Suntuk Belajar? Coba Nonton Drakor Deh!

Salsabila Nanda Des 10, 2020 • 5 min read


drama korea yang bikin semangat belajar

“Aduuuuhhhhh, capek banget belajar!”

“Enak kali ya jadi selebgram, gak mikirin sekolah lagi. Uangnya banyak, pasti sukses,”

“Aku udah gak sanggup menghadapi semua ini, aku mau jadi Tiktokers aja…….”

Sabar sabar, jangan nyerah dulu. Ingat kata Mas Kunto Aji:

tenangkan hati, semua ini bukan salahmu…

meme semangat belajar

Meme (sumber: keepcalms.com)

Rasa bosan atau suntuk saat belajar itu normal kok. Artinya, kamu terlalu lama berkutat dengan satu kegiatan, sehingga berpengaruh terhadap penurunan hormon kebahagiaan. Makanya gak heran kamu jadi sensi kalau kelamaan belajar, hehehe

Ada beberapa cara untuk mengembalikan motivasi belajar, salah satunya dengan menonton drama Korea. Selain menghibur, beberapa judul di bawah ini juga memiliki cerita yang menginspirasi lho. Check this out!

1. Start Up

drama korea start upStart Up (sumber: koreaboo.com)

Hayooo, siapa yang udah nonton ini? Start Up bercerita tentang perjuangan anak muda dalam menggapai mimpi mereka untuk membangun perusahaan rintisan (start up). Mereka tumbuh dengan latar belakang yang berbeda: anak yatim piatu, mantan juara olimpiade, putri konglomerat dan lulusan SMA. Dengan semua rintangan yang ada, mereka berlomba untuk meraih kesuksesan di bidang teknologi. Kalau kamu pengen kerja di start up, wajib nonton ini!

Baca Juga: Kuliah Jurusan Teknologi Pendidikan Belajar Apa?

2. Itaewon Class

drama korea itaewon classItaewon Class. (sumber: mashable.com)

Favorit banget nih! Meskipun sudah tamat beberapa bulan lalu, Itaewon Class bisa jadi alternatif buat mengusir rasa suntuk. Drama ini mengisahkan Sae Ro Yi yang harus masuk penjara karena membela teman sekelasnya yang di-bully oleh anak direktur. Konflik sosial jelas tergambar pada serial ini, dimana Sae Ro Yi berusaha ‘balas dendam’ terhadap perlakuan kaum elite yang tidak adil. Ia ingin membuktikan bahwa dirinya bisa sukses dengan target yang sudah ia buat.

3. Sungkyunkwan Scandal

drama korea sungkyunkwan scandal

Sungkyunkwan Scandal (sumber: pinterest.com)

Mundur sedikit ke tahun 2010, ada drama yang mengambil latar di masa dinasti Joseon. Di zaman itu, Sungkyunkwan merupakan universitas favorit tempat keturunan bangsawan belajar. Sayangnya, akses pendidikan hanya diperuntukkan untuk siswa laki-laki. Gak habis akal, Yoon He, anak perempuan dengan semangat belajar yang tinggi mencari cara agar ia bisa bersekolah di Sungkyunkwan. Yoon He menyamar layaknya siswa laki-laki. Wah, berani banget ya.

Baca Juga: Lima Kampus Unik di Korea Selatan

4. Record of Youth

drama korea Record of youth Record of Youth (sumber: pinkvilla.com)

Butuh motivasi biar gak nyerah sama banyaknya tugas sekolah? Cupcupcup, jangan nangis dulu, coba nonton Record of Youth deh. Serial ini mengisahkan Hye Jun yang bermimpi untuk menjadi aktor, meskipun gak punya uang. Drama ini bikin kita semangat lagi soalnya perjuangan hidup tuh banyak jatuh bangunnya. Dari masalah keuangan, keluarga, persahabatan sampai cinta segitiga (cieee). Kalau kata Hye Jun, hidup cuma sekali jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Fighting, fighting!

5. Sky Castle

drama korea SKY CastleSky Castle (sumber: justwatch.com)

Di Korea, perjuangan masuk ke universitas jauh lebih ketat. Selain mengikuti pelajaran di sekolah, orangtua juga mendaftarkan anak-anaknya ke guru privat profesional. Akan tetapi, bukannya mendukung satu sama lain, mereka malah ambisius sampai mencelakakan diri sendiri. Serial ini membawa pesan moral bahwa bersaing di bidang akademik seharusnya bisa dilakukan dengan sehat. Selayaknya teman yang baik, jangan pernah pelit buat berbagi ilmu ya.

Drama Korea di atas bisa kamu jadikan hiburan untuk mengusir rasa bosan saat belajar. Biar makin seru, ajak teman-temanmu nonton bareng juga ya! Kalau butuh vibe belajar yang asyik, coba deh akses video animasi di ruangbelajar. Banyak video belajar menarik yang bisa kamu tonton sepuasnya.

ruangbelajar for desktop

Sumber Gambar:

Meme Ujian [Daring].

Tautan: https://keepcalms.com/p/keep-calm-we-will-pass-the-exam/

Drama Korea Start Up [Daring].

Tautan: https://www.koreaboo.com/news/startup-drama-suzy-nam-joohyuk-kang-hanna/

Drama Korea Itaewon Class [Daring].

Tautan: https://in.mashable.com/entertainment/13341/hit-k-drama-itaewon-class-is-the-much-needed-lesson-in-diversity

Drama Korea Sungkyunkwan Scandal [Daring].

Tautan: pinterest.com

Drama Korea Record of Youth [Daring]

Tautan: https://www.pinkvilla.com/entertainment/why-park-bo-gum-park-so-dam-starrer-record-youths-ending-was-never-meant-be-typical-happy-ending-573247

Drama Korea Sky Castle [Daring].

Tautan: https://www.justwatch.com/nz/tv-show/sky-castle

Beri Komentar