Maksimalkan Semangat Belajarmu di Tahun Ajaran Baru dengan 5 Cara Ini

Anggraeni Puspitasari

Jun 17, 2019 • 5 min read

Wow ternyata


Tips dan trik untuk memaksimalkan semangat belajar dan buat proses belajar menyenangkan.

Belajar lebih bersemangat dan menyenangkan jika dilakukan dengan tips-tips berikut.

---

Squad, memasuki tahun pelajaran baru nanti, kamu harus lebih bersemangat dalam mengejar ilmu yaa. Hayooo, siapa yang berjanji akan meningkatkan prestasinya di semester yang akan datang? Agar di akhir semester nanti kamu mendapatkan hasil yang memuaskan, maka kamu membutuhkan cara belajar yang efektif, nih. Nah, salah satu caranya yakni dengan mengulang kembali pelajaran sebelumnya.

Kamu tentunya sadar, dong kalau materi yang tidak diulang akan perlahan menghilang. Hal ini dikuatkan dengan hasil riset dari Bucks County Community College yang diperbaharui pada 2017 lalu. Dilaporkan bahwa setidaknya hanya 21% materi pelajaran yang tersisa dalam waktu dua minggu. Tidak hanya mengulang materi pelajaran, tapi kamu juga perlu kiat-kiat khusus untuk memaksimalkan semangat belajarmu. Yuk, cobain tips-tips berikut ini.

1. Belajar dalam keadaan ternutrisi dengan baik

Memperhatikan keadaan perut kamu ketika belajar itu penting lho. Belajar dalam keadaan perut kosong dapat mengurangi konsentrasimu. Dalam laporan yang diterbitkan oleh American Psychological Association (APA) menyebutkan bahwa rasa lapar dapat memengaruhi perkembangan otak, proses menyerap informasi dan pembelajaran, serta prestasi akademik. Rasa lapar sering dikaitkan dengan kadar gula darah rendah yang menyebabkan rasa kantuk dan lelah. Singkatnya, ia akan berpengaruh pada tingkatan fokus ketika belajar.

Snack sehat untuk temani maksimalkan semangat belajar

Snack sehat untuk menemani belajar (Sumber: armelleblog.com)

Kamu bisa lho belajar dengan diselingi snack breaks. Namun, kamu perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi ya. Makanan cepat saji dan junk foods tentunya tidak direkomendasikan. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti oatmeal hangat, yogurt rendah lemak, sereal gandum, atau buah-buahan seperti apel, berries, kiwi, dan pisang.

2. Belajar kelompok lebih menyenangkan lho

Biar belajar semakin seru, coba deh bikin kelompok belajar agar kamu nggak merasa bosan. Membentuk kelompok belajar ini nggak boleh asal-asalan ya. Kamu butuh orang-orang yang dapat dipercaya dan berkomitmen penuh untuk menyelesaikan target belajar yang telah disepakati. Belajar kelompok ini dapat dilakukan via online dengan video conference atau juga chat diskusi, seperti digitalbootcamp milik Ruangguru itu lho.

Belajar dalam kelompok untuk maksimalkan semangat belajar

Belajar bersama-sama untuk menambah semangat belajar (Sumber: yayvo.com)

Keuntungan yang kamu dapatkan dari belajar kelompok ini cukup beragam. Mulai dari melengkapi catatan pelajaran satu sama lain, melatih kemampuan menjawab pertanyaan, dan memotivasi antar teman. Dalam hasil riset yang dilakukan di Washington University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa belajar kelompok dapat membantu pelajar untuk memahami pelajaran lebih dalam dan efektif.

Baca juga: Ternyata Ini Lho Rahasia Sukses Ujian Paket C

3. Goal-setting itu penting

Squad, tentu kamu sudah familier dengan ungkapan “apabila kamu tidak kuat lelahnya belajar, maka kamu harus tahan perihnya kebodohan.” Menanamkan sugesti pada diri sendiri bahwa kamu butuh akan belajar itu penting lho. Selain itu, membuat target yang harus dicapai juga diperlukan agar semangat belajar. Target ini dapat kamu bagi menjadi target jangka panjang dan pendek. Contoh target jangka panjang dapat berupa sekolah atau universitas impianmu hingga cita-cita di masa depan kelak. Nah, untuk target jangka pendek, cobalah untuk membuat target belajar yang mudah dicapai. Target ini antara lain, menyelesaikan satu video di ruangbelajar atau melatih kemampuan dengan mengerjakan satu topik soal latihan yang tersedia di aplikasi Ruangguru.

 

Goal setting untuk maksimalkan semangat belajar

Membuat target panjang dan pendek (Sumber: Hermione Chantel, YouTube.com) 

Perlu diketahui nih, penelitian yang telah dilakukan pada tahun 1960 hingga akhir 90an di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa goal setting berdampak positif bagi pelajar. Berkomitmen terhadap target yang kamu buat, dapat memperbesar peluang kamu untuk sukses di masa yang akan datang.

4. Berikan hadiah pada diri sendiri

Setelah kamu menyelesaikan target-target yang kamu buat tadi, kamu boleh nih memberikan hadiah pada diri kamu sendiri. Terlebih lagi, ika kamu dapat mengerjakan sesuatu lebih dari apa yang kamu targetkan. Kamu tentu mengerti bahwa belajar dapat menjadi kegiatan yang melelahkan. Memberikan hadiah pada diri sendiri (self-reward) ini merupakan suatu proses recharging atau pengisian kembali semangat juangmu. Berikan dirimu hadiah berupa barang impian atau kegiatan yang sangat ingin kamu lakukan.

5. Berteman baik dengan gadget

Video belajar interaktif untuk memaksimalkan semangat belajar

Video belajar interaktif (Sumber: ruangguru.com)

Lain halnya dengan saran-saran belajar efektif pada umumnya, kali ini kamu sangat diperbolehkan untuk berteman dengan gadget-mu. Lho? Kok boleh? Ya tentu dong! Berteman baik dengan gadget itu maksudnya belajar kekinian menggunakan aplikasi Ruangguru. Berbagai cara belajar menarik tersedia sehingga kamu tidak akan pernah merasa bosan. Ada apa aja sih emangnya? Tersedia beragam video beranimasi, latihan soal yang didesain seperti bermain game hingga group chat untuk diskusi pelajaran sekolah. Oh ya, Ruangguru sekarang ada versi desktop-nya juga lho. Jadi lebih puas nonton videonya!

Biar prestasimu lebih baik dan kegiatan belajarmu tetap menyenangkan, jangan lupa untuk terus berlangganan Ruangguru ya! Ada diskon khusus 60% bagi kamu yang melanjutkan langganan produk Ruangguru di bulan Juni ini. Nggak cuma itu saja, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah, dari laptop, smartphone, sampai umrah gratis! Langganan sekarang yuk!

 

paket belajar ruangguru

Beri Komentar

Recent Posts