika perkembangan bisnis unicorn. Terkait bisnis unicorn, kita fasilitasi, kurangi regulasi bagi yang giat berkembang. Dengan adanya unicorn-unicorn ini bisa menarik uang kita di luar negeri karena sistem sekarang ini memungkinkan uang kita ke luar negeri”. Dengan ini, ada penilaian positif yang bisa kita ambil.

Inilah yang dinamakan pesta demokrasi. Berbagai macam gagasan bersatu menjelma dalam bentuk opini atas cara pandang menanggapi situasi pemilu 2019. Referensi positif mengenai kedua pasangan sangat lah penting demi terwujudnya pengenalan lebih dalam terhadap siapa yang menjadi pemimpin negara kita nanti. Baik Jokowi maupun Prabowo, keduanya memiliki visi misi dan prestasi yang baik dan berguna bagi negara. Sekarang waktunya Anda menentukan. Gunakan hak pilih Anda dengan baik, Rekan Kerja! Bersiaplah pada setiap konsekuensi dari pilihan Anda karena pastinya tidak ada yang sempurna. Jika nanti telah terpilih pemimpin negara ini, tetaplah menjadi warga negara yang kritis, penuh pengharapan, dan siap untuk bergerak di dalam berbagai cara positif.

Rekan Kerja, Anda dapat meningkatkan pengetahuan dan skill Anda di dalam dunia kerja dan bisnis dengan membaca artikel-artikel yang ada di aplikasi ruangkerja. Unduh sekarang aplikasinya dengan menekan gambar di bawah ini atau melalui App Store/Play Store ponsel Anda. GRATIS!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts