Syarat Interaksi Sosial di Masyarakat | Sosiologi Kelas 10

Syarat Interaksi sosial

Di artikel sebelumnya, kalian sudah belajar tentang tindakan dan interaksi sosial. Nah, kita sudah mengetahui apa itu tindakan sosial dan interaksi sosial. Masalahnya, sebuah interaksi sosial tidak akan terjadi apabila dua syaratnya tidak terpenuhi. Dalam artikel ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai syarat interaksi sosial dalam masyarakat.

syarat interaksi sosial terjadi

A. KONTAK SOSIAL

Soerjono Soekanto mengatakan bahwa kontak sosial adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial dan masing-masing pihak saling bereaksi meski tidak harus bersentuhan secara fisik. Secara sederhana, kontak sosial adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam proses interaksi sosial.

Ada 3 macam kontak sosial:

1. Kontak Sosial Primer

Kontak sosial primer adalah kontak sosial yang terjadi secara langsung. Contohnya, bertatap muka, bersalaman, bertukar senyum.

2. Kontak Sosial Sekunder Langsung

Kontak sosisal sekunder langsung adalah kontak sosial sekunder yang dilakukan melalui perantara, tetapi kedua pihak tetap berhubungan secara langsung. Seperti bertelepon, skype, video call.

3. Kontak Sosial Sekunder Tak Langsung

Kontak sosial sekunder tak langsung adalah kontak sosial sekunder yang dilakukan melalui perantara, dan tidak berhubungan secara langsung (butuh pihak ketiga). Misalnya, kamu yang menitipkan pesan kepada sahabat untuk memberitahu wali kelas bahwa hari ini kamu tidak masuk sekolah.

Macam Kontak Sosial

B. KOMUNIKASI

Jika kontak sosial adalah cara berinteraksi sosial, maka komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi upaya untuk saling memengaruhi.

Supaya komunikasi berjalan dengan baik, ada 5 komponen yang harus diperhatikan dalam komunikasi. Komponen tersebut adalah:

1. Pengirim/komunikator (sender): pihak yang mengiirmkan pesan kepada pihak lain.

2. Penerima/komunikan (receiver): pihak yang menerima pesan dari pihak lain

3. Media (channel): alat untuk menyampaikan pesan. Contoh: telepon, gambar, tulisan.

4. Pesan (message): isi atau maksud yang akan disampaikan dari satu pihak kepada pihak lain.

5. Umpan balik (feedback): tanggapan dari penerima pesan atas isi pesan yang disampaikan.

Rumus formula RG

Soerjono Soekanto menyimpulkan bahwa kontak sosial dapat terjadi tanpa komunikasi. Meskipun begitu, tanpa adanya komunikasi, kontak sosial tidak akan mempunyai makna dalam proses interaksi. Hal ini dikarenakan masing-masing pihak tidak dapat memahami maksud dan perasaan masing-masing.

Bagaimana Squad? Sudah paham kan mengenai kontak sosial dan komunikasi yang menjadi syarat terjadinya interaksi sosial di masyarakat?

Punya PR Sosiologi yang sulit? Foto soal pelajaranmu, upload dan belajar dengan guru secara online melalui pesan singkat dan audio call. Semua bisa kamu lakukan hanya di ruangles online.

New Call-to-action

Beri Komentar