Suka Hal-Hal Berbau Internasional? Pilih Jurusan HI Aja!

Ruangguru Jun 15, 2020 • 2 min read


Ada yang memilih jurusan Hubungan Internasional (HI) untuk kuliah? Ternyata banyak lho mitos-mitos tentang jurusan ini. Mulai dari harus menguasai lima bahasa, hingga lulusannya yang “diramal” pasti jadi diplomat. Kira-kira benar nggak ya? Yuk kita bahas serba-serbi jurusan ini!

Apa saja yang dipelajari?

Di HI kamu tidak hanya berbicara tentang satu negara berseteru dengan negara lain. Kamu juga akan belajar berbagai macam hal, mulai dari bidang sejarah, politik, ekonomi, hukum, dan sosial. Pada awal semester kuliah, akan diperkenalkan hal-hal tersebut secara general. Kemudian, di semester lima nanti kamu bisa memilih peminatan sesuai dengan passion kamu.

Harus menguasai setidaknya 5 bahasa asing!

Banyak yang bilang kalau masuk HI harus bisa menguasai lima bahasa atau paling tidak Bahasa Inggris. Faktanya, banyak lho anak HI yang ternyata tidak terlalu jago Bahasa Inggris.

 

Bendera negara Foto: freepik.com

 

Menurut Marsha Imaniara, lulusan HI UNPAR, tidak perlu khawatir jika kamu tidak terlalu jago Bahasa Inggris. Nantinya kemampuan Bahasa Inggris kamu akan terlatih dengan sendirinya karena selama kuliah, text book kebanyakan berbahasa Inggris. Selain itu, di jurusan HI ada kegiatan simulasi sidang PBB dan kamu diharuskan untuk berbicara Bahasa Inggris. Di beberapa universitas, kamu juga akan belajar bahasa-bahasa asing lainnya seperti Bahasa Mandarin. Seru ya!

Skill yang diperlukan?

Jika kamu ingin jadi anak HI kamu harus jadi anak yang up to date tentang isu-isu atau berita terkini. So, kalau ada diskusi di kelas kamu bisa nyambung sama topik yang akan dibahas karena pengetahuan kamu luas. Menurut Mario Masaya yang memulai kuliah HI-nya di UNPAR tahun 2011, kemampuan menulis dan berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar juga akan memudahkanmu dalam mengerjakan segala tugas kuliah. Tidak hanya itu, ketertarikan kamu dengan hal-hal yang berbau internasional (di luar politik, seperti Worldcup dan Miss World) juga bisa lho dijadikan topik untuk tugas kuliah.

Kehidupan setelah lulus dari HI?

Setelah lulus dari HI, kamu bisa melanjutkan kuliah lagi ke jenjang S2, tapi tidak harus jurusan HI lagi. Kamu bisa melanjutkan ke jurusan bisnis, komunikasi, dan lain-lain. Kalau berminat bekerja setelah lulus S1 HI, kamu juga tidak harus menjadi seorang diplomat. Bisa juga bekerja di perusahaan multinasional, organisasi internasional, atau lembaga research. Selain itu, bisa juga jadi jurnalis, news anchor, atau kerja di bidang komunikasi lainnya. Semua yang kamu pelajari di HI akan berguna untuk hampir semua bidang pekerjaan karena HI mempelajari berbagai bidang ilmu secara general.

*Artikel ini ditulis berdasarkan hasil bincang-bincang dengan Mario Masaya, Marsha Imaniara, dan Nadira Titalia pada program Ask Me Anything episode Hubungan Internasional yang telah diselenggarakan oleh Ruangguru.com pada Rabu, 25 Mei pukul 20.00.

https://www.facebook.com/ruanggurucom/videos/984783354951693/

Beri Komentar