Blog Ruangguru

    Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa

    By Rabia Edra · Jan 11, 2018

    Ekonomi_12.jpg

    RG Squad, tahukah kamu dalam pencatatan akuntansi perusahaan jasa harus melewati berbagai tahapan yang disebut dengan siklus akuntansi. Tahapan tersebut harus dilakukan secara berurutan sampai menghasilkan informasi keuangan yang valid dan akuntabel. Lalu apa fungsinya dan apa saja 3 tahap siklus akuntansi dalam perusahaan jasa? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

    Fungsi dari siklus akuntansi ini adalah menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Siklus ini juga disusun menggunakan prinsip akuntansi umum.

    • Pencatatan dan Penggolongan

    Tahap pertama dimulai dengan mencatat transaksi keuangan yang sudah terjadi melalui bukti transaksi yang ada. Pencatatan harus dilakukan secara terperinci agar proses analisis laporan menjadi lancar nantinya.

    Di tahap ini juga terdapat tahap penggolongan data transaksi keuangan yang sesuai dengan jenis transaksi, tanggal transaksi, nomor, dan nama akun. Penggolongan ini diwujudkan dengan adanya proses posting ke dalam buku besar.

    Langkah-langkah tahap pencatatan dan penggolongan adalah sebagai berikut:

    1. Menyiapkan dan mengumpulkan bukti-bukti transaksi keuangan (nota, faktur, memo, atau kuitansi)
    2. Mencatat bukti transaksi ke dalam jurnal umum.
    3. Memindahkan data dari jurnal umum ke dalam buku besar (pemostingan). Dalam buku besar, akun-akun digolongkan menurut jenis akun dan nomor akunnya. Setelah semua data selesai diposting, masing-masing akun pada buku besar dihitung saldonya. Fungsinya diperlukan untuk mengetahui berapa total nilai akun yang dapat mempermudah pembuatan neraca saldo di tahap pengikhtisaran.

    akuntansi perusahaan jasa

    Itulah penjelasan tahap pencatatan dan penggolongan pada perusahaan jasa. Siklus akuntansi perusahaan jasa memang tidak jauh berbeda dengan siklus akuntansi perusahaan dagang. Agar RG Squad semakin lebih memahami lagi tentang materi ini, yuk kita belajar di ruangbelajar!

    New Call-to-action

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, kelas xii, SMA, ekonomi xii

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru